Cara Mengatasi Mata Sering Kedutan Secara Alami

By | June 15, 2017

Cara Mengatasi Mata Sering Kedutan Secara Alami – Banyak mitos yang mengatakan bahwa mata kedutan merupakan pertanda sesuatu hal yang akan dialami oleh penderitanya baik hal baik atau pun hal buruk. Namun, bagaimana jika secara medis mata kedutan ini merupakan tanda bahwa ada gangguan pada mata anda. Mata kedutan memang bukanlah masalah mata yang serius dan tidak menyakitkan akan tetapi mata kedutan ini dapat membuat penderitanya jengkel dan merasa tidak nyaman. Mata kedutan sendiri terjadi akibat pergerakan sel saraf yang tidak bisa di kontrol. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya mata berkedut adalah kafein, stress, alkohol, merokok, penggunaan gadget, atau bisa juga disebabkan karena masalah mata lain seperti mata kejang, kurang tidur, kelelehan, mata kaku, alergi dan kurang nutrisi pada mata.

Penyebab yang paling sering mengakibatkan mata kedutan adalah kurangnya istirahat atau mata kelelahan. Hal ini dikarenakan otot mata yang kelelahan dan tidak cukup beristirahat akan membuat mata mudah mengalami gangguan. Oleh karena itu, pola tidur harus teratur dan kualitas tidur yang baik dijadikan cara untuk mengatasi mata berkedut yang disebabkan oleh kurang tidur. Selain itu, hindari menggosok mata menggunakan ujung jari, karena dapat memindahkan bakteri atau kotoran yang dapat mengenai mata. Mata kedutan ini biasanya hanya akan menyerang sebelah mata namun ada beberapa kasus mata kedutan juga bisa menyerang kedua mata. Sifat dari keduatan ini adalah sementara serta tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

mata kedutan

Mata kedutan biasa ditandai dengan gejala adanya peningkatan frekuensi kedipan mata dibandingkan ketika mata berkedip dalam kondisi normal, dan bahkan bisa menyebabkan mata tertutup untuk sebentar. Jika mata sampai tertutup, maka akan membutuhkan cukup banyak usaha untuk membukanya. Kedutan ini tidaklah berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi hal bukan menjadi suatu untuk mengabaikan masalah tersebut, karena jika dibiarkan begitu saja hal yang tadinya tidak berbahaya bisa saja menjadi berbahaya jika kondisinya mulai memburuk. Maka, jika anda tidak ingin mata kedutan terus menerus terjadi pada anda, ada baiknya anda mengatasi dan menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan timbulnya kedutan.

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Untuk melakukan pencegahan atau mengatasi mata kedutan kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Dalam kebanyakan kasus, mata kedutan akan hilang dengan sendirinya, namun hal ini tidak cukup membuat mata kedutan kembali lagi, sebab bisa saja mata kedutan kambuh lagi dimana pun dan kapanpun. Maka cara yang paling sederhana untuk mengatasi mata kedutan adalah beristirahat dengan teratur dan mengurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok secara berlebihan karena hal ini dapat membantu mengatasi mata kedutan secara alami dan cepat. Selain itu, jika penyebab mata kedutan adalah stress, cara terbaik untuk mengatasi mata kedutan adalah istirahat dan dinginkan pikiran anda, ada baiknya juga anda harus beristirahat agar stres bisa lebih mudah dikendalikan.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Dan salah satu hal penting untuk mengatasi mata kedutan saat ini adalah kurangi melihat layar alat elektronik seperti smartphone, komputer, laptop dan alat elektronik lainnya karena radiasi dari layar elektronik tersebut sangat mudah sekali membuat mata kering, dan jika mata mengalami kekeringan maka akan mudah mengalami kedutan. Maka, jika anda sedang bermain dengan salah alat eletronik tersebut sebaiknya anda sesekali memejamkan mata dan melihat benda lain disekitar anda atau benda jauh lainnya. Jadi, kita mata kedutan ini tidak berlangsung lama maka anda bisa mengatasi mata kedutan dengan cepat. Namun, apabila mata kedutan berlangsung lama maka ada baiknya anda pergi ke dokter spesialis mata untuk menanyakan dan berkonsultasi mengenai kondisi mata anda.

Salah satu cara yang baik untuk mengatasi mata kedutan adalah mengatur pola hidup sehat dan pola makan yang baik. Pola hidup yang baik seperti beristirahat dengan cukup, rutin berolahraga dan hal sehat lainnya. Sedangan untuk pola makan, anda harus rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur dan jangan terlalu sering makan makanan cepat saji, karena tidak baik jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji pada kesehatan anda. Mata kedutan juga bisa disebabkan karena kekurangan Nutrisi dan vitamin, maka untuk itu mengkonsumsi makanan yang mengandungan nutrisi dan vitamin yang baik terutama pada mata seperti wortel, dan makanan sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *