Cara Alami Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata

By | June 2, 2017

Cara Alami Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata – Mata merupakan indera penglihatan yang sangat penting dalam tubuh manusia, dengan mata manusia dapat menjalankan aktivitas mereka dengan baik karena mata juga sangat berperan aktif dalam melakukan suatu pekerjaan. Bayanngkan saja jika manusia tidak memiliki mata tentunya akan membuat aktivitas mereka menjadi terganggu dan tidak bekerja secara baik. Mata adalah pemberian dari tuhan yang harus kita jaga dan rawat sebaik mungkin. Akan tetapi, mata ini rentan mengalami masalah atau gangguan ditambah di jaman sekarang banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan mata dengan baik sehingga tidak sedikit orang memiliki masalah pada penglihatannya, salah satu yang sering kita jumpai adalah seseorang yang memiliki penglihatan yang tidak sempurna atau mata minus.

Mata minus atau rabun jauh yang memiliki sebutan dalam istilah medis miopi adalah kondisi penglihatan dimana objek yang letaknya jauh terlihat suram atau kabur namun objek yang letaknya dekat masih dapat terlihat jelas. Masalah mata minus ini dapat berkembang secara perlahan ataupun bisa juga secara cepat. Mata minus bisa lebih parah pada saat anak-anak atau ketika beranjak dewasa, dan lebih stabil menginjak usia 30-40 tahun, kondisi mata minus ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik.

kacamata

Ada beberapa ciri atau tanda mata minus yang bisa kita perhatikan, diantaranya :

– Bila mata kita bekerja terlalu keras dan terlalu fokus, biasanya kepala akan merasa sakit dan puyeng sehingga penglihatan jadi buram dan tidak bisa lagi fokus pada pekerjaan.

– Rasa pusing pada kepala akan terasa lebih parah bila kita memaksa mata melihat atau membaca tulisan dengan jarak jangkauan yang cukup jauh.

– Dalam jarak tertentu huruf atau objek yang kita lihat akan terlihat kabur atau buram sehingga kita susah untuk membaca atau melihat objek tersebut dengan jelas.

– Mata minus positit biasanya tidak kuat berlama-lama melihat benda terang seperti lampu, sinar matahari, atau sumber cahaya lainnya, dan mengalami kelemahan ketika kita melihat benda yang jaraknya jauh.

Itulah beberapa ciri dan tanda anda mengalami mata minus. Jika anda mengalami ciri dan tanda seperti diatas maka ada baiknya anda melakukan perawatan mata untuk menghindari kondisi mata yang lebih parah agar minusnya tidak semakin tinggi. Mata minus ini memiliki tingkat keakuratan dan daya tangkap yang lebih randah dibandingkan dengan mata normal, sehingga sebagian besar seseorang yang mengalami mata minus sangat membutuhkan kacamata untuk menyempurnakan penglihatan mereka untuk melihat suatu benda atau objek dengan baik.

Kacamata mungkin merupakan alat bantu penglihatan yang efektif bagi seseorang yang mengalami mata minus, akan tetapi sebagian orang mungkin tidak suka menggunakan kacamata sebagai alat bantu mata minus. Karena setiap orang pastinya memiliki caranya masing-masing untuk mengurangi mata minus, ada orang mungkin melakukan operasi atau terapi agar mata mereka dapat membaik. Namun, untuk melakukan itu semua pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Untuk anda yang tidak suka memakai kacamata sebagai alat bantu penglihatan, ada salah satu solusi yang dapat anda lakukan selain dengan kacamata dan melakukan terapi mata. Salah satu cara untuk mengurangi mata minus adalah mengubah pola hidup dengan baik dan mengatur pola makan yang sehat untuk mata, maka untuk itu ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai berikut :

  • Rutin Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran

Makan buah dan sayuran bukan hal yang asing lagi bagi semua orang, karena dengan memakan buah dan sayur bukan hanya mata, tubuh kita juga dapat terjaga kesehatannya. Namun, untuk membantu mengurangi masalah pada mata seperti mata minus atau masalah lainnya kita harus rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, karena vitamin A ini dapat membantu mengatasi dan juga dapat memberikan nutrisi yang baik pada mata. Beberapa buah dan sayur seperti semangka, wortel, melon, alpukat, belimbing, bayam, dan lainnya yang mengandung vitamin A dapat anda tambahkan dalam menu makanan anda setiap hari.

  • Menggunakan Daun Sirih 

Buah dan sayuran merupakan cara mengatasi dan mengurangi mata minus dari dalam tubuh. Maka, selain mengurangi mata minus dari dalam tubuh, kita juga dapat mengurangi mata minus dari luar dengan cara tradisional yang aman dan efektif. Pasti banyak yang tidak tahu jika pengobatan menggunakan bahan tradisional dapat mengurangi mata minus. Salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mata minus adalah daun sirih, bahan alami ini dapat dipakai untuk mengatasi dan mengurangi masalah dengan aman. Bagi anda yang belum mengetahi cara menggunakan daun sirih untuk mata minus, anda bisa memperhatikan cara di bawah ini :

Bahan :

– 2 Lembar daun sirih.
– 4 plester.
– air.

Cara Pemakaian :
– Pertama anda cuci atau bersihkan wajah anda
– Lalu, cucilah kedua lembar daun sirih tadi dengan menggunakan air bersih.
– Setelah itu tempelkan daun sirih tadi pada dikedua mata anda, agar tidak lepas bisa dilengketkan dengan plaster.

Lakukan cara diatas secara rutin setiap anda tidur, dan biarkan daun sirih tersebut menempel dimata anda semalaman. Dan anda dapat melepas daun sirih tersebut esok harinya. Dengan menggunakan cara ini anda dapat mengurangi mata minus secara alami dan aman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal dan tanpa harus memakai kacamata. Penting bagi kita adalah selalu merawat dan menjaga mata dengan baik dan menerapkan pola hidup sehat serta pola makan yang baik sejak dini, dengan demikian kita dapat mengurangi resiko mata minus saat kita beranjak dewasa hingga tua nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *