Cara Alami Mencegah Mata Katarak Sejak Dini

By | July 6, 2017

Cara Alami Mencegah Mata Katarak Sejak Dini – Katarak adalah salah satu penyakit mata yang tergolong sangat berbahaya dan menakutkan bagi seseorang yang mengalaminya, dan mata katarak ini biasanya terjadi pada mereka yang memasuki usia 40 tahun keatas. Penyakit mata ini bukanlah masalah yang bisa dianggap sepele sebab mata katarak merupakan suatu kondisi kelainan pada mata yang menyebabkan adanya bagian yang sangat keruh pada lensa mata. Apabila kondisi ini dibiarkan tanpa ada tindakan apapun maka seiring dengan berjalannya waktu maka bagian yang keruh tadi nantinya akan terus melebar dan berkembang ke bagian pupil serta iris mata sehingga akan menyebabkan mata anda mengalami hilangnya penglihatan atau buta. Selain bisa menyerang orang yang berusia lanjut, mata katarak juga bisa menyerang orang dewasa, anak-anak bahkan bayi sekalipun jika memang kita tidak merawat dan menjaga mata dengan baik.

Katarak sering menyerang kedua mata, meski tingkat kondisi keduanya bisa berbeda. Penyakit ini dapat berkembang selama bertahun-tahun tanpa terasa oleh penderitanya. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderitan biasanya mengalami penglihatan yang samar-samar dan berkabut, selain itu akan muncul bintik atau bercak saat penglihatannya kurang jelas. Katarak biasanya akan terbentuk secara perlahan dan menyebabkan sedikit gejala sampai mereka penglihatannya sudah mulai menurun. Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh seseorang yang mengalami mata katarak seperti :

– Penglihatan menjadi silau,.
– Melihat cincin di sumber cahaya.
– Pandangan mata mulai kabur.
– Penglihatan mata menguning.
– Gambar menjadi ganda.
– Terdapat lukisan atau keruh serta berkabut pada mata.
– Terdapat lapisan kuning atau coklat.

mata katarak

Jika beberapa gejala diatas dialami oleh anda maka sebaiknya anda segera melakukan tindakan penanganan atau segera memeriksakan mata anda ke dokter spesialis mata agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Selain itu, penyebab mata katarak bukan hanya disebabkan oleh faktor usia saja, namun ada beberapa penyebab lainnya yang dapat memicu terjadi mata katarak. Berikut ini ada beberapa penyebab lain yang dapat menimbulkan mata katarak pada usia muda, antara lain :

– Terlalu sering kontak dengan cahaya ultraviolet seperti layar komputer, ponsel, laptop, dan cahaya ultraviolet lainnya.
– Radiasi.
– Komplikasi dari suatu penyakit seperti diabetes dan hipertensi.
– Mengalami masalah pada mata seperti cedera mata.
– Efek dari obat-obatan kimia.
– Kadar kalsium darah yang rendah.
– Sering merokok.

Itulah beberapa penyebab lain yang dapat memicu terjadi mata katarak pada usia muda. Oleh sebab itu mata katarak tidak sebabkan oleh faktor usia saja namun faktor lainnya juga dapat menyebabkan mata katarak. Gaya hidup yang tidak baik saat muda juga dapat berisiko terjadi mata katarak, untuk itu merawat dan menjaga mata sejak dini merupakan cara terbaik untuk mengurangi resiko terjadi mata katarak. Ada cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah mata katarak sejak dini, beberapa cara tersebut merupakan cara yang sederhana dan dapat dilakukan sendiri dirumah, seperti :

Hindari Mencoba Minum Minuman Beralkohol, saat ini banyak orang diusia muda mulai mencoba mengkonsumsi minuman beralkohol, hal ini tentunya berdampak mata kesehatan mata kita. Maka untuk itu hindari minuman yang mengandung alkohol sejak dini.

Konsumsi Makanan Sehat, semua orang pastinya sudah mengerti dan tahu manfaat dari mengkonsumsi makanan sehat bagi kesehatan, maka dari itu kita harus tetap membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Sayur dan buah yang mengandung vitamin A saat baik untuk kesehatan mata seperti wortel, alpukat dan makanan sehat lainnya.

Rutin Periksa Mata, cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang bisa dikatakan cara yang efektif untuk mengetahui kondisi mata anda sejak dini, karena sebagian besar masalah mata baru terdeteksi setelah kondisinya memburuk, maka cara yang terbaik untuk mengetahui kondisi mata adalah dengan rutin memeriksakan mata sejak dini.

Mencegah mata katarak sejak dini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi resiko mata katarak seiring dengan bertambahnya usia. Maka untuk itu biasakan diri anda untuk merawat dan menjaga mata sejak dini agar mata tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit mata yang berbahaya. Terapkan pola hidup sehat sejak dini dan atur pola makan yang baik agar mata mendapatkan nutrisi yang cukup, karena mata juga membutuhkan nutrisi dari dalam sehingga mata bisa bekerja secara optimal.

Jangan terlalu sering memakai obat-obatan kimia seperti obat tetes mata karena jika digunakan dalam jangka panjang sangat berbahaya bagi kesehatan mata, hal ini disebabkan bahan dari obat kimia sangat tidak baik untuk kesehatan mata dan dapat merusak kesehatan mata. Ada baiknya anda menggunakan obat alami mata ala rumahan atau dalam bentuk produk, karena obat yang berbahan alami sangat minim akan efek samping berbahaya pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *