Cara Mengatasi Iritasi Mata Alami

By | April 11, 2017

Cara Mengatasi Iritasi Mata Alami – Mata memang sangat rentan mengalami masalah karena letak mata berada di luar tubuh manusia, oleh karena itu, mata sering kali terkena suatu masalah seperti terkena benda asing atau bisa saja karena suatu penyakit. Hal ini bisa membuat mata mengalami kondisi yang tidak baik atau penglihatan mata menjadi buram. Salah satu kondisi atau masalah mata yang sering terjadi adalah mata mengalami iritasi. Iritasi mata sendiri adalah terjadinya gangguan pada mata yang ditandai dengan rasa gatal, kekeringan pada mata, pandangan kabur, perih dan sakit. kondisi seperti ini disebabkan oleh berbagai macam hal seperti pemakaian lensa kontak, kotoran yang masuk ke dalam mata, atau karena alergi, bahkan bisa karena adanya penyakit pada mata. Masalah seperti iritasi pada mata memang umum terjadinya pada seseorang, hal ini karena disebabkan adanya virus atau bakteri masuk ke dalam mata dan membuat mata menjadi infeksi.

Iritasi mata ini dapat membuat mata mengalami perubahan warna yang tadinya bola mata berwarna putih, setelah kita mengalami iritasi akan berubah menjadi warna merah. Perubahan warna bola mata ini disebabkan karena refleks kita yang sering kali mengucek mata dengan tangan, akibat dari kebiasaan itu mata menjadi memerah karena adanya gesekan dari tangan pada mata. Tangan kita pun tidak selamanya berada dalam keadaan bersih, sering kali kita mengucek mata tanpa sadar tangan dalam keadaan kotor dan hal itu membuat kondisi mata menjadi parah. Iritasi mata dapat menganggu aktivitas sehari-hari kita dan tidak jarang iritasi mata ini dapat menular ke orang lain. Untuk itu penting bagi kita untuk menjaga kebersihan mata dengan baik dan hindari kebiasaan buruk yang dapat membuat kondisi mata menjadi terganggu.

iritasi mata

Seseorang yang mengalami iritasi mata dapat merasakan gejala seperti mata merah, berair, dan gatal. Kondisi inilah yang membuat iritasi mata menjadi menganggu aktivitas kita. Selain mata merah, berair dan gatal, iritasi mata juga mengganggu penglihatan kita, penglihatan menjadi sedikit terganggu atau buram. Penanganan dan pencegahan sangat penting kita lakukan untuk membuat mata tetap sehat dan bersih. Untuk mengatasi mata yang mengalami iritasi ada beberapa cara sederahan yang bisa anda lakukan dengan mudah dan sederhana. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan ketika mata mengalami iritasi, diantaranya :

  • Kompres mata dengan air dingin

Cara ini memang terlihat sangat sederhana dan mudah, tapi cara ini dapat membantu anda membersihkan mata yang mengalami iritasi. Kompres mata dengan air dingin ini dapat membuat mata merasa lebih nyaman dan segar, kita bisa menggunakan handuk yang di basahi air dingin dan letak mata mata sampai mata merasa nyaman. Hal ini akan sangat membantu dalam menurunkan bagian mata yang bengkak dan juga akan mengurangi rasa gatal.

  • Gunakan obat tetes mata 

Salah satu yang umum digunakan masyarakat untuk mengatasi masalah mata yang mengalami iritasi adalah dengan menggunakan obat tetes mata yang dijual di apotek terdekat. Namun sebaiknya kita berhati-hati dalam memilih obat tetes mata, jangan sampai hal itu justru memperburuk keluhan. Ada baiknya bila kita terlebih dahulu mengonsultasikan obat tetes mata tersebut ke dokter sebelum menggunakannya. Namun, sebagai salah satu solusi yang aman lebih baik kita menggunakan obat mata alami untuk mengatasi masalah mata, karena obat yang berbahan alami minim efek samping dan tidak menimbulkan masalah lainnya pada mata.

  • Menggunakan irisan mentimun dan kentang

Cara ini bisa dikatakan adalah cara yang sangat mudah dilakukan, karena kita hanya mengiris mentimun dan menempelkannya pada mata, dan untuk menghilangkan lingkaran gelap dibagian bawah kelopak kita bisa menggunakan irisan kentang. Caranya dengan menempatkan irisan kentang di mata dan tunggu hasilnya dalam beberapa menit. Irisan mentimun dan kentang ini sangat efektif untuk mengatasi mata gatal akibat iritasi karena timun dan kentang anti-iritasi yang menyegarkan.

Dengan selalu menjaga kelembaban dan kebersihan mata juga bisa menghindari mata dari berbagai infeksi dan iritasi. Oleh sebab itu selalu membersihkan mata merupakan langkah awal yang baik dilakukan untuk melindungi dan merawat mata, jika mata mengalami kelelahan sebaiknya istirahat sejenak atau mencuci mata dengan air agar mata bersih dari kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *