Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Pada Mata

By | April 21, 2016

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Pada Mata. Kesehehatan mata memanag harus di jaga agar tetap melihat keadaan lingkungan dan juga pemandangan yang indah. bagai mana jadinya jika mata tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, pasti sangat tidak nyaman dan tidak enak. Mata merupakan salah satu dari 5 panca indra yang penting di miliki manusia.Kurang perhatian terhadap kesehatan mata terkadang sering kali dilakukan oleh setiap orang dengan perilaku dan gaya hidup yang sangat tidak menguntungkan bagi kesehatan mata.

Screenshot_1Kurang peduli dengan kesehatan mata akan berdampak pada timbulnya berbagai penyakit mata yang bisa saja terjadi kepada kita. Contohnya adalah iritasi, rabun jauh, rabun dekat, miopia, katarak, buta dan lain sebagainya hingga penyakit berat lainnya. Penyakit-penyakit pada mata di sebabkan oleh berbagai alasan dan juga perilaku yang kurang baik seperti membaca buku terlalu dekat, membaca sambil berbaring dan kebiasaan yang mungkin tidak disadari dalam berakibat buruk pada mata. Dengan merubah kebiasaan buruk tersebut merupakan langkah utama dalam cara merawat kesehata mata yang bisa di lakukan.

Baca Juga : Gangguan Penyakit Saraf Mata

Dengan memiliki mata yang sehat dan ceria maka segala aktivitas yang memanfaatkan kegunaan mat bisa dengan lancar di jalani. Selain itu, selalu bersukur kepada tuhan karena memiliki mata yang sehat dan lengkap juga akan memotivasi setiap orang untuk selalu mencari cara merawat mata dengan baik dan mudah di lakukan sendiri.

Makanan Membantu Kesehatan Mata :

  • Brokoli
    Makanan lainnya adalah olahan dari brokoli. Hal ini karena brokoli mengandung vitamin C, lutein, zeaxanthin, kalsium ,dan sulforaphane.
  • Salmon
    Ikan salmon diangap sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung omega-3 yang akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruh termasuk mata.
  • Bayam
    Bayam tidak hanya akan zat besi, sayur bayam juga kaya zat vitamin A yang mana memang vitamin untuk kesehatan mata.
  • Kubis
    Kubis juga bisa menjaga kesehatan mata karena kaya akan vitamin A, Lutein, dan Zeaxanthin.
  • Tomat
    Tomat memiliki vitamin C dan lycopne yang tinggi dalam tomat sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata.
  • Telur
    Telur mempunyai zat gizi yang sangat banyak seperti vitamin A, D, B12, lutein, lecitihin, zinc dan cysteine.
  • Biji Bunga Matahari
    Biji bunga matahari meruapakan cemilan yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan ternaya biji bunga matahari sangat bagus untuk kesehatan mata karena mengandung selenium yang mana memiliki kemamapuan untuk mencegah katarak dan penyakit mata lainnya.
  • Wortel
    Wortel sudah menjadi pengatahuan yang sangat umum bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena Vitamin A yang di kandung sangat tinggi.
  • Alpukat
    Buah alpukat menjadi pengathuan yang sangat umum bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena alpukat juga mengadung lutein yang bisa mencegah katarak dan degenerasi makula mata.
  • Bawang Putih
    Bawang putih memiliki kandungan selenium, vitamin C, dan quercetin yang terdapat dalam bawang putih akan memberikan pengaruh postif pada kesehatan mata.

Merawat kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata merupakan tanggung jawab masing-masing indvidu sendiri karena yang akan merasakan kenyamanan dengan yang sehata adalah diri sendiri. Berikut ini adalah cara merawat kesehatan mata dengan baik dan juga mudah.

Hindari membaca buku terlalu dekat, Membaca buku terlalu dekat akan menyebabkan penyakit miopia atau rabun dekat. Jakarak normal membaca buku adalah kurang lebih dari 30 Cm dari mata. Selain itu, hindari membaca dalam keadaan tidur karena akan merusak penglihatan yang menyebabka miopia.

Hindari membaca atau belajar dengan cahaya yang kurang atau rdeup karena akan membuat mata cepat lelah dan yang pasti tidak baik untuk kesehatan mata.
Hindari mentap komputer dan yang lainnya terlalu lama karena akan membuat mata menjadi lelah. kalupun harus mengunakan perangkat komputer dengan waktu yang lama paling tidak ada jeda untuk mengistirhatakan mata sejenak.

Hindari mungucek mata dengan tangan yang tidak terjamin kebersihannya bisa membuat mata menjadi iritasi atau infeksi pada mata.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Saraf Mata Yang Rusak

Cara Menjaga Kesehatan mata

  1. Konusmsi buah dan sayur-sayuran dalam jumlah banyak
  2. Hindari pemakaian lensa kotak (softlens) selama lebih dari 19 jam
  3. Kurangi menggunkan obat tetes
  4. Pakai masker mentimun
  5. Pakai kacamata hitam pelindung sinar UV
  6. Jangan membaca dalam keadaan ruangan yang gelap atau redup

Itulah beberapa cara merawat mata dan menjaga mata yang bisa anda terapkan sendiri dengan mudah, karena semuanya menggunkan bahan alami jadi caranya tentu aman. Semoga yang kami samapikan di atas bermanfaat bagi anda semua 🙂