Cara Alami Mencegah Mata Katarak Di Usia Muda

By | May 12, 2017

Cara Alami Mencegah Mata Katarak Di Usia Muda  – Berbicara Tentang mata memang takkan ada habisnya bila kita perawatan dan pencegah penyakit mata tidak kita lakukan dengan baik, banyak sekali masalah pada kita baik itu ringan maupun berat, mata manusia memang rentan mengalami masalah sebab mata memiliki sifat sensitif terhadap sesuatu yang dapat menganggu kinerja mata. Mata merupakan salah satu organ penting dalam kehidupan manusia, karena mata ini berperan aktif dalam membantu segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia mulai dari bekerja, membaca, dan sebagainya. Merawat dan menjaga mata adalah sebuah keharusnya bagi setiap manusia, sebab memiliki mata yang tidak dalam kondisi yang normal tentunya akan membuat seseorang mengalami penurunan kualitas hidup, karena mata merupakan jendelanya dunia, dengan mata kita bisa melihat warna warni dunia ini dengan jelas dan tidak ada gangguan sedikitpun.

Merawat dan menjaga mata memang sangat sulit dilakukan jika kita sendiri sering mengabaikan sesuatu yang dapat merusak mata. Banyak sekali penyakit mata yang dapat menyerang kita, salah satu penyakit mata yang bisa dikatakan berbahaya yaitu mata katarak. Mata katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan adanya kabut yang terletak pada lensa mata. Pada lensa mata yang normal biasanya akan terlihat lebih jernih atau transparan dan mengandung banyak air sehingga cahaya dapat menembusnya. Pada orang yang menderita mata katarak, lensa mata akan terlihat lebih keruh sehingga menyebabkan cahaya sulit untuk menembus ke mata. Hal ini dapat mengakibatkan indera penglihatan kita menjadi buram. Dan hal ini sangat menganggu dalam aktivitas kita bahkan kita tidak akan bisa bekerja atau melakukan aktivitas secara normal.

cegah katarak di usia muda

Mata katarak ini biasanya disebabkan karena proses penuaan atau sering terjadi pada usia lanjut, namun nyatanya katarak juga bisa menyerang mereka yang masih berusia muda atau bahkan masih anak-anak. Hal yang dapat menyebabkan mata katarak di usia muda ini adalah karena pola hidup dan kebiasaan yang buruk membuat anak muda sekarang mudah berisiko mengalami mata katarak. Terjadinya mata katarak di usia muda, dipicu oleh seringnya seseorang terkena paparan sinar matahari secara langsung yang berakibat pada gangguan mata dan organ kulit. Jika kebiasaan beraktivitas di bawah sinar matahari secara terus menerus dilakukan, lambat laun akan menyebabkan terjadi gejala penyakit katarak dini. Dan apabila pada usia muda kita mengalami mata katarak, pasti ini akan menjadi sebuah kerugian dalam hidup, sebab mata katarak ini berisiko atau dapat berdampak pada kebutaan mata.

Mata katarak diusia muda dapat disebabkan karena pola atau gaya hidup saat ini yang sangat buruk untuk mata, beberapa kebiasaan seperti penggunaan smartphone, tablet, serta perangkat elektronik yang lain ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak. Maka untuk itu, hindari beberapa kegiatan atau kebiasaan tersebut, karena jika terus dilakukan mau tidak mau anda akan mengalami masalah pada mata anda. Pada usia muda kita sering kali melakukan kegiatan yang tidak baik dan selalu kita lakukan, namun pada usia muda juga harus bisa mencegah dan merawat kesehatan dengan baik, karena pencegahan dan perawatan pada usia dini ini adalah salah satu cara terbaik dari pada harus mengobati mata yang belum tentu mata akan sembuh atau kembali normal, untuk merawat dan mencegah mata katarak di usia muda dengan alami dan mudah, anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut :

– Konsumsi makanan sehat

Cara mencegah katarak yang pertama adalah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat. Konsumsilah makanan sehat sejak usia muda, terutama makanan yang banyak mengandung vitamin A, beta karoten, antioksidan, vitamin C dan vitamin E agar ketika tua nanti kesehatan mata Anda tetap terjaga dan terhindar dari yang namanya katarak. Kemudian, batasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat serta gula sejak dini.

– Konsumsi Teh Setiap Hari

Mengkonsumsi teh secara rutin ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga mampu membantu membuat lensa mata menjadi jernih. Para peneliti telah melakukan uji coba mengenai hal ini pada seekor tikus dan hasilnya menakjubkan yaitu tikus yang diberikan teh setiap hari kesehatan matanya tetap terjaga dan lensa matanya menjadi jernih.

– Cukup Istirahat

Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan sejak dini untuk mencegah penyakit katarak ini adalah yaitu cukup istirahat. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur cukup agar tubuh tetap bugar dan sehat. Ketika kita tertidur maka mata akan lebih santai, selain itu tidur juga bisa membantu penyerapan mineral dan vitamin secara maksimal oleh mata.

– Hindari Alkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa alkohol sangat tidak baik bagi tubuh, selain bisa menggangu kesehatan tubuh ternyata alkohol ini juga bisa mengakibatkan seseorang terkena katarak. So, maka dari itu hindarilah minuman beralkohol sejak usia muda agar ketika tua nanti kesehatan tubuh dan mata Anda tetap terjaga sehingga kita bisa tetap menikmati hidup di usia senja tanpa adanya sakit-sakitan.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Beberapa cara pencegahan diatas merupakan solusi untuk anda dapat terhindar dari mata katarak di usia muda, kemudian untuk mencegah mata katarak di usia muda anda harus menjaga mata anda dari sinar matahari, karena sinar matahari ini tidak hanya menyebabkan kulit Anda menjadi hitam saja tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata dan bisa menyebabkan terbentuknya katarak pada mata. Gunakanlah kaca mata ketika sedang bekerja di luar ruangan atau kantor kerja anda agar sinar matahari tidak langsung mengenai mata Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *