Cara Mendeteksi Penyakit Pada Tubuh Lewat Kondisi Mata

By | June 12, 2017

Cara Mendeteksi Penyakit Pada Tubuh Lewat Kondisi Mata – Mata merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat berfungsi penting bagi kehidupan, maka dari itu ada istilah yang mengatakan bahwa mata merupakan jendela dimana kita dapat menambah wawasan dengan melihat. Namun, selain itu mata juga dapat kita gunakan sebagai salah satu cara untuk mendeteksi suatu masalah pada kesehatan kita. Mata bukan hanya untuk melihat saja, tapi mata juga dapat menjadi alarm atau tanda bahwa kesehatan tubuh anda sedang mengalami masalah atau adanya suatu penyakit. Mata ternyata bisa memberikan kita tanda bahwa ada penyakit yang sedang terjadi pada tubuh kita. Dengan begitu, kita lebih mudah mengetahui penyakit pada tubuh sejak dini. Seperti kita ketahui bahwa mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting, karena fungsinya yang sangat vital, maka kita harus senantiasa menjaga dan merawat mata dengan baik.

Dunia ini menjadi terlihat indah karena kita mempunyai mata untuk melihatnya, namun bayangkan jika kita tidak memiliki kemampuan atau memiliki masalah pada mata kita, mungkin saja kita hanya akan mendapati dunia yang gelap dan tanpa warna. Dan jika hal itu terjadi maka hidup pun begitu membosankan dan begitu terasa hampa. Namun, kali ini kita akan membahas kegunaan mata yang sangat baik untuk kesehatan yaitu mata dapat mendeteksi penyakit yang ada dalam tubuh kita. Mengenali gejala yang muncul adalah cara yang harus pertama kali dilakukan untuk mengetahui gangguan kesehatan yang terjadi. Termasuk salah satunya adalah deteksi penyakit lewat mata yaitu mengenali penyakit dengan mengenali gejala-gejala yang muncul pada mata.

kesehatan lewat kondisi mata

Ada beberapa ciri yang akan kita bahas, namun kesempatan kali ini kita hanya akan mengupas daerah sekitar mata, seperti alis, kelopak mata, kornea mata, bola mata, dan beberapa bagian yang lain yang bisa menjadi sebagai tanda penyakit pada tubuh, yaitu :

– Penyakit Diabetes

Penyakit yang satu ini berbahaya pada kesehatan itu, maka cara mendeteksi penyakit diabetes dengan melihat mata sebenarnya cukup sederhana, ciri yang paling menonjol untuk mengenali apakah kita terkena penyakit kencing manis adalah pembuluh darah disekitar mata terlihat jelas, dan juga lensa mata yang keruh. Hal itu disebabkan karena tingginya kandungan gula dalam darah kita, yang membuat pembuluh darah pada retina “rentan” pecah. Alangkah baiknya jika segera berkonsultasi dengan dokter, karena bila dibiarkan saja, pada tingkat yang parah, dapat mengakibatkan kebutaan pada mata.

– Penyakit Hati dan Empedu (Penyakit Kuning)

Untuk penyakit yang satu ini bisa anda kenali melalui perubahan warna mata, orang yang mengalami gangguan di hati dan empedu, bagian mata yang tadinya berwarna putih, berubah menjadi kuning. Orang sering menyebutnya penyakit kuning. Seperti yang kita tahu bahwa hati dan kantung empedu merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh kita, untuk itu ada baiknya segera periksakan diri ke dokter.

– Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Untuk ciri-ciri atau tanda yang dapat kita lihat di mata seseorang yang terkena hipertensi adalah Warna mata yang berubah menjadi sedikit keperakan. sebenarnya terlihat jelas pada pembuluh arteri yang menjadi berwarna keperakan. Kondisi seperti ini disebabkan karena penyempitan pembuluh darah pada mata, pembuluh mata bocor, atau mengencang karena tekanan darah dalam tubuh yang tidak seimbang. Sebaiknya segera lakukan tindakan medis atau pencegahan, agar tidak semakin parah.

– Penyakit Kolesterol

Tanda atau ciri penyakit ini dapat kita lihat dari mata, yaitu bila terdapat cincin berwarna putih yang melingkar disekitar iris mata. Lingkaran putih ini dikenal dengan istilah ‘Archus Senilis’. Penyebab mata karena munculnya cincin putih pada iris mata adalah adanya timbunan lemak di area kornea mata. Ketika seseorang mengalami gejala ini, alangkah baiknya jika mulai memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Atau bila merasa hal ini sangat menggangu, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

– Penyakit Melamona

Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahui apa itu penyakit melamona. Penyakit melamona adalah jenis kanker kulit ganas, umumnya terjadi pada sel yang menghasilkan melamin pada pigmen yang berperan memberikan warna pada kulit. Namun, tidak hanya pada kulit saja, melamona juga bisa terjadi pada mata dan organ dalam yang lain, salah penyebab yang sering dialami oleh penderita melamona adalah radiasi sinar matahari yang dapat memperbesar resiko terkena kanker pada bola mata.

Baca Juga : Obat Alami Mata

Itulah beberapa penyakit yang dapat kita ketahui lewat kondisi mata, dan perlu di ingat bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting, untuk itu bila ada diantara kita yang mendapati tanda-tanda diatas, ada baiknya segara berkonsultasi ke ahli medis atau tim dokter agar mendapatkan penanganan yang baik. Selain itu juga kita harus memperhatikan asupan nutrisi yang baik pada tubuh, hal ini agar tubuh kita memiliki nutrisi dan gizi yang cukup sehingga tidak mudah mengalami sakit atau masalah pada kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *