Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

By | June 3, 2016

mata belekan pada bayiCara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi,.- Belekan pada bayi terjadi karena berfungsi kelenjar air mata sebelum sempurna, diamana ketupan air mata pada bayi masih tertutup pada saluran air yang menghubungkan air mata dengan rongga hidung. Sumbatan ini menyebabkan air mata disekiatr kelopak mata tidak dapat mengalir ke rongga hidung, sehingga menyebabkan genangan disaluran yang terhambat dan kotoran mata atau belekan akan menumpuk pada mata, biasana setelah dau bulan, kelnjar air mata pada bayi akan bekerja lebih sempurna, dan belekan akan berhenti dengan sendiri.

Penyebab Belekan Pada Bayi

Penyebab Belekan Pada Bayi adalah infeksi jalan lahir saat proses persalinan, dan terjadi sumbatan pada saluran air mata bayi. Apabila penyabab belekan karena infeksi jalan lahir, Doktor akan memberikan obat yang sesuai dengan penyabab infeksi. Sedangkan sumbatan pada sir mata, akan menghambat aliran mata bayi kerongga hidung. Hal tersebut menyebabkan mata bayi terus berair, sehingga mengundang kuman penybab infeksi.

Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi

  1. Apabila saat bayi anda sedang belekan/mata berair terus, lakukanlah tindakan tindakan berikut ini
    Apabila belekan masih normal, dengan artian belekan pada bayi hanya sedikit di pagi hari dan tidak sampai membuat mata bayi lengket. Maka anda cukup membersihkan matanya menggunkan kapas dan air hangat, dengan arah bagian dalam ke arah luar matanya.
  2. Apabila belekan pada bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan mata lengket coba kompres mata bayi dengan kapas yang dicelup ke air hangat. Hal ini akan mempermudah anda membersihkan kotoran pada mata bayi.

Apabila dalam waktu tiga hari, belekan atau mata berair pada bayi tidak juga hilang, Segera bawa ke doktor, untuk dilakukan pemeriksaaan. sbeleum pergi kedoktor perhatikan juga apakah mata bayi merah atau tidak, apabila merah, maka mungkin terjadi infeksi. Infeksi pada mata juga sering menyebabkan penyumbatan pada saluran air mata, dan untuk membukannya, bisa dengan pemijatan, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Cuci tangan sebelum memijat, dan kuku jari tangan tidak panjang, dan kulit telapak tangan tidak kasar
    Pijatan untuk membuka jalur air mata yang tersumbat akibat belekan, biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari (apabila ibu jari anda terlalu besar gunkan jari tangan lain) dari pangkalan hidung bayi tepi mata sebelah dalam kearah hidung kearah bawah, atau dengan gerakan berputar-putar. Lakukan gerkan ini 2-3 kali sehari.
  2. Kulit maupun otot sikecil masih tipis, sehingga gerkan pemijatan tidak boleh terlalu kasar dan menekan.

Itulah Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi yang udah dijelaskan diatas semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua ! Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *