3 Penyakit Mata yang Berbahaya Bagi Kesehatan Mata

By | November 9, 2016

Ada beberapa penyakit mata yang tidak menyebabkan kebutaan dan ada penyakit mata yang akan menyebabkan kebutaan atau kehilangan penglihatan. Jika seseorang sudah dinyakatakan mengalami buta, maka akan sulit untuk mengobatinya. Katarak adalah penyakit mata yang paling sering menyebabkan kebutaan di Indonesia. Di samping itu, penyakit retinoblastoma juga mempunyai potensi untuk menyebabkan kebutaan bahkan kematiam. Penderita katarak bisa disembuhkan dengan jalan operasi.

Penyakit Mata yang Membahayakan Kesehatan Mata

katarak

Ada beberapa penyakit mata yang bisa membahayakan kesehatan mata bahkan bisa membuat kebutaan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Katarak
    Katarak merupakan penyakit mata yang dapay menyebabkan penderitanya mengalami kebutaan. Katarak disebabkan oleh buram yang muncul pada lensa mata. Kondisi ini menyebabkan penderitanya seakan akan melihat kabut ketika sedang melihat. Katarak banyak diderita oleh usia lanjut.
  1. Glaukoma
    Glaukoma menjadi penyakit yang menyebabkan kebutaan kedua. Glaukoma yaitu penyakit yang menyebabkan tekanan bola mata meningkat. Glaukoma dibedakan menjadi 2 jenis yaitu glaukoma akut dan glaukoma kronik. Glaukoma akut terjadi secara mendadak, dan gejalanya nyeri pada bagian mata, sakit kepala, mata buram, dan seakan akan melihat pelangi di sekitar sumber cahaya. Sedangkan glaukoma kronik yaitu glaukoma yang terjadi secara perlahan, dan biasanya penderita akan baru menyadari ketika penyakit tersebut sudah padah. Apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan kebutaan.
  2. Retinoblastoma
    Retinoblastoma merupakan kanker pada mata yang umumnya dialami oleh anak-anak, tetapi dapat juga dialami oleh orang dewasa. Retinoblastoma menyerang selaput jala mata atau retina yang terletak pada dinding mata sebelah dalam. Retinoblastoma bisa menyerang salah satu atau kedua mata. Penyakit ini kebanyakan terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Gejala umum Retinoblastoma bisa berupa leukokoria, yaitu terdapat warna putih pada pupil mata saat disinari dengan cahaya.

Demikianlah 3 Penyakit Mata yang Berbahaya Bagi Kesehatan Mata. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja. Jagalah kesehatan dengan pola yang sehat. Jika Anda sedang mencari ketika obat untuk penyakit mata tersebut silahkan Anda Klik Obatsyarafmata.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *