Cara Mengatasi Mata Sembab Dengan Cepat Dan Alami

By | May 5, 2017

Cara Mengatasi Mata Sembab Dengan Cepat Dan Alami – Salah satu masalah yang sering dialami oleh sebagain besar perempuan pada bagian atanya adalah kantung mata atau lebih dikenal dengan sebutan mata sembab. Mata sembab adalah suatu kondisi adanya lingkaran bengkak diarea bawah mata yang tampak menonjol. Kondisi tersebut jelas sangat menganggu fungsi penglihatan mata, juga berdampak pada penampilan wajah menjadi kurang sempurna. Dan hal yang paling menyebalkan dari mata sembab ini adalah mengurangi rasa percaya diri dan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman pada matanya. Mata sembab biasanya disebabkan karena habis menangis lama, kurang tidur di malam hari atau kelelahan bekerja. Maka, jika anda tidak ingin mengalami masalah mata sembab, sebaiknya anda merawata dan menjaga mata dengan baik serta cegah segala hal yang dapat membuat mata mengalami masalah baik ringan maupun berat.

Selain karena faktor kurang tidur dan kelelahan, mata sembab juga bisa terjadi karena adanya pembengkakan pada kulit disekitar mata. Pembengkakan ini bisa disebabkan karena terganggunya proses peredaran darah di pembuluh darah kulit sekitar mata. Aliran peredaran darah yang tidak tersirkulasi sempurna akan menyebabkan pasokan oksigen terganggu atau berkurang, sehingga pernapasan kulit sekitar mata menjadi terganggu. Masalah pembengkakan pada pembuluh darah ini bisa diatasi dengan pijat mata anda secara perlahan. Untuk itu, sebelum kita melakukan pencegahan pengobatan pada mata sembab ini, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu apa penyebab yang dapat membuat mata kita menjadi sembab, berikut ini ada beberapa penyebab mata sembab, yaitu :

– Asinan

Terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan asinan juga dapat menjadi pemicu terjadinya mata sembab. Tingginya kadar garam dalam makanan asinan akan menyebabkan penyerapan cairan tubuh dan mengumpulkannya pada kantung mata bagian bawah. Maka, hindari terlalu banyak banyak mengkonsumsi makanan asinan, dan ada baiknya anda memperbanyak konsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur.

– Obat tetes mata

Selain itu, terjadinya mata sembab juga dapat muncul akibat dari kandungan obat tetes mata yang sering kita gunakan. Penggunaan obat tetes mata secara terus menerus dapat menimbulkan masalah pada mata, sebab kandungan steroid dalam obat mata bisa memberikan tekanan kuat pada bola mata, dan membuat mata menjadi tegang. Mata yang tegang ini mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah di kulit sekitar mata menjadi meningkat sehingga membuat mata terlihat sembab dan bengkak.

mata sembab

Itulah beberapa penyebab mata yang dapat menimbulkan masalah pada mata anda seperti mata sembab. Salah satu cara sederhana untuk mengatasi mata sembab adalah dengan cara mengompres mata, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan mengompres mata menggunakan bahan alami dan mudah, yaitu :

  • Kompres Mata dengan Air Dingin

Cara untuk mengatasi mata sembab yang pertama adalah dengan mengompres mata dengan air dingin. Air dingin bisa membantu mengurangi mata sembab tanpa menyebabkan efek samping. Air dingin memberikan efek seperti sendok dingin yaitu melenturkan pembuluh darah yang terlalu kencang pada mata. Selain itu air dingin bisa membuat mata bengkak akan mereda secara alami tanpa menyebabkan bekas. Langkah yang dapat anda lakukan untuk mengompres mata dengan air dingin adalah sebagai berikut :

1. Cuci bersih wajah Anda kemudian keringkan dengan handuk yang lembut. Hindari menggosok dan menekan pada bagian mata.
2. Bungkuslah beberapa buah es batu pada kantung es atau kain yang lembut.
3. Pejamkan mata dan tempatkan kantung es ini pada bagian mata Anda secara lembut. Ingat jangan menekan mata tapi letakkan saja perlahan.
4. Biarkan selama beberapa menit dan sesekali angkat kemudian kedipkan beberapa kali sehingga mata Anda tidak terlalu kaku.
5. Lakukan perawatan ini selama beberapa kali hingga mata menjadi lebih nyaman.

  • Kompres dengan Teh Celup Bekas

Selain dengan air dingin, anda juga bisa mengompres mata dengan teh celup bekas. Jika Anda suka mengkonsumsi teh celup maka jangan buang bekasnya. Teh memiliki sifat menghilangkan iritasi, bengkak dan rasa tidak nyaman pada mata. Selain itu bekas teh celup bisa membantu mengatasi bengkak serta membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih lembut. Bahkan jika mata Anda merah dan pedih maka teh celup ini akan menyembuhkannya sekaligus. Caranya :

1. Ambil teh celup yang baru saja dipakai kemudian masukkan dalam freezer selama kurang lebih 20 menit.
2. Ambil kantung teh celup dan kemudian letakkan pada mata. Lebih nyaman jika Anda melakukan perawatan ini sambil berbaring sehingga lebih santai.
3. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan ulangi lagi.
4. Bersihkan mata dengan air dingin setelah perawatan ini.
5. Cara ini bisa dilakukan setiap pagi untuk menghilangkan sembab dan bengkak dengan lebih cepat.

  • Kompres dengan Masker Kentang

Kentang juga bisa kita gunakan sebagai kompres mata, kentang bisa mengurangi mata sembab dengan cara yang sangat alami. Kentang mengandung zat pati dengan sifat seperti enzim yang ditemukan pada buah mentimun. Pati ini akan bekerja untuk mengurangi iritasi dan bengkak pada bagian mata. Bahkan kentang juga sangat baik untuk menghilangkan bekas mata kehitaman dan kurang nyaman. Caranya :

1. Cuci bersih kentang yang masih segar kemudian hancurkan dengan serutan.
2. Masukkan kentang ke dalam kantung kain yang tipis dan bersih.
3. Letakkan kantung yang berisi kentang ini ke bagian mata selama beberapa menit.
4. Lakukan perawatan selama beberapa kali hingga kantung mata dan mata sembab mulai pulih.

Cara mengatasi mata sembab dengan menggunakan cara mengompres merupakan salah satu pengobatan yang bisa dikatakan sangat mudah, karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Selain dengan mengompres mata, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen alami mata sebagai pengobatan dari dalam untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata, karena pengobatan alami lebih efektif, sebab bahan-bahan alami aman di konsumsi dan tidak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan menggunakan pengobatan yang berbahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *