Cara Mengobati Penyakit Syaraf Mata Secara Tradisional

By | April 27, 2017

Cara Mengobati Penyakit Syaraf Mata Secara Tradisional – Syaraf mata merupakan kumpulan syaraf-syaraf yangg memiliki peran penting dalam sistem penglihatan manusia. Syaraf mata juga penting dalam kehidupan manusia, karena meskipun kita mempunyai mata, tetapi jika syaraf mata kita putus tentunya saja ini tidak akan ada gunanya. Mata sangatlah penting dalam penglihatan kita, syaraf bertanggung jawab terhadap manusia adalah syaraf optikus. Syaraf optikus adalah kumpulan jutaan serat syaraf yang membawa pesan visual dari retina ke otak. Rangsangan berupa cahaya bisa di interprestasikan di otak melalui syaraf optikus. Berarti syaraf optikus mengubah cahaya menjadi struktrur kimia atau listrik agar bisa dihantarkan ke sistem syaraf pusat (otak). Bagian mata yang mengandung saraf optikus adalah pada bagian retina.

Retina mengandung saraf-saraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitif adalah makula, yang memiliki ratusan ujung saraf. Banyaknya ujung saraf ini menyebabkan gambaran visuil yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebut menjadi gelombang listrik yang oleh saraf optikus dibawa ke otak. Saraf optikus menghubungkan retina dengan cara membelah jalurnya. Sebagian serat saraf menyilang ke sisi yang berlawanan pada kiasma optikus (suatu daerah yang berada tepat di bawah otak bagian depan). Kemudian sebelum sampai ke otak bagian belakang, berkas saraf tersebut akan bergabung kembali.

sakit syaraf mata

Saraf mata membawa sinyal yang berasal dari mata menuju kebagian belakang otak. Pada struktur otak yang disebut optic chiasm, setiap saraf membelah dan sebagian saraf melintang diatas yang lainya. Kerusakan pada saluran saraf mata ini menyebabkan pola khusus gejala saraf mata putus yang mempengaruhi penglihatan tergantung didaerah mana kerusakan terjadi. Jika saraf mata rusak diantara bola mata dan chiasm, maka bisa menyebabkan kebutaan. Sedangkan jika chism mata yang rusak, maka mata kanan akan kehilangan pandangan dibagain sebelah kanan pada bidang penglihatan dan mata kiri kehilangan pandangan sibelah kiri bidang penglihatan. Tanda-tanda gejala penyakit ini diawali dengan penglihatan yang kabur, kemudian tiba-tiba kembali jernih atau terlihat lingkaran disekitar sumber cahaya.

Gejala saraf mata terjadi dikarenakan cairan mata terhambat keluar menyebabkan saraf mata bengkak. Hal ini membuat bagian belakang bola mata tertekan sehingga saraf mata terjepit. Akibatnya saraf tidak mendapatkan cukup aliran darah sehingga membuat sraf mata menjadi rusak dan putus. Penyebab umum saraf adalah adanya tumor pada kelanjar pitutry yang menekan saraf tersebut. Untuk mengobati gejala penyakit ini, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Umumnya, dilakukan dengan operasi penyambungan kembali saraf mata, namun hal ini tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak murah dan tidak sepenuhnya operasi ini akan berhasil, ditambah dengan obat kimia yang memiliki efek samping yang berbahaya, tentunya hal tersebut tidak menjamin mata anda normal kembali.

Namun, untuk solusi yang aman sebagai pengobatan syaraf mata putus, ada baiknya anda menggunakan tanaman alami untuk dibuat ramuan. Di indonesia banyak tanaman yang bisa dipakai dan digunkan untuk obat sakit mata salah satu yang paling terkenal adalah daun sirih, namun ternyata masih banyak daun dan tumbuhan lainnya yang bisa dijadikan obat mata tradisional misalkan saja daun dewa. Berikut Khasiat dari daun sirih dan daun dewa untuk mata, yaitu :

– Daun Sirih

Mengobati mata dengan daun sirih ini cukup mudah dan aman, karena tidak akan menimbulkan efek samping, untuk itu cara membuat ramuan dari daun sirih yaitu ambil daun sirih muda dan segar 3-5 lembar, dicuci kemudian direbus. Setelah mendidih dinginkan dan dimasukkan kedalam wadah (baskom atau wadah lainnya). Setelah itu masukkan rebusan air itu ke dalam mata dan mata dikedip-kedipkan. Cara seperti ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dan bahan seperti daun sirih ini juga sangat mudah anda dapatkan serta tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkannya.

– Daun Dewa

Daun dewa ini bisa menghancurkan pembekuan darah di pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Bagi penderita gangguan pada mata yang pernah mengalami kecelakaan di bagian kepala, bisa menggunakan daun dewa yang dikombinasikan dengan umbi dewa. Cara membuat ramuannya cukup yaitu dengan cara merebus 3-4 lembar daun dewa ditambah dengan 15-30 gram umbinya dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Air rebusnya diminum 2-3 kali sehari. Daun dewa juga bisa digunakan untuk mengobati kebutaan pada mata yang cukup lama dengan alami dan aman.

Itulah cara mengobati syaraf mata dengan tradisional, namun setiap orang pastinya memiliki cara lain untuk mengobati masalah pada mata, dan juga masih banyak bahan alami lainnya yang dapat mengobati syaraf mata putus ini tergantung dengan pengobatan daerahnya masinng-masing. Cara sederhana seperti ini biasanya dilakukan sebelum mereka melakukan operasi, hal ini bisa membantu mengurangi gejala sakit mata, namun jika tidak kunjung membaik tentunya akan melakukan operasi. Selain itu, jika anda mengkonsumsi obat sakit mata, sebaiknya anda mengkonsumsi suplemen alami mata untuk menutrisi mata dengan baik dan aman dibandingkan dengan obat kimia yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *