Cara Mengurangi Dampak Sinar Biru Pada Mata

By | August 30, 2018

Cara Mengurangi Dampak Sinar Biru Pada Mata – Sinar biru yang dihasilkan oleh beberapa barang elektronik seperti gadget, komputer, laptop, atau barang elektronik lainnya ternyata dapat merusak kesehatan terutama pada mata tepatnya di bagian retina. Mata merupakan adalah organ tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia baik itu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari atau aktivitas harian lainnya.

Sinar biru yang masuk menembus retina bisa membuat lapisan mata tersebut mengalami degenerasi makula atau penurunan penglihatan yang biasanya di alami beberapa tahun ke depan. Hal inilah yang mengakibatkan banyak orang menggunakan kacamata. Namun, selain memiliki dampak negatif, sinar biru ini juga sebenenarnya memiliki manfaat dalam meningkatkan perhatian dan mood seseorang, akan tetapi jika terlalu sering terpapar sinar biru maka akan berdampak negatif bagi kesehatan.

Di zaman modern seperti saat ini memang sangat sulit rasanya untuk melepas barang eletronik seperti gadget pada keseharian kita. Hal ini di karenakan penggunaan gadget sudah merupakan salah satu kebutuhan hidup sehingga dari mulai bangun tidur sampai kita tidur pun gadget atau barang eletronik selalu kita gunakan. Hampir setiap orang baik itu kaum muda, para orang tua, atau bahkan anak kecil pun kini sudah menggunakan barang elekronik.

bahaya sinar biru

Paparan langsung sinar biru dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan degenerasi makula, hal ini lah yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral atau kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan kita. Dampak dari rusaknya makula secara jangka panjang bisa menybabkan timbulnya kematian sel retina dan menyebabkan penyakit pada mata. Maka dari itu, kita semua harus bisa merawat dan menjaga kesehatan mata dengan baik dan mengurangi dampak sinar biru pada mata.

Untuk mengurangi dampak negatif dari sinar biru barang elekronik, ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi dampak sinar biru pada mata secara alami :

– Atur Jarak Pandang

Cara yang pertama merupakan hal yang sering kita abaikan namun sangat bermanfaat untuk mengurangi dampak paparan sinar biru pada mata, ketika menggunakan barang elektronik seperti gadget atau laptop sebaiknya anda mengatur jarak pandang sekitar 15 inchi ( kurang lebih 30cm ). Jarak tersebut merupakan jarak yang baik untuk mengurangi dampak sinar biru pada mata. Posisikan juga gadget sejajar dengan arah pandang ke depan, sehingga tidak membuat mata atau leher tertunduk saat menggunakannya.

– Kurangi Penggunaan Barang elektronik saat anda akan tidur

Salah satu hal yang sering kita lakukan dan menjadi suatu kebiasaan adalah sering menggunakan gadget saat kita akan tidur, hal ini sangat lah berbahaya jika dilakukan secara terus menerus, jauhkan diri Anda dari gadget apapun minimal sejam sebelum tidur, hal ini bertujuan agar mata mendapatkan istirahat yang baik. Cara ini bisa membantu Anda lebih mengontrol penggunaan gadget setiap harinya.

– Pakai Lapisan Pengaman Pada Gadget Anda

Jika kasusnya gadget tidak memiliki lapisan pelindung layar seperti Corning Gorilla glass atau lapisan pelindung layar lainnya yang memiliki fitur anti silau, maka anda bisa membeli sendiri lapisan anti silau dan taruh secara hati-hati di layar gadget. Hal ini bisa mengurangi kesilauan layar. Dan jika anda memakai kacamata, maka anda juga bisa melapisi kacamata dengan lapisan anti silau.

– Atur Pola Makan Dengan Baik

Hal yang sangat penting dalam merawat dan menjaga kesehatan tubuh terutama pada mata adalah dengan memilih makanan yang baik agar dapat memenuhi nutrisi yang cukup. Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan omega-3 sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Seperti kita ketahui makanan yang sangat baik bagi mata adalah wortel, apluket, anggur, tomat, pepaya, kacang-kacangan, ikan dll.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak sinar biru pada mata, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan mata seperti rutin memeriksa kesehatan mata. Namun, yang terpenting kita harus merawat dan menjaga kesehatan mata sejak dini dan hindari kebiasaan yang dapat merusak mata, karena mata merupakan aset yang berharga dalam kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *