Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Agar Tidak Mudah Rusak

By | May 1, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Agar Tidak Mudah Rusak – Untuk menjaga kesehatan mata bukan hanya untuk para orang dewasa dan orang tua saja, kesehatan mata juga harus tetap dijaga saat kita masih anak-anak, karena menjaga kesehatan mata sedini mungkin merupakan cara terbaik untuk membuat mata kita sehat dan bersih. Anak-anak memang sangat mudah mengalami masalah pada kesehatan tak terkecuali kesehatan mata. Anak sering kali tidak mementingkan kesehatan tubuh dan juga matanya, untuk itu anak mudah mengalami masalah pada kesehatannya. Aktivitas yang dapat membuat mata rusak dan juga mengalami masalah pun dapat terjadi karena anak tidak bisa membatasi aktivitas tersebut dengan baik dan benar. Maka tidak heran apabila masalah kesehatan sering kali terjadi saat kita masih anak-anak.

Untuk menghindari masalah pada mata, kita sebagai orang tua sangat dianjurkan untuk memperhatikan kesehatan mata anak dengan baik, karena orang tua diwajibkan untuk menjaga kesehatan mata buah hatinya agar tidak mengalami kerusakan atau juga mengalami sakit mata. Sebab jika mata anak mengalami kerusakan atau sakit tentunya akan membuat aktivitas anak menjadi terganggu atau kualitas belajar anak menjadi menurun akibat mata mereka mengalami masalah. Mata merupakan indera penglihatan yang sangat berperan aktif dalam kehidupan seseorang, maka dari itu jika mata pada anak mengalami masalah tentunya akan membuat anak kehilangan semangat untuk hidup. Dan apabila mata anak rusak atau cacat permanen, maka anak-anak kita tidak akan bisa melakukan banyak hal dibandingkan dengan anak-anak lain yang sehat matanya dimasa depan nanti.

kesehatan mata anak

Sebelum merawat dan menjaga kesehatan mata anak, kita sebagai orang tua juga harus tahu apa saja yang dapat membuat mata anak mengalami masalah, ada beberapa aktivitas yang selalu di lakukan anak yang dapat membuat mata mengalami kerusakan, berikut ini beberapa kebiasaan atau aktivitas anak yang dapat merusak mata, yaitu :

– Kebiasaan menonton tv, main game di komputer dan ponsel

Kebiasaan seperti menonton tv dan main game merupakan salah satu kebiasaan anak-anak sekarang, karena di jaman modern seperti ini sebagian besar anak lebih suka melakukan kebiasaan ini setiap hari. Namun, hal tersebut tentunya dapat membuat mata anak mengalami masalah, menonton tv dan main game terlalu lama pastinya dapat membuat mata anak menjadi cepat lelah, berair, merah atau bahkan bengkak. Untuk itu batasi anak anda saat menonton tv dan main game.

– Kebiasaan membaca dalam posisi yang salah

Kebiasaan yang selanjutnya adalah anak sering kali membaca buku, komik dengan posisi yang salah. Posisi yang salah tersebut dapat merusak mata anak. Kebiasaan seperti membaca sambil tidur, membaca dalam ruangan yang kurang cahaya, jarak pandang membaca yang dekat, hal ini tentunya dapat mempermudah mata mengalami kerusakan. Untuk itu, ajarkan anak untuk membaca dengan posisi yang benar jarak pandang yang benar sekitar 30cm dan sesekali berhentu membaca setiap 60 menit sekali.

– Keturunan

Namun, selain kebiasaan anak yang dapat merusak mata, masalah mata juga bisa menyerang anak karena mereka memiliki keturunan dari orang tua mereka yang lebih dulu membuat masalah mata. Faktor keturunan juga dapat menyebabkan mata anak mudah rusak. Misalnya saja jika orang tua mereka mempunyai riwayat mata minus bukan tidak mungkin mata minus tersebut kelak bisa dialami oleh anaknya nanti.

Itulah beberapa hal yang dapat merusak mata anak, dari penyebab diatas kita bisa melakukan pencegahan dan menghindari kebiasaan buruk anak anda tersebut. Beberapa cara yang bisa kita terapkan pada anak untuk menjaga kesehatan mata, walaupun dengan cara yang sederhana tapi setidaknya kita masih memperhatikan kesehatan anak dengan baik, berikut cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah rusak, diantaranya :

  • Asupan makanan yang sehat

Cara yang sederhana untuk membuat mata anak tetap sehat dan bersih yaitu dengan cara memberikan anak asupan makanan yang sehat dan bergizi, karena kebutuhan gizi dan nutrisi yang baik dari dalam juga sangat membantu mata anak untuk terhindar dari kerusakan. Asupan nutrisi dan gizi seperti buah dan sayur sangat penting bagi mata, makanan sehat yang mengandung Vitamin A merupakan makanan yang harus anda berikan pada anak. Selain makanan seperti buah dan sayur, anda juga bisa memberikan suplemen alami mata untuk membuat merawat menjadi lebih praktis.

  • Perhatikan kondisi mata

Untuk menjaga kesehatan mata anak, anda juga disarankan selalu memperhatikan kondisi mata anak dengan baik. Karena kondisi mata anak anda sering kali mengalami perubahan setelah mereka bermain diluar. Kondisi mata anak yang dapat kita lihat adalah mata anak menjadi merah, berair, dan bengkak, hal ini tentunya akibat mereka bermain diluar. Kondisi mata yang berubah seperti warna mata menjadi merah diakibatkan karena anak kita terlalu sering mengucek dan menggosok mata. Kebiasaan mengucek mata ini merupakan respon anak karena mata mereka terkena benda asing atau debu, untuk menghindari kondisi mata seperti ini ajarkan anak untuk membersihkan mata dengan cara memcuci mata dengan air.

  • Gaya hidup

Selain cara diatas, salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan mata adalah menerapkan gaya hidup yang baik. Seperti yang dijelaskan diatas tentang kebiasaan anak yang saat ini telah mengenal gadget-gadget canggih seperti ponsel, laptop, dan teknologi lainnya, hal ini membuat mereka menjadi pecandu game dalam gadget tersebut dan sering kali lupa waktu makan dan belajar mereka. Anak-anak mengenal teknologi itu penting tetapi sebagai orang tua anda harus membatasi hal tersebut dan melarang mereka apabila berlama-lama didepan layar gadget maupun ponsel karena bisa merusak mata mereka.

Beberapa cara diatas mungkin hanya sebagian, karena setiap orang tua yang baik tentunya ingin memberikan yang terbaik kesehatan anaknya, namun tidak semua orang tua sadar akan kesehatan anaknya, sering kali para orang tua membiarkan anaknya bermain dengan sesukanya tanpa ada batasan dan pengawasan dari orang tua. Hal ini pasti akan berdampak pada pertumbuhan anak. Maka, terapkan pola hidup sehat sedini mungkin agar kesehatan mata anak anda tidak mudah mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *