Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital

By | June 25, 2018

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Di Era Digital – Mata adalah salah satu organ panca indra manusia yang memiliki peran penting bagi tubuh seseorang dalam menjalani suatu aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Saat ini di berada di era serba modern atau bisa juga di sebut dengan era digital, dimana setiap orang pastinya memiliki alat modern seperti handphone, komputer, laptop dan alat canggih lainnya. Di era digital seperti sekarang ini memang sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan bahkan mempermudah komunikasi kita dengan orang lain secara praktis dan cepat. Akan tetapi, dibalik manfaat di era digital ini, ada dampak buruk juga bagi kesehatan seseorang terutama bagi anak-anak.

Anak-anak zaman sekarang sangat lekat atau terbiasa dengan gadget, handphone, dll. Hal ini justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan anak terutama pada mata anak, memang para orang tua memberikan gadget atau handphone untuk membuat sang anak merasa betah main di rumah dan tidak harus bermain keluar rumah yang membuat para orang repot. Akan tetapi, hal yang menurut sebagian para orang tua mudah dan praktis dalam mengasuh anak ini sangat berisiko bagi kesehatan anak. Si kecil biasa nya bermain game dalam gadget dan membuat mereka betah untuk berlama-lama dirumah jadi para orang tua bisa dengan santai mengerjakan pekerjaan rumah tanpa ada gangguan dari si kecil.

Menjaga Kesehatan Mata Anak dengan Alami Dan Mudah

era digital

Dampak buruk yang bisa timbul akibat anak bermain gadget adalah terganggunya kesehatan mata, untuk itu para orang tua juga perlu memperhatikan kesehatan mata anak karena gadget memiliki sinar layar yang dapat merusak penglihatan anak, sebagian besar saat ini anak anak mudah sekali mengalami gangguan pada mata sehingga banyak anak yang menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan. Ada beberapa hal mudah yang dapat bunda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak tetap terjaga, antara lain :

– Penuhi Nutrisi Anak Dengan Buah-buahan Dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran bukanlah hal yang asing lagi bagi kesehatan tubuh anak, hal ini karena buah dan sayuran memiliki manfaat dan kandungan yang dapat membantu anak mendapatkan nurtisi yang cukup bagi kesehatan tubuh terutama pada mata. Salah satu sayuran yang terkenal dapat membantu penglihatan pada mata adalah wortel, karena wortel mengandungan beta-karoten, vitamin B6 dan CKalsium, Fosfor, kalium, pektin, dan serat. Tapi selain wortel ada juga beberapa sayur yang juga baik untuk mata, yaitu brokoli dan sayur bayam. Dan buahan yang baik untuk mata adalah alpukat dan blueberry, buah-buahan ini mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6. Maka untuk itu bunda harus memastikan atau membuat sang anak rutin mengkonsumsi makanan sayuran dan buah-buahan tersebut supaya mata anak tetap terjaga.

– Jarak Pandang

Hal kecil yang berdampak besar pada penglihatan anak yang suka bermain gadget adalah jarak pandang mata anak pada layar gadget tersebut. Jarak aman antara mata dan layar gadget adalah sekitar 30-40 cm dan usahakan juga posisi gadget berada lebih rendah dari posisi mata, yaitu membentuk 15°. Untuk itu bunda harus mengatur jarak pandang anak yang suka bermain gadget.

– Batasi Wakktunya

Penting bagi bunda untuk tetap memperhatikan penggunaan gadget pada anak, Waktu untuk anak menggunakan gadget adalah total nya 2 jam sehari. Jika anak terlalu lama menatap layar gadget bisa membuat mata kering, dan saat mata kering secara otomatis anak akan menyentuh matanya atau mengecek matanya. Padahal kuman dan bakteri sangat mudah masuk ke tubuh melalui mata, ajarkan anak untuk membilas mata mereka dengan air bersih atau menggunakan obat tetes mata. Dan perbanyak frekuensi kedipan mata agar mata tidak kering. Lalu berikan jeda tiap 30 menit sekali atau kurang dari itu agar mata anak bisa beristirahat selama beberapa menit.

– Perhatikan posisi Anak saat bermain gadget

Jangan biarkan anak menggunakan gadget mereka dalam posisi tidur, karena tanpa di sadari jarak pandang ke gadget makin lama akan makin dekat karena tangan akan lelah menopang gadget pada posisi yang sama. Dan juga pada posisi tiduran mata anak harus menghadap ke atas, hal ini bisa membuat otot mata bekerja lebih keras.

Itulah beberapa hal sederhana yang dapat bunda perhatikan dalam menjaga kesehatan mata anak, dan penting juga bagi para orang tua untuk mengajarkan anak agar rutin memeriksakan mata ke dokter, hal ini agar mereka tau kondisi mata mereka dengan cepat sehingga dengan begitu para orang tua bisa langsung tau apa yang harus dilakukan dan mengikuti saran dokter.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Di era digital seperti sekarang memang sudah menjadi hal yang sering ditemukan jika para anak bermain gadget, ini karena saat ini sudah memasuki jaman dimana semua hal bisa di dapatkan dengan mudah, namun tentu hal ini juga tidak baik bagi kesehatan jika penggunaannya tidak batasi. Mungkin saat ini sang anak tidak mengalami apa apa, tapi 1 atau 2 tahun kemudian kesehatan anak akan mengalami suatu penurunan atau bahkan gangguan yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *