Cara Merawat Mata Agar Minus Tidak Bertambah

By | April 26, 2017

Cara Merawat Mata Agar Minus Tidak Bertambah – Mata merupakan organ penglihatan yang mendeteksi cahaya, mata juga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting karena mata sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari manusia, dan cara kerja mata yang sederhana salah satunya hanya untuk mengetahui apakah lingkungan sekitar dalam keadaan gelap atau terang. Sedangkan fungsi mata yang lebih kompleks adalah untuk memberikan pengertian visual. Mata manusia sangat rentan mengalami gangguan atau masalah baik itu ringan maupun berat. Mata sendiri bekerja aktif dalam kegiatan kita sehari-hari, oleh karena itu mata sangat mudah mengalami gangguan. Untuk menghindari masalah pada mata kita harus bisa merawat dan menjaga mata dengan baik. Salah satu masalah atau gangguan mata yang akan kita bahas adalah mata minus. Mata minus sendiri adalah kondisi penglihatan dimana objek yang letaknya jauh terlihat suram atau kabur namun objek yang letaknya dekat, masih dapat jelas terlihat.

Mata minus ini bisa berkembang secara pelan atau juga bisa secara cepat. Kadang kondisi seperti ini bisa menjadi parah saat seseorang mengalami ketika masih anak-anak dan sangat beresiko ketika ia beranjak dewasa. Mata minus ini bisa dipicu oleh kebiasaan atau kegiatan kita sehari-hari seperti membaca tulisan, nonton tv, main game, kerja dengan komputer atau kebiasaan menggunakan ponsel dengan jarak pandang yang terlalu dekat dan bila kebiasaan ini masih saja dilakukan maka lama kelamaan mata akan mengalami masalah, bisa minus atau juga plus. Penyebab mata minus juga bisa terjadi apabila anda tingga di daerah yang padat, sehingga mata terbiasa melihat dengan jarak yang dekat dan untuk melihat jarak jauh menjadi jarang, dalam waktu yang lama kontraksi mata menjadi tidak responsif ketika melihat benda yang jaraknya jauh.

cara mengurangi minus mata

Selain karena hal diatas, mata minus juga bisa terjadi akibat anda kekurangan vitamin untuk kesehatan mata seperti buah dan sayuran hijau, khususnya makanan yang mengandung vitamin A, betakaroten serta zat antioksidan. Jadi perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, blueberry, dan makanan sehat lainnya yang mengandung vitamin A. Mata minus ini jika dibiarkan saja tanpa ada tindakan apapun akan membuat  penglihatan pada mat anda menjadi buruk atau bahkan bisa saja mengalami kebutaan. Untuk itu cobalah untuk merawat mata minus anda dengan baik agar minus yang anda alami tidak bertambah parah. Cara sederhana sebenarnya bisa anda lakukan untuk merawat mata minus agar tidak bertambah besar. Cara merawat mata minus agar tidak bertambah bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat, seperti :

– Rutin cek mata

Merawat mata minus agar tidak bertambah adalah dengan cara mengecek mata anda secara rutin agar anda bisa mengetahui sejauh mana minus yang anda alami. Dan apabila mata anda mengalami masalah seperti mata minus sebaiknya anda segera melakukan pengobatan dan berkonsultasi langsung dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan anda untuk memakai kacamata sesuai dengan minus yang anda alami. Cara sederhana ini bisa anda lakukan walaupun anda sendiri tidak mengalami masalah mata, karena mengecek kondisi mata secara rutin dan teratur adalah langkah yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda.

– Kurangi beberapa kegiatan yang dapat merusak mata

Untuk merawat mata minus juga anda harus bisa membatasi atau mengurangi kegiatan yang dapat membuat mata anda bermasalah, kegiatan yang biasa anda lakukan setiap hari yang dapat membuat mata menjadi terganggus seperti bermain komputer terlalu lama dan dekat, membaca di tempat yang memiliki cahaya yang redup, menonton terlalu lama dan jarak yang dekat, kegiatan seperti ini tentu bisa membuat mata anda menjadi rusak, apalagi jika anda memiliki mata minus tentunya akan membuat minus anda menjadi bertambah dan akan membuat kondisi minus anda parah sehingga dapat mengakibatkan kebutaan mata.

– Latihan atau olahraga mata

Cara selanjutnya yaitu dengan melatih dan mengolahragakan mata anda secara rutin. Hal ini harus sering anda lakukan guna mencegah minus mata naik bahkan dapat mengurangi minus mata. Cara paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk melatih mata anda adalah dengan melihat benda objek luas dan jauh, hal ini bagus untuk merangsang otot mata.

Beberapa cara merawat mata minus seperti diatas hanyalah sebagain, setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing untuk membuat mata minus tidak bertambah, namun cara yang paling penting dilakukan ketika mata mengalami masalah adalah Mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan yang bisa membuat mata mengalami kelelahan. Karena mata juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk membuat fungsi mata bekerja secara optimal. Selain itu juga anda bisa Mengonsumsi suplemen alami mata yang mengandung nutrisi untuk mata supaya kesehatan mata masih terjaga. Pola hidup sehat, pola tidur teratur, dan pola makan yang sehat juga sangat berpengaruh pada kesehatan mata anda, untuk itu terapkan selalu pola hidup sehat sejak dini, agar mata anda terawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *