Cara Mengatasi Masalah Pada Mata Akibat Gadget

By | June 22, 2017

Cara Mengatasi Masalah Pada Mata Akibat Gadget – Bicara tentang masalah pada mata memang tidak akan ada habisnya, sebab mata memang sangat rentan mengalami masalah dan gangguan baik ringan maupun berat. Hal ini karena mata memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap sesuatu maka sangat mudah mengalami masalah dan juga penyakit. Di era modern seperti ini banyak sekali faktor penyebab terjadi masalah pada mata. Saat ini banyak sekali seseorang yang mengeluh sakit mata, ini dikarenakan di era modern seperti sekarang banyak beberapa teknologi canggih yang dapat membuat mata mengalami masalah. Namun, tidak dipungkiri bahwa teknologi canggih juga sangat dibutuhkan oleh seseorang, sebab dengan teknologi yang ada saat ini dapat membantu seseorang dalam melakukan aktivitas maupun bekerja agar lebih mudah dan praktis.

Gadget memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita, dan sering kali seseorang akan marah jika ponsel atau laptopnya rusak dan tidak dipakai. Dan seseorang pastinya akan membeli atau memperbaiki secepatnya ponsel dan laptop yang rusak tadi. Namun, dibalik ketergantungan itu semua, ada masalah atau gangguan yang dapat merusak kesehatan kita terutama pada mata. Di zaman sekarang ini keberadaan internet sangat banyak gunanya. Tidak hanya untuk keperluan cari ilmu dan komunikasi saja, untuk kerja dan hiburan seperti nonton video dan main game pun kita bisa melakukannya hanya dengan online dengan media komputer, tablet, atau pun ponsel pintar.

gadget

Penggunaan gadget-gadget di atas secara berlebihan bisa menyebabkan mata lelah. kelelahan tidak hanya bisa dialami oleh badan saja, mata juga bisa. Saat menatap layar gadget dalam waktu lama, terus-menerus, bahkan di ruangan yang gelap, apalagi dengan ukuran huruf yang kecil, mata kita akan lebih muda kecapean. Ketika mata kita merasa lelah pastinya akan menimbulkan masalah lainnya seperti kepala sakit, mata perih, dan mata terasa sangat mengantuk. Sehingga mata lelah akan mengakibatkan masalah lain mudah menyerang mata kita. Penggunaan gadget saat ini memang sudah menjadi kebutuhan hidup manusia, maka dari itu semua orang pastinya memiliki gadget seperti ponsel dan laptop.

Penggunaan gadget saat ini dapat membuat mata kita kelelahan dan membuat otot mata menjadi letih. Ketika otot mata menjadi letih, maka mata akan terasa tidak nyaman atau sakit, perih, panas, iritasi akibat mata yang kering, mengantuk, merah dan berair. Kondisi-kondisi itu dapat mempengaruhi pandangan sehingga penglihatan pun terasa buram, ganda, dan kemampuan melihat warna menurun. Maka untuk itu hal yang harus kita lakukan adalah mengatasi masalah pada mata dan mencegahnya kambuh lagi. Berikut ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai cara mengatasi masalah pada mata secara cepat dan mudah, yaitu :

– Jeda Waktu

Hal yang paling penting untuk mengatasi masalah pada mata akibat gadget adalah memiliki waktu jeda pengunaanya. Seperti yang selalu kita lihat banyak orang yang sudah lelah bekerja terus memaksakan mata mereka agar tetap bekerja meskipun mata mereka terlihat kusam, kotor, merah. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan mata dan hanya akan membuat bekerjaan anda berantakan. Maka yang harus anda lakukan adalah memberikan mata istirahat agar mata tidak terlalu tegang dan kaku. Jeda waktu bisa anda lakukan sekitar 15-20 menit untuk mengistirahatkan mata dengan tidur, memijat mata, atau mengompres mata dengan air.

– Obat Tetes Mata

Anda bisa menggunakan tetes mata yang memiliki kandungan khusus untuk menyamankan mata dan menjaganya tetap lembap, karena jika Anda terus-menerus memandangi layar gadget, mata juga bisa kering. Meski demikian, obat tetes juga harus digunakan secara teratur dan tidak menggunakan tetes mata secara berlebih karena bisa menimbulkan efek samping. Baca aturan pakai saat Anda hendak menggunakannya. Ada baiknya kita menggunakan pengobatan alami mata seperti menggunakan bahan alami daun sirih atau bahan alami lainnya. Jaman boleh modern tapi pengobatan tradisional jauh lebih baik untuk mengatasi masalah pada mata tanpa efek samping.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Selain kedua cara diatas kita juga perlu memperhatikan jarak pandang ke gagdet, pencahayaan ruangan yang baik. Hal ini agar mata tidak mudah mengalami kelelahan. Dan penting bagi kita untuk selalu mengistirahatkan mata dengan baik jangan sering begadang dan pola makan juga harus teratur, beri nutrisi yang baik bagi mata karena mata juga membutuhkan nutrisi dari dalam tubuh. Makan buah dan sayur segar merupakan pola makan sehat yang baik bagi mata. Teknologi saat ini memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita namun kia juga harus tetap menjaga kesehatan dengan baik. Penggunaan gadget harus kita batasi karena kesehatan mata jauh lebih penting bagi kehidupan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *