5 Cara Merawat Mata Tetap Sehat Di Zaman Digital

By | May 11, 2017

5 Cara Merawat Mata Tetap Sehat Di Zaman Digital – Dizaman modern seperti sekarang ini banyak sekali perangkat elektronik digital yang selalu ada di samping kita. Perangkat elektronik sangat membantu aktivitas kita sehari-hari, beberapa perangkat digital sepeerti ponsel, komputer, laptop, tablet, dan sebagainya, perangkat elektronik tersebut pasti diakan lepas dari tangan dan juga mata kita, karena perangkat ini sangat membantu kita dalam melakukan beberapa aktivitas dalam bekerja dan bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan hidup kita. Namun, dibalik manfaatnya yang baik dalam memudahkan suatu pekerjaan, pastinya dizaman era digital seperti sekarang ini berdampak buruk pada kesehatan mata. Sebab dizaman digital, perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer ini dapat membahayakan kesehatan mata, hal ini akibat dari radiasi layar komputer atau laptop yang menggunaannya tidak bisa berhenti dan sering lupa waktu.

Masalah yang sering terjadi di zaman digital seperti sekarang ini adalah masalah pada kesehatan mata kita, karena saat ini banyak anak-anak yang hanya bermain dengan gadget mereka tanpa anda batasan waktu, hal ini tentunya akan merusak mata, dan parahnya kita bisa mengalami masalah pada usia dini. Untuk itu, di zaman digital kita harus bisa membatasi diri agar tidak kecanduan dengan perangkat elektronik yang dapat membahayakan kesehatan mata kita. Hal yang wajar apabila kita bekerja atau menggunakan ponsel, komputer dan laptop, namun sering kali kita tidak bisa membatasi penggunaannya dan terus menerus membiarkan mata kita sedikit demi sedikit mengalami masalah mulai dari ringan sampai yang berat. Dengan mata, berbagai aktivitas dapat kita lakukan lebih mudah. Untuk itu, menjaga kesehatan mata harusnya menjadi priorits utama kita.

mata sehat

Penggunaan perangkat digital seperti ponsel, komputer, dan laptop tentunya akan membuat mata kita sering mengalami mata perih, gatal, berair, bengkak, atau bahkan bisa menyebabkan penyakit mata seperti mata rabun, mata minus, atau juga bisa mengakibatkan mata katarak dan tidak tertutup kemungkinan kebutaan pada mata bisa kita alami. Kondisi seperti ini bukanlah hal yang baik bagi kesehatan mata kita, dan untuk itu kita harus bisa mencegah dan merawat mata dengan baik, beberapa cara untuk merawat kesehatan mata di zaman digital ini cukup mudah, asalkan kita sendiri sadar akan pentingnya menjadi kesehatan mata. Berikut cara merawat mata tetap sehat di zaman digital dengan alami, yaitu :

  • Ubah Pola Makan

Di zaman digital seperti saat ini ada banyak makanan yang enak dan lezat untuk kita makan, namun tidak semua makanan yang enak dan lezat tersebut baik untuk kita, salah satu jenis makanan saat ini yang paling sering kita makan adalah makanan cepat saji yang dirasa kurang baik untuk mata dan juga tubuh. Ada baiknya kita mengkonsumsi makanan seperti minyak ikan, brokoli, telur, buah dan sayuran yang sangat baik untuk merawat mata pada zaman digital. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan pada mata. Salah satu antioksidan yang sangat membantu adalah lutein. Zat ini banyak ditemukan dalam kangkung, selada, daun bawang, dan bayam. Juga sayuran berdaun hijau gelap, terutama bayam. Tidak hanya bayam, omega 3 juga banyak ditemui dalam ikan salmon.

Maka sangat penting untuk mengubah pola makan dengan baik dan benar agar mata tetap sehat dan tidak mudah mengalami gangguan, konsumsi buah dan sayur yang segar sangat membantu menjaga kesehatan mata, walaupun terbilang sederhana namun menjaga mata dengan mengubah pola makan ini sangat efektif untuk merawat mata anda pada zaman digital.

  • Mengubah Tata Letak Lingkungan Kerja

Cara lain untuk merawat mata dari teknologi canggih adalah mengubah tata letak lingkungan kerja anda. Anda harus mengatur beberapa lingkungan disekitar tempat anda kerja, jika anda seorang pekerja online, maka sesuaikan lingkungan anda seperti pada komputer anda, misal kecerahan dan kontras layar yang sesuai dengan kemampuan mata anda, hal ini dapat membuat mata terhindar dari tegang. Dan pastikan juga anda bekerja dalam ruangan yang cukup cahaya agar mata dapat melihat dengan baik dan jelas.

  • Konsultasi dokter

Cara merawat mata pada zaman digital yang terakhir adalah dengan cara berkonsultasi kepada dokter, anda harus rutin mengecek kesehatan mata secara teratur untuk memastikan bahwa penglihatan anda baik-baik saja. Hal ini sangat efektif dalam merawat mata anda, karena dengan cara seperti ini anda bisa mengetahui berkembangan mata anda dengan baik, jika sewaktu-waktu mata anda mengalami masalah anda dapat menanyakan langsung pada dokter.

Merawat mata pada zaman digital memang sangat sulit dilakukan, sebab sebagian besar orang mengabaikan kesehatan mata akibat terlalu asik bermain dengan ponsel dan komputernya. Untuk itu, perlu kesadaran pada diri anda agar kesehatan mata bisa terjaga dengan baik. Namun, ada salah satu solusi yang dapat anda lakukan untuk merawat kesehatan mata agar tetap sehat pada zaman digital, solusinya adalah dengan mengkonsumsi suplemen alami mata yang aman dan efektif, karena sebagian orang saat ini lebih menyukai pengobatan atau perawatan dengan cara yang praktis dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *