Cara Mengatasi Mata Panda Alami

By | April 12, 2017

Cara Mengatasi Mata Panda Alami – Mata panda merupakan sebuah peristiwa perubahan warna kulit disekitar mata menjadi gelap, yang biasanya disertai lingkaran kehitaman diarea dan bawah mata. Mata panda biasanya disebabkan karena kelelahan, atau karena kurangnya tidur sehingga disekeliling mata menjadi gelap dan juga keriput. Penyebab lain mata panda adalah stress, terlalu lama di depan komputer, faktor genetik atau bawaan, penuaan, pigmen berlebih, menderita sakit dalam waktu yang lama, gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak teratur. Mata panda ini bisa membuat seseorang yang mengalaminya menjadi tidak nyaman dan hilang kepercayaan diri ketika berada di depan umum terutama pada wanita, karena bagi kaum wanita yang selalu memperhatikan penampilan wajahnya, memiliki masalah kantung mata atau mata panda ini membuat kulit wajah akan terlihat kusam dan lelah.

Masalah kantung mata atau mata panda bisa terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Bagi mereka yang mengutamakan penampilan, seperti halnya jerawat, mata panda sangat mengganggu di dalam kegiatan sehari-hari. Mata panda adalah kondisi dimana terdapat garis hitam diarea sekitar mata, mata panda sebenarnya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius, namun jika dibiarkan bisa menyebabkan rasa percaya diri menjadi turun. Bahkan beberapa ahli berpendapat munculnya kantung mata bisa menjadi indikator seseorang terserang sebuah penyakit. Penyebab utama mata panda adalah kurangnya tidur, seseorang yang kurang tidur mereka memiliki hormon melanin lebih banyak. Hormon inilah yang bisa memicu munculnya mata panda dan penuaan dini.

mata panda

Untuk mengatasi masalah kantung mata atau mata panda, anda harus mengetahui penyebab mata panda tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan melakukan pengobatan dan mencegahnya datang lagi. Untuk sebagian orang mungkin ini bukan masalah, namun untuk seseorang yang sangat memperhatikan penampilan, hal ini tentu akan sangat menganggu, karena dapat memperburuk penampilan. Berikut ini ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi mata panda yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, diantaranya :

  • Tidur yang cukup

Penyebab utama mata panda adalah kurangnya tidur, maka untuk itu anda harus bisa mengatur waktu tidur anda dengan baik. Cukupi tidur anda walaupun memang anda masih memiliki kerjaan yang banyak atau menumpuk, namun ada baiknya anda beristirahat sejenak atau jika memang anda memiliki kerjaan yang menumpuk, anda harus bisa menjadwalkan tidur malam lebih awal karena waktu tidur yang baik antara 6-8 jam sehari. Usahakan anda jangan begadang, karena dengan begadang pada saat anda bekerja tidak akan fokus dan masalah mata lainnya bisa menyerang anda seperti mata lelah.

  • Kompres mata dengan es batu

Jika anda mengalami kantung mata atau mata panda akibat kurang tidur atau karena begadang, untuk mecegah dan mengatasi masalah kantung mata tersebut, anda bisa mengompres mata dengan es batui agar ajntung mata sedikit tersamarkan. Lakukan cara ini selama kurang lebih 10 menit. Dan cara ini juga sering kita lihat dalam pertandingan olahraga tinju, mereka selalu mengompres mata dengan handuk yang sudah di basahi atau dengan es batu. Hal itu bertujuan untuk menyegarkan kembali mata dan membuat mata merasa lebih nyaman.

  • Pakai kantung teh celup

Cara yang satu ini memang sudah sering kita dengar, menggunakan kantung teh celup bekas juga bisa mengatasi masalah kantung mata dengan alami. Jika anda selesai membuat teh celup jangan dibuang dulu kantungnya karena ini bermanfaat untuk mata. Cara menggunakannya cukup mudah Ambil teh celup bekas, secukupnya saja. Kompres area sekitar mata Anda menggunakan kantung teh celup bekas tadi. Lakukan selama 10 sampai 15 menit sampai kantung mata terlihat samar-samar.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi masalah kantung mata atau mata panda, untuk mencegah mata pada anda harus memperhatikan pola hidup anda dan juga memperhatikan asupan makanan anda sehari-hari, perbanyak konsumsi sayuran dan buah agar anda mendapatkan nutrisi berupa vitamin untuk menetralisir dan mendetoksinasi racun yang menyebabkan mata panda. Jika anda sering menggunakan obat mata untuk menjaga mata seperti obat tetes mata, ada baiknya anda menggunakan obat mata alami, karena obat yang berbahan alami jauh lebih baik dari obat mata kimia. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting, dan rentan terhadap suatu masalah, oleh karena itu kita harus bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *