Cara Mengatasi Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

By | May 10, 2017

Cara Mengatasi Mata Bengkak Saat Bangun Tidur – Saat anda bangun tidur mungkin sebagian orang pernah mengalami sesuatu masalah pada matanya, salah satu yang sering terjadi ketika bangun tidur adalah mata yang terlihat bengkak dan sedikit sembab. Biasanya jika tidak ada masalah serius, mata bengkak saat bangun tidur akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit saja. Tetapi seringkali bengkak pada mata tidak kunjung hilang dan merusakan penampilan terutama pada wanita. Mata yang bengkak saat bangun tidur disebabkan karena iritasi mata ringan. Biasanya saat kita tidur, secara tidak sengaja tangan yang kotor menggaruk atau mengucek mata karena mengantuk. Mata menjadi terkontaminasi lalu menimbulkan perubahan warna menjadi merah dan bengkak. Alergi pada debu atau bahan dari alat tidru, serta kurangnya tidur juga dapat mengakibatkan mata menjadi merah dan bengkak pada keesokan harinya saat anda bangun.

mata bengkak saat bangun

Penggunaan lensa kontak dan kacamata yang jarang dibersihkan juga menjadi penyebab mata bengkak. Bengkaknya mata ada yang disertai dengan rasa gatal dan ada yang tidak tidak, namun hal itu pastinya membuat bangun tidur anda menjadi tidak nyaman dan malas untuk beraktivitas. Jika anda merasa gatal pada mata anda, sebaiknya jangan langsung mengucek mata dengan tangan, karena hal tersebut hanya akan memperparah keadaan dan membuat mata menjadi semakin bengkak. Beriktu ada beberapa penyebab terjadi mata bengkak saat bangun tidur yang perlu anda perhatikan, yaitu :

– Waktu tidur tidak cukup (hanya sebentar)

Tidur merupakan kebutuhan yang wajib bagi setiap manusia, karena dengan tidur kita bisa mengistirahatkan anggota tubuh seperti otak dan mata. Dan dengan tidur dengan cukup waktu akan menyebabkan fungsi organ tubuh kita menjadi normal, ibarat mesin jika diistirahatkan dengan baik maka akan awet penggunaannya. Namun, jika kita tidur tidak cukup akan menyebabkan pembuluh darah yang ada dibawah mata akan membesar sehingga kelihatan seperti bengkak, hal inilah yang membuat mata kita bengkak saat bangun tidur.

– Posisi tidur yang tidak benar

Selain karena kurannya waktu tidur, penyebab mata bengkak saat bangun tidur adalah posisi kita saat tidur tidak pada posisi yang ideal atau salah. Posisi kepala yang tidak memakai bantal bahkan berada di bawah tubuh akan menyebabkan cairan turun ke bawah mata, karena adanya gaya gravitasi bumi. Inilah yang menyebabkan mata kita terlihat bengkak.

– Faktor minuman dan makanan

Faktor minuman dan makanan juga menjadi salah satu penyebab mata mengalami bengkak. Makanan dan minuman yang anda konsumsi sebelum tidur banyak mengandung garam atau alkohol akan mengakibatkan masalah pada mata anda, sebab makanan yang banyak mengandung garam dapat menahan air sehingga membuat mata anda bengkak.

Beberapa penyebab diatas harus bisa anda hindari jika tidak ingin mata anda terlihat bengkak saat bangun tidur. Dan untuk membuat mata anda bersih dan tidak bengkak saat bangun tidur, solusinya adalah mencegah dan menghindari kegiatan tersebut. Untuk mengatasi masalah mata bengkak saat bangun tidur, anda bisa melakukan beberapa cara sederahana dan mudah, yaitu :

  • Anda bisa mengompres mata anda dengan menggunakan air dingin, hal ini bertujuan untuk meredakan sakit pada bengkak dan memberikan rasa nyaman pada mata. Kompres dengan air dingin di area mata yang mengalami bengkak secara perlahan dan diamkan beberapa menit sampai mata anda benar-benar merasa nyaman. Dan selain menggunakan air dingin anda juga bisa mengompres mata menggunakan bahan lainnya seperti irisan mentimun, dan kantung teh celup bekas. Kompreslah selama 10 hingga 15 menit.
  • Jika mata bengkak anda diakibatkan oleh makanan dan minuman yang mengandung garam dan alkohol, maka ada baiknya anda minum banyak air putih saat bangun tidur, karena bisa saja mata bengkak saat bangun tidur terjadi akibat tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi, maka cara sederahan adalah dengan banyak minum air putih.
  • Cobalah untuk mencukupi tidur anda dengan baik, dan posisi tidur anda juga harus tepat agar saat bangun tidur tidak mengalami masalah, untuk anda harus tidur cukup dan menggunakan bantal untuk membantu menopang kepala sehingga mencegah akumulasi cairan disekitare mata selama tidur.
  • Dan hal yang sederhana untuk mengatasi mata bengkak saat bangun tidur adalah segeralah cuci muka anda dengan air dingin. Anda juga bisa menggunakan air yang telah di campur es batu untuk mencuci muka, lakukanlah selama lima menit. Cara tersebut cukup efektif mengatasi mata bengkak saat bangun tidur. Jika mata yang bengkak akibat alergi terhadap sesuatu, maka kenali pemicu alergi tersebut. Alergi ini bisa disebabkan oleh sabun, kosmetik atau obat tertentu. Dan setelah mengetahu tersebut hindari beberapa hal yang menyebabkan alergi tersebut.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Cara mengatasi mata bengkak saat bangun tidur seperti diatas bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah, namun jika mata bengkak saat bangun tidur terjadi dalam jangka panjang dan terus menerus bisa jadi mata anda mengalami masalah yang serius, dan segeralah periksa mata anda pada dokter spesialis mata dan berkonsultasi dengan dokter agar anda mendapatkan penanganan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *