Cara Menghilangkan Mata Merah Dengan Bahan Alami

By | June 16, 2017

Cara Menghilangkan Mata Merah Dengan Bahan Alami – Hampir setiap orang pastinya pernah mengalami masalah pada matanya, hal ini karena mata sangat sensitif terhadap sesuatu yang dapat mengganggunya seperti adanya benda asing yang mengenai mata atau masalah lain di dalam mata. Masalah mata yang sering sebagian orang alami adalah mata merah, mata merah merupakan masalah paling umum terjadi pada semua orang. Mata merah ini adalah masalah mata yang bisa dikatakan masalah yang masih dalam tingkat rendah atau ringan, karena mata merah terjadi akibat adanya alergi. Namun, selain karena alergi mata merah juga bisa terjadi karena kebiasaan kita mengucek mata saat mata terkena paparan asap atau debu kotor, dan masih banyak lagi penyebab lain yang dapat mengakibatkan mata merah. Akan tetapi, kondisi seperti mata merah ini juga bisa saja berubah arti dari masalah ringan menjadi masalah yang serius, sebab mata merah bisa menjadi tanda awal adanya penyakit mata. Hal ini karena beberapa penyakit mata ada yang memiliki gejala awal mengalami mata merah.

Maka, kita harus tetap berhati-hati dengan masalah mata merah ini, walaupun masalah yang ringan namun jika dibiarkan begitu saja dapat membuat kondisi mata menjadi memburuk. Mata merah juga sering terjadi ketika mata kita mengalami perih dan gatal, dan setelah itu pastinya semua orang akan mengucek mata dengan tangan tanpa peduli dengan kondisi tangan tersebut. Kebiasaan mengucek mata memang sudah menjadi suatu hal yang wajar sebab mengucek mata merupakan respon seseorang terhadap masalah yang menyerang mata. Saat ini paparan debu pastinya mata akan terasa perih dan gatal sehingga respon kita adalah mengucek mata agar gatal dan perih tersebut hilang, akan tetapi setelah mengucek mata hal yang terjadipun sebaliknya mata menjadi merah, berair dan bahkan bengkak. Untuk hindari beberapa hal yang dapat membuat mata mengalami masalah, jika mata gatal dan perih cobalah untuk mencuci mata dengan air dan jangan langsung menguceknya.

mata merah

Mata merah terjadi karena adanya peradangan pada selapu-selaput yang menutupi bagian putih pada mata dan selaput-selaput pada bagian dalam pada kelopak mata. Pada beberapa kasus, mata merah juga disebabkan oleh virus yang sifatnya dapat menular. Karena itu, banyak orang yang tidak mau mendekati seseorang yang mengalami mata merah, hal ini karena orang yang mengalami mata merah dapat menularkan masalah tersebut kepada orang yang memiliki mata normal. Mata merah ini terjadi akibat adanya virus dan bakteri di dalam mata, hal ini jugalah yang membuat mata merah menular, sebab seperti yang kita tahu bahwa virus dan bakteri sangat mudah menyebar dan menular pada orang lain. Kondisi mata merah ini juga dapat membuat aktivitas kita menjadi terganggu, oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan mata merah dengan menggunakan bahan alami, karena dengan menggunakan bahan alami sangat efektif. Bahan alami yang dapat kita gunakan adalah sebagai berikut :

– Bawang Putih

Bahan alami yang pertama untuk menghilangkan mata merah adalah bahan yang sering ditemukan di dapur yaitu bawang putih yang biasa gunakan untuk resep masakan. Namun, bawang puting ini dapat membantu kita dalam menghilangkan mata merah secara alami. Untuk menghilangkan mata merah dengan bawang putih cukup mudah, caranya : siapkan satu siung bawang putih, potong menjadi dua bagian kemudian oleskan potongan tersebut pada kelopak mata seperti ketika menggunakan eye liner. Anda bisa menggunakan cara ini saat menjelang tidur sehingga rasa pedih akibat bawang putih tidak akan begitu terasa. Bawang putih ini berguna sebagai anti inflamasi dan anti peradangan sehingga efektif untuk menghilangkan mata merah.

– Kunyit

Bahan alami yang selanjut untuk menghilangkan mata merah adalah kunyit, semua pasti tahu bahan yang satu ini. Kunyit memang bukan bahan yang asing lagi dalam dunia pengobatan tradisional karena manfaat dan khasit kunyit sangat baik bagi kesehatan. Kunyit juga dapat membantu anda menghilangkan mata merah secara alami, sebab kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Cara menggunakan kunyit adalah anda cukup memotong satu ruas kunyit menjadi beberapa bagian. Selanjutnya rendam potongan kunyit tersebut pada air matang selama 10 menit. Dan anda bisa menggunakan air rendaman kunyit tadi sebagai obat tetes alami mata merah yang efektif dibandingkan dengan menggunakan obat tetes berbahan kimia.

– Daun sirih

Bahan yang satu ini bukan hal yang aneh lagi dalam mengatasi masalah kesehatan mata, karena bahan alami yang satu ini memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk mata. Bahan alami tersebut adalah daun sirih, daun sirih memang dikenal dapat membantu menurunkan mata minus, namun daun sirih juga dapat membantu menghilangkan mata merah secara alami, caranya anda cukup merendam daun sirih pada air panas. Tunggu hingga air tersebut dingin kemudian gunakan air tersebut untuk membersihkan mata merah. Cara lainnya, anda bisa merebus 4 sampai 5 lembar daun sirih kemudian menggunakan air rebusan daun sirih yang sudah dingin tersebut untuk membersihkan mata.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan mata merah dengan aman dan tanpa efek samping. Selain menggunakan bahan alami, kita juga perlu melakukan cara lain untuk mengimbangi masalah mata timbul lagi, salah satu cara yang baik untuk mengimbanginya adalah dengan pola hidup sehat, hindari aktivitas yang dapat merusak mata. Saat ini banyak orang sudah mengetahui penyebab rusaknya mata, maka dari itu cobalah untuk menyadarinya dan melakukan pencegahan sejak dini, karena jika mata sudah mengalami masalah atau penyakit maka sangat merugikan bagi kehidupan kita baik sekarang maupun nanti saat tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *