7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

By | September 26, 2016

Obatsyarafmata – Mata merupakan organ yang sangatlah penting  untuk dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mata merupakan hal pokok yang perlu dilakukan setiap harinya, karena tanpa mata kita tidak akan bisa melihat yang berada di sekeliling kita.

Banyak penyakit mata yang bisa menyerang mata sewaktu-waktu, seperti sering membaca buku, bermain game terlalu lama, dan dapat terserang penyakit miopi. Adapun penyakit mata yang sudah tidak asing lagi yaitu rabun jauh/miopi, hipermetropi/rabun dekat, katarak, buta warna dll.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan mata. Banyak cara untuk melakukannya.

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

7-cara-nmenjaga-kesehatan-mataAda beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan supaya dapat terhindar dari penyakit mata. Berikut 7 cara menjaga kesehatan mata :

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi
    Vitamin C dan E, zinc, lutein, asam lemak omega-3 dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. Sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk apabla dikonsumi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata.
  2. Rutin Meemeriksa Mata
    Periksalah mata pada dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali supaya mata selalu sehat dan terlindungu. Seseorang yang sudah berumur 40 tahun lebih disarankan untuk memeriksa mata 1 tahun sekali. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan usia, seperti katarak dan glaukoma. Pada usia 6-12 bulan pun harus rutin melakukan pemeriksaan, ini untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan belajarnya.
  3. Menjaga Jarak Pandang
    Menjaga jarak pandang ketika sedang berada di depan layar komputer atau TV. Jarak pandang yang ideal adalah sekitar 50-100cm. Menjaga jarak ketika membaca buku idealnya sekitar 30cm. Hal ini bermaksud supaya dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.
  4. Jangan Mengucek Mata
    Apabila mata terasa gatal, janganlah menguceknya dengan tangan karena beluk tentu tangan dalam keadaan yang steril. Jika mata gatal dapat menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual di apotik, dengan menggunakan tetes mata maka mata akan terhindar terkena kuman atau mengalami iritasi karena terlalu banyak dikucek.
  5. Tidak Merokok
    Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga dapat menumbuhkan plak di aliran darah dan dapat melemahkan arteri sehingga menimbulakan risiko serangan jantung.
  6. Membuang Make Up Lama
    Pada make up riasan mata berbentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah. Buang dan gantilah make up apabila sudah 3 bulan digunakan, dan janganlah meminjam dan meminjamkan make up dari dan kepada orang lain, pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan sesudah memakai make up. Apabila mengalami infeksi ketika menggunakan make up, segeralah hapus make up dan pergi ke dokter untuk memeriksanya.
  7. Rajin Berolahraga
    Ada peneliti yang mengungkapkan apabila berolahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglohatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes dan penyempitan / pengerasan pembuluh darah.

Menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Apabila terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilaslah dengan air bersih. Dan jika mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Itulah 7 cara menjaga kesehatan mata yang mungin bermanfaat bagi anda yang membacanya. Apabila mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau setiap kali Anda tidak dapat melihat secara normal, segeralah periksakan mata ke dokter spesialis mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *