Cara Mengatasi Masalah Pada Mata Dengan Mentimun

By | April 21, 2017

Cara Mengatasi Masalah Pada Mata Dengan Mentimun – Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang dijadikan sayuran sehari-hari. Harganya yang cukup terjangkau membuat peminat mentimun tidak sedikit di masyarakat kita. Buah mentimun ini sering dijadikan sebagai makanan pelengkap terutama jenis makanan lalap. Rasanya yang gurih membuat buah mentimun selalu ada pada beberapa jenis makanan kita khusus orang indonesia. Namun, banyak diantara kita yang belum tahu pasti manfaat dari buah mentimun ini terlebih khusus manfaatnya untuk mata kita. Mentimun ini mengandung gula, karbohidrat, serat, riboglavin, niasin, thiamin, asam folat, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, potassium, dan berbagai jenis vitamin. Mentimun ini biasanya digunakan sebagai perawatan luar. Mentimun ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata secara alami dan aman.

irisan mentimun

Mentimun ini merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Mentimun digolongkan ke dalam keluarga labu-labuan. Tanaman ini merambat dan termasuk tumbuhan semusim, diaman siklus hidupnya sangat pendek. Mentimun cukup populer dikonsumsi sebab kandungan gizinya terbukti baik untuk tubuh. Selain itu juga mentimun di sering digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit. Mentimun atau timun mengandung asam askorbat, Vitamin C, dan Caffeic acids. Zat-zat tersebut dikenal baik dalam hal mencegah retensi air di dalam tubuh dan juga membantu anda mengatasi iritasi mata dan bengkak. Mentimun ini sering dipakai untuk mengatasi masalah mata seperti mata panda, mata lelah, dan mata sembab.

Untuk mengatasi masalah pada mata, orang sering menggunakan kompres atau masker khusus untuk mata, namun ternyata ada cara lain yang lebih praktis dan mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara menggunakan timun, dan berikut ini adalah cara menggunakan timun untuk mengatasi masalah mata anda secara alami dan aman :

Timun

1. Siapkan satu buah timun berukuran sedang yang masih segar dan berwarna hijau, pisau yang steril, talenan atau papan alas mengiris.

2. Cuci bersih timun yang akan digunakan, tidak perlu dikupas.

3. Iris timun tipis sebanyak 2 potongan.

4. Tempelkan pada mata, usahakan untuk mengambil posisi berbaring dan memejamkan mata.

5. Diamkan selama 10 menit.

6. Angkat irisan timun dari mata anda.

7. Ulangi perawatan tersebut secara rutin setiap hari hingga mata panda anda perlahan berkurang dan menghilang pada akhirnya.

Cara di atas sangat juga sangat cocok bagi Anda yang terbiasa begadang. Mata yang sering diajak begadang biasanya akan menimbulkan lingkaran hitam di bagian luar kelopak mata. Jadi, lingkaran hitam tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan masker timun. Mentimun ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan mengatasi masalah mata anda secara alami, dan dengan menggunakan mentimun anda tidak harus melakukan perawatan mata dengan biaya yang mahal, karena dengan mentimun ini anda bisa mendapatkan dengan biaya yang murah dan bahkan bisa saja gratis tanpa biaya. Selalu perhatikan kesehatan mata anda dengan baik, karena jika mata mengalami masalah tentunya aktivitas anda juga akan terganggu, sebab mata berperan aktif dalam keseharian anda.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Selain dengan menggunakan mentimun, anda juga bisa menggunakan bahan alami lainnya seperti teh celup bekas pakai. Teh diketahui mengandung tannin yang baik untuk melenyapkan lingkar hitam sekitar mata Anda. Jadi gunakan irisan mentimun hari ini dan hari berikutnya gunakan teh celup bekas pakai tersebut. Merawat mata dengan menggunakan bahan alami seperti mentimun ini sangat efektif untuk mengatasi masalah mata yang masih ringan, dan untuk masalah mata yang sudah mulai berat, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter agar masalah pada mata anda bisa diatasi dengan baik. Asupan makanan juga harus tetap terjaga untuk membantu kesehatan mata anda dari dalam, sayuran dan buah-buahan juga penting bagi kesehatan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *