5 Buah-buahan Segar Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

By | May 13, 2017

5 Buah-buahan Segar Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak – Mata manusia memang tidak bisa lepas dari suatu gangguan dan masalah, banyak masalah yang dapat menganggu fungsi kerja mata dan membuat seseorang menjadi khawatir atau bahkan menjadi tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya, dengan mata seseorang dapat menjalankan aktivitasnya karena mata merupakan bagian tubuh manusia yang aktif dalam keseharian seseorang baik dalam bekerja, belajar, ataupun kegiatan lainnya. Mata mengalami gangguan memang sudah menjadi hal yang biasanya karena mata ini berada di area luar tubuh manusia maka sangat mudah mengalami masalah akibat dari benda asing atau pun debu yang membuat mata mengalami iritasi dan masalah lainnya. Namun, masalah mata bukan hanya karena faktor luar saja, mata juga bisa mengalami masalah akibat adanya suatu masalah di area dalam mata seperti syaraf mata yang rusak atau retina mata yang tidak berfungsi.

Mata mengalami masalah atau gangguan tentunya memiliki penyebab yang dapat membuat mata menjadi tidak bekerja dengan baik. Di masa anak-anak kesehatan tubuh memang sangat mudah mengalami kerusakan, terutama pada mata. Saat masih anak-anak kita sering kali tidak bisa merawat dan menjaga mata dengan baik karena di usia yang masih anak-anak kita sering mengabaikan kesehatan tubuh baik kesehatan mata ataupun kesehatan bagian tubuh lainnya. Selain itu, kekebalan tubuh saat masih anak-anak belum sepenuhnya sempurna, hal inilah yang membuat anak-anak mudah sekali mengalami sakit atau terserang penyakit. Untuk itu, orang tua perlu menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata anak dengan baik.

buah untuk mata anak

Di era modern seperti sekarang, kesehatan mata menjadi salah satu hal yang membutuhkan perhatian lebih, karena banyak orang tua yang membiarkan anaknya bermain tanpa ada batasan, salah satu aktivitas yang sering diabaikan orang tua adalah ketika anak-anak bermain gadget seperti komputer, ponsel, dan laptop, atau teknologi lainnya. Aktivitas tersebut tentunya akan membuat kesehatan mata anak menjadi terganggu, semua orang pastinya sudah tahu mengenai bahaya radiasi dari layar komputer yang dapat membahayakan mata, namun sayangnya sebagian besar orang masih terus mengabaikannya. Dan yang menjadi masalahnya adalah mata mengalami kerusakan atau gangguan pada usia yang masih kecil, tentunya ini akan menjadi kekhawatiran bagi perkembangan anak.

Untuk itu, kita sangat membutuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan mata pada anak, kita hanya perlu membatasi dan memberikan nutrisi yang baik pada anak kita agar kesehatan tubuh dan matanya menjadi lebih terjaga dengan baik, karen jika anak mulai mengalami masalah pada matanya tentunya akan membuat anak kita mengalami penurunan dalam aktivitas di sekolahnya seperti belajar dan juga menurunkan prestasinya di sekolah. Kita hanya perlu membatasi aktivitas yang dapat membuat mata anak terganggu, dan terpenting beri anak makanan sehat untuk membantu mata mendapatkan nutrisi yang cukup. Pastikan bahwa anda selalu memberikan mereka makanan yang bernutrisi dan baik untuk mata. Berikut ada beberapa buah-buahan segar yang dapat anda berikan kepada anak anda untuk kesehatan matanya, yaitu :

– Alpukat

Buah alpukat sangat baik untuk kesehatan mata, hal ini dikarenakan buah alpukat ini mengandung lutein yang sangat tinggi. Lutein merupakan gizi penting untuk mencegah katarak dan degenerasi makular. Selain itu juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. Buah ini berperan penting dalam penyerapan zat gizi yang berguna dalam pembentukan vitamin A dalam tubuh.

– Blueberry

Buah yang rasanya agak masam ini mengandung zat gizi antara lain, beta-karoten, vitamin C, zat besi, dan kalium. Buah ini bermanfaat bagi kesehatan mata terutama mencegah terjadinya rabun senja, rabun jauh, katarak, dan glaukoma. Selain itu, bagi anda yang ingin mendapatkan nutrisi dari blueberry ini dengan mudah dan praktis, anda bisa mendapatkannya dalam suplemen alami mata yang merupakan suplemen mata berbahan dasar blueberry.

– Apel

Kandungan yang terdapat dalam buah apel kaya akan zat gizi vitamin C, beta keroten, dan antioksidanĀ  yang cukup tinggi. Zat gizi ini bermanfaat untuk retina mata. Bahkan menurut penelitian dikatakan bahwa bila mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan seperti apel ini bisa mengurangi kemungkinan katarak.

– Stroberi

Buah stroberi merupakan sumber vitamin C sangat baik, antioksidannya pun tinggi dibandingkan buah lainnya. Kandungan vitamin dan mineral lainnya antara lain; mangan, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E. Menurut suatu penelitian, mengonsumsi tiga buah atau lebih buah stroberi setiap harinya dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak.

– Jeruk

Buah berwarna kuning ini kaya akan vitamin C, yang dibutuhkan untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, dan berguna untuk kesehatan mata terutama untuk retina mata, sel-sel saraf mata, sehingga fungsi penglihatan menjadi baik.

Berikanlah buah-buahan segar tersebut dalam setiap menu makanan anak, atau anda juga bisa memberikan buah-bauhan tersebut sebagai makanan cemilan, seperti di potong-potong, atau dijus tergantung dengan selera anak anda. Dapatkan zat-zat gizi yang berguna bagi kesehatan mata anak dari buah-buahan segar tersebut. Vitamin A dan C dan beta-karoten, merupakan senyawa yang memberikan pigmen kuning, oranye dan merah pada buah-buahan bisa dikatakan dapat membantu menurunkan risiko penyakit mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *