Cara Alami Mengatasi Mata Belekan Dan Berair

By | May 6, 2017

Cara Alami Mengatasi Mata Belekan Dan Berair – Mata manusia memang sangat rentan mengalami masalah dan gangguan serta sangat mudah terserang penyakit mata, penyakit pada mata memang bermacam-macam jenisnya. Salah satu yang sering menjangkit manusia adalah penyakit mata berair dan belekan. Penyakit mata ini tidak datang dengan sendirinya, beberapa hal dapat menimbulkan mata menjadi berair dan belakan. Secara umum dan bila kita lihat dari angka kejadiannya, mata berair dan belekan ini banyak disebabkan oleh adanya infeksi kuman yang berupa virus atau bakteri. Infeksi ini seperti ini biasanya terjadi di lapisan luar mata yang disebut dengan konjungtiva dan juga kelopak mata yang penyakitnya biasanya disebut dengan mata bintitan.

mata belekan dan berair

Selain adanya infeksi pada mata, mata berair dan belekan ini juga dapat disebabkan karena adanya alergi dan juga mata kering. Berikut ini ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan mata menjadi belekan, diantaranya :

– Infeksi Bakteri Dan Virus

Belek yang berwarna abu-abu atau hijau dan kental biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi pada apisan konjungtiva mata. Gejala utama dan yang paling khas biasanya adalah adanya kesulitan untuk membuka mata pada pagi hari yang dikarenakan adanya belek kental tadi. Gejala lain yang dapat mengikuti ialah adanya perasaan gatal dan juga mata berwarna merah. Sedangkan belek yang bersifat kering dan juga tebal biasanya disebabkan oleh infeksi virus yag terjadi pada konjungtiva. Infeksi virus ini biasanya tidak membutuhkan antibiotik. Kita bisa mengobati gejala ini dengan menggunakan obat sakit mata belekan.

– Alergi

Belek dengan ukuran kecil dan juga kering biasanya disebabkan oleh reaksi alergi yang terjadi pada mata. Alergi biasa disebabkan oleh allergen atau zat yang dapat menimbulkan alergi seperti partikel seperti sisa make up atau debu. Selain adanya belek, gejala utama dari alergi biasanya adalah adanya rasa gatal di sekitar mata.

– Peradangan

Belek yang berwarna kuning yang diikuti dengan bengkak pada kelopak mata, biasanya disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi pada area kelopak mata dn menyebabkan peradangan. Obat yang plaoing mujarab serta manjur untuk memberantas penyakit ini ialah dengan menjaga kebersihan mata.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan mata menjadi belekan, lalu bagaimana jika anda mengalami masalah mata belekan dan berair, tentunya hal ini membutuhkan tindakan yang tepat agar masalah mata dapat teratasi. Mata berair dan belekan memang merupakan salah satu penyakit yang merepotkan. Disamping merepotkan karena terlalu sering mengeluarkan belek, penyakit ini juga menimbulkan rasa malu yang otomatis membuat rasa percaya diri kita menjadi berkurang. Ada  beberapa cara untuk menangani penyakit ini yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Beberapa cara untuk mengatasi penyakit ini antara lain :

  • Mengompres Mata

Bukan hanya saat demam atau panas anda melakukan pengompresan, namun saat mata mengalami masalah atau gangguan juga dapat dilakukan cara pengompresan. Mengompres mata merupakan salah satu obat sakit mata yang paling mudah untuk dilakukan sendiri. Untuk mengompres mata, kita bisa menggunakan air hangat yang bersih dan menggunakan kain yang bersih pula. Letakkan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat dan sudah diperas, tempelkan pada mata mata yang belekan tersebut. Cara ini biasaya ampuh untuk mengurangi bengkak dan juga ampuh untuk mengencerkan belek yang beku yang berasal dari kelopak mata yang bengkak. Secara umum, cara ini dapat dipakai untuk mengatasi semua jenis belekan. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya cara ini bukan untuk membunuh kuman penyakit, namun hanya menjadi salah satu cara untuk menghilangkan gejala saja.

  • Menggunakan Bahan Alami atau Ramuan Tradisional 

Berbagai bahan herbal dapat membantu mengatasi mata belekan dan berair secara alami. Salah satu bahan herbal yang berguna untuk mengatasi mata belekan dan berair adalah daun sirih. Cara pengobatan mata belekan dan berair dengan menggunakan daun sirih sangat alami dan aman. Selain bisa digunakan sebagai obat keputihan karena jamur, daun sirih bisa digunakan sebagai obat mata. Caranya membuat obat mata dengan daun sirih adalah :

– Sediakan 1-3 lembar daun sirih dan cuci hingga benar-benar bersih,
– Kemudian campurkan daun sirih tersebut dengan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih,
– Setelah airnya mendidih, angkat dan tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin,
– Selanjutnya anda saring air rebusan daun sirih tersebut dengan saringan teh,
– Gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area mata yang sakit,
– Atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes langsung, Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

Selain dengan menggunakan daun sirih, ada bahan alami lainnya yang dapat digunakan, karena sebagian orang juga memiliki cara masing-masing untuk mengatasi masalah mata, dan anda juga bisa menggunakan bahan alami lainnya seperti jus kentang dan bawang putih untuk mengatasi mata belekan dan berair. Namun, bukan berarti cara tersebut dapat dijadikan sebagai satu-satunya cara menyembuhkan mata berair dan belekan yang terus menerus, karena masalah mata seperti ini bisa kambuh kembali kapan saja, maka untuk itu kita sangat diwajibkan untuk menjaga kesehatan mata dengan baik, asupan makanan sehat untuk mata juga sangat dibutuhkan agar mata mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga mata kita tidak mudah mengalami masalah dan gangguan.

Atau anda juga bisa mengkonsumsi suplemen mata alami untuk menjaga kesehatan mata secara praktis dan aman. Gaya hidup juga harus kita perhatikan karena gaya hidup saat ini banyak sekali yang dapat menyebabkan mata bermasalah. Untuk itu, jaga kesehatan mata dengan baik karena mata merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada manusia untuk bisa melihat indahnya dunia beserta warna warninya dengan jelas, namun bayangkan jika kita tidak mempunyai mata yang normal tentunya hidup pun akan teras hampa, aktivitas sehari-hari pun tidak akan begitu menyenangkan dan kualitas kerja akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *