Cara Membersihkan Mata Kotor Dan Kuning Secara Alami

By | April 1, 2017

Cara Membersihkan Mata Kotor Dan Kuning Secara Alami – Memiliki mata yang sehat dan bersih merupakan suatu keharusan bagi setiap orang, karena dengan mata yang sehat dan bersih bisa menandakan bahwa kita sangat memperhatikan kesehatan mata kita dengan baik. Karena memiliki mata yang sehat dan bersih bisa membuat anda menjadi lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka syukurilah mata kita, gunakan mata dengan baik dan hindari beberapa kegiatan yang dapat merusak mata. Masalah pada mata adalah hal yang wajar pada seseorang, karena mata juga sama seperti anggota tubuh manusia yang lainnya jika mengalami kelelahan mata juga akan mengalami penurunan. Selain, kelelahan mata juga bisa terserang suatu gangguan dari luar, karena mata sendiri berada di bagian luar manusia, maka sangat rentan terkena benda asing seperti udara kotor, atau pukulan dari orang lain.

Namun, bukan hanya karena benda asing saja mata bisa mengalami masalah, adanya penyakit atau kelainan pada mata juga bisa mengakibatkan mata kita terganggu. Pada saat mata mengalami masalah, hal ini akan membuat kita merasa tidak nyaman. Masalah pada mata seperti mata kotor dan kuning bisa membuat penglihatan anda menjadi buram dan juga membuat penderita tidak fresh lagi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mata anda menjadi kuning. Penyebab yang pertama bisa dikarenakan waktu tidur anda yang kurang. Sering begadang merupakan kegiatan yang dapat merusak mata dan membuat mata mengalami masalah seperti mata kuning. Faktor pekerjaan juga dapat membuat mata mengalami masalah. Memiliki pikiran yang berlebih dan membuat anda stress juga menjadi penyebab mata menjadi bermasalah.

membersihkan mata

Jika anda bekerja di tempat yang berasap dan berdebu, biasanya anda juga akan mempunyai bola mata yang berwarna kuning. Hal ini karena udara atau polusi disekitar anda kotor dan mata anda setiap hari terkena debu kotor tersebut. Bekerja di depan juga merupakan salah satu pekerjaan yang sering mengalami gangguan pada mata. Namun, kita tidak harus menyalahkan sautu pekerjaan, karena mata yang mengalami masalah masih kita atasi dengan cara sederhana untuk membuat mata segar kembali. Jika mata mengalami masalah pada saat bekerja, sebaiknya anda melakukan tindakan untuk membuat mata kembali bersih dan segar, dengan mencuci muka dan beristirahat saja sudah cukup untuk membuat mata bersih dan sehat kembali.

Mata yang kotor dan kunig diakibatkan terjadi iritasi pada mata anda, untuk itu hindari kebiasaan anda yang dapat membuat mata iritasi seperti mengucek mata dengan tangan. Maka anda perlu mengetahui beberapa cara yang baik untuk membuat mata anda kembali bersih lagi. Beberapa cara sederhana bisa anda lakukan dengan mudah karena membersihkan mata dengan alami lebih mudah anda lakukan sendiri dan tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Mata kotor dan kuning ini merupakan masalah yang sudah menjadi umum bagi masyarakat, namun minimnya pengetahuan anda dalam melakukan cara sederahana untuk membuat mata bersih kembali yang mengakibatkan kondisi mata menjadi leibh buruk.

Untuk menambah pengetahuan anda tentang cara membersihkan mata yang kotor dan kuning ada beberapa cara sederahana dan alami yang bisa anda tiru dirumah sebagai pengobatan alternatif. Berikut ini adalah cara sederahana menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan mata anda, diantaranya :

  • Membuat jus dari kentang dan mentimun

Cara yang pertama untuk membuat mata bersih kembali adalah dengan membuat jus kentang dan mentimun. Kentang dan mentimun ini akan membuat mata anda menjadi lebih lembab dan memberikan vitamin yang bisa membuat mata menjadi lebih cerah, namun, jus ini bukan untuk diminum, melainkan untuk dikompreskan ke mata anda. Caranya melakukannya cukup mudah. Campurkan kentang dengan mentimun yang sudah dibersihkan. Blender sampai benar-benar halus. Ambil satu buah kapas, celupkan ke dalam jus kentang dan mentimun tersebut. Peras sedikit, kemudian kompreskan kapas tersebut ke bagian mata yang kuning. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

  • Membuat ramuan tetes mata dari Daun Sirih

Daun sirih ini memang sudah tidak asing lagi dalam pengobatan alami kesehatan seseorang. Daun sirih juga dapat digunakan untuk menyembuhkan mata kuning dan membuat mata bersih. Cara membuat obat tetes mata dengan daun sirih ini sangat mudah, anda tinggal ambil beberapa helai daun sirih, cuci sampai bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan segelas air sampai mendidih. Diamkan beberapa menit supaya didihan air daun sirih menjadi dingin. Anda bisa menjadikan didihan tersebut untuk tetes mata. Bisa juga dengan cara merendam mata pada didihan daun sirih tersebut. Lakukan secara rutin, dengan begitu mata akan menjadi bersih cerah kembali.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dijadikan ramuan tradisional membersihkan mata, konsumsi air putih dan wortel juga bisa membuat mata lebih cerah dan segar. Wortel merupakan salah satu makanan yang paling penting dalam membantu kesehatan mata karena wortel mengandung banyak vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Mengonsumsi sayuran dengan daun hijau tua juga sangat baik untuk mata karena mengandung karotenoid yang dapat mencegah timbulnya penyakit pada mata. Untuk buah-buahan, disarankan untuk mengkonsumsi buah ceri dan beri karena keduanya dapat menangkan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari. Jangan lupa pula untuk berolahraga agar aliran darah dan metabolisme tubuh menjadi lancar.

Namun, jika anda ingin lebih simple dalam membersihkan mata, anda bisa menggunakan obat mata alami yang saat ini sudah banyak dicari dan dipakai oleh orang-orang yang ingin mewarat serta menjaga kesehatan mata. Beberapa obat memang bisa menjaga dan membersihkan mata anda, tapi tidak semua obat menghasilkan efek yang baik, karena obat yang mengandung bahan kimia sangat rentan menimbulkan efek samping yang berbahaya jika dipakai dalam jangka panjang. Ada baiknya pilih obat yang mengandung bahan alami, karena pada dasarnya obat alami minim efek samping yang berbahaya. Selain itu, hindari pula tidur larut malam dan biasakan untuk tidur minimal 7 jam perhari. Jika Anda suka membaca buku, maka bacalah dengan posisi duduk sempurna dan di tempat dengan penerangan yang cukup agar mata Anda tidak mudah lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *