Cara Mencegah Mata Agar Tidak Minus Dengan Alami

By | November 27, 2017

Cara Mencegah Mata Agar Tidak Minus Dengan Alami – Mata minus merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada mata atau sebuah kondisi kelainan pada mata yang terjadi karena retina pada bagian mata tidak bisa menangkap cahaya dengan fokus. Akibat dari mata minus adalah tidak bisa fokus untuk melihat dengan baik pada objek atau benda dengan jarak jauh. Mata minus ini merupakan masalah kesehatan pada mata yang sering terjadi terutama pada anak-anak, remaja usia sekolah, orang dewasa yang sudah bekerja dan juga orang tua. Saat ini sering kita lihat atau jumpai orang-orang memakai kacamata, hal ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi mata mereka yang mengalami minus. Kacamata memang merupakan sebuah alat bantu untuk mata, namun ada juga kacamata yang hanya sekedar style. Mata minus bukan masalah kesehatan yang bisa dianggap sepele karena jika tidak di obati dengan benar dan tepat bisa memperburuk kondisi atau penglihatan seseorang.

Mata minus biasanya ditandai dengan pandangan mata kabur untuk semua objek dengan jarak jauh. Jika anda memiliki anak-anak yang masuk sekolah atau baru masuk sekolah maka bisa meminta anak membaca atau melihat sebuah benda dengan jarak tertentu dalam ruangan. Anak-anak yang tidak bisa melihat sebuah benda dengan jelas juga bisa menjadi terkena gejala mata minus. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat seseorang mengalami mata minus, antara lain :

– Terjadinya stres mata yang yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas atau kegiatan yang mengakibatkan otot-otot mata menjadi kurang elastis. seperti kegiatan membaca, maupun menatap layar tv atau komputer dengan jarak yang terlalu dekat.
– Karena faktor turunan, dimana ada salah satu keluarga yang terdahulu pernah mengalami gangguan yang sama.

mata minus

Mata minus tentunya dapat dicegah dengan berbagai cara, hanya saja ada beberapa orang yang memang tidak bisa mencegah mata minus secara tidak sengaja, sehingga mengalami mata minus. Penglihatan yang normal dimulai ketika ada jaringan mata yang bisa merubah cahaya yang masuk ke bagian mata dan diterima oleh sel-sel otak dan diterjemahkan menjadi sebuah objek yang bisa kita baca atau kita pahami. Jadi ada berbagai faktor yang bisa dilakukan untuk mencegah mata minus. Jika seseorang yang mengalami mata minus biasanya para dokter akan menyarankan penderita untuk menggunakan alat bantu berupa kacamat maupun lensa kontak khusus. Jika kondisi penderita sudah parah, maka dokter bisa saja menggunakan metode operasi untuk mengatasinya. Seseorang yang mengalami gangguan mata minus dapat mengalami peningkatan resiko frekuensi minus dari waktu ke waktu.

Menggunakan cara medis seperti operasi pastinya memerlukan biaya yang tidak murah, oleh sebab itu kita harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk operasi, dan operasi tersebut tidak menjamin bahwa mata minus kita akan normal kembali. Maka dari itu salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk membuat mata tetap sehat adalah melakukan gaya hidup sehat atau melakukan pencegahan agar mata tidak minus. Melakukan pencegahan adalah salah satu cara untuk mengurangi resiko terkena mata minus, namun sebagian besar orang malas atau tidak memperdulikan kesehatan mata mereka sendiri dan baru menyadari atau bahkan baru khawatir setelah mata mereka mengamali masalah seperti mata minus.

Untuk itu, cobalah melakukan pencegahan terhadapat gangguan pada mata seperti mata minus ini. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dan dibiasakan untuk mencegah mata minus, apabila anda memiliki anak maka ada baiknya menerapkan kebiasaan yang baik juga untuk mencegah mata minus sejak dini. Berikut ini beberapa langkah atau cara alami yang dapat anda lakukan untuk mencegah mata minus, yaitu :

– Hindari kebiasaan membaca atau melihat televisi dari jarak yang dekat, hal ini karena bisa membuat kerusakan lengkungan kornea dan menyebabkan mata, dan ajari anak anda untuk melihat tv dengan jarak yang ideal.

– Hindari kebiasaan menulis dengan jarak yang dekat yang bisa merusak jarak kemampuan pandangan normal mata, terutama bagi anda yang merasa seorang pelajar ada baiknya menulis dengan jarak yang tidak terlalu dekat karena mata sangat sensitif dan dapat mengakibatkan mata anda tegang serta stress.

– Bagi anda yang merupakan pengguna sejati gadget, komputer, laptop, dan televisi ada baiknya memberikan waktu istirahat untuk mata dengan tidak melihat semua benda tersebut secara terus menerus. Karena benda tersebut memiliki sinar atau cahaya pada layar yang dapat membuat mata mengalami iritasi, mata merah, tegang dan pada akhirnya mata anda akan mengalami masalah.

– Latihan mata untuk membiasakan melihat berbagai objek dengan jarak yang jauh juga bisa mencegah mata minus. Latihan bisa dilakukan saat anda sedang mengendarai kendaraan dan harus fokus melihat objek secara teratur.

Selain cara diatas, hal yang terpenting dalam mencegah terjadi mata minus dan masalah mata lainnya adalah dengan melakukan pola hidup sehat sejak dini. Banyak orang yang malas atau mengabaikan pola hidup mereka sendiri, dan akhirnya harus mengalami beberapa masalah pada kesehatannya. Untuk mencegah mata minus anda juga bisa memperhatikan pola makan dengan baik, asupan nurtisi dari makanan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Berbagai nutrisi yang diperlukan antara lain adalah seperti kalsium , silica, selenium, magnesium, mangan, vitamin D, vitamin C dan bioflavonoid semua sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, jika anda ingin merawat dan menjaga kesehatan mata, anda bisa menggunakan obat alami mata yang terbuat dari bahan alami yang lebih baik dibandingan dengan obat mata berbahan kimia, serta anda jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata, sebab obat tersebut memiliki kandungan zat yang berbahaya, hal ini karena obat tetes mata hanya dapat digunakan sebagai pengobatan sementara saja bukan untuk pengobatan dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *