Cara Merawat Mata Agar Tidak Minus Secara Alami

By | April 26, 2018

Cara Merawat Mata Agar Tidak Minus Secara Alami – Mata minus atau dalam istilah medis dikenal dengan nama miopia merupakan kondisi yang membuat penglihatan mata terganggu terutama kesulitan melihat benda atau objek yang jaraknya jauh. Gangguan mata ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat sebab gangguan mata minus sering menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini dikarena kan sebagian besar masyarakat tidak memperhatikan kesehatan mata dan akan menyadarinya ketika sudah mengalami gangguan pada matanya.

Mata minus sendiri terjadi akibat kesalahan bias, dimana mata tidak dapat membiaskan cahaya dengan benar ke titik fokus tunggal untuk dapat melihat gambar atau objek dengan jelas. Pada kondisi mata normal, gambar difokuskan ke retina di belakang mata, namun pada kasus mata minus titik jatuh pendek dari retina sehingga penderita dapat melihat benda atau objek dekat lebih jelas, tetapi objek yang jauh akan tampak kabur.

mata tidak minus

Penyebab dari mata minus ini memang tidak sepenuhnya di pahami oleh sebagian besar masyakarat terutama anak-anak, akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk memiliki mata minus seperti faktor keturunan dan stres mata atau mata yang kelelahan. Selain itu agar anda lebih mengetahui tentang gangguan mata ini, anda juga perlu mengetahui beberapa gejalanya, seperti :

– Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat.
– Memicingkan mata saat melihat sesuatu.
– Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan.
– Perlu duduk dekat dengan papan tulis (miopia pada anak) untuk melihat jelas.
– Ketika menonton televisi harus dekat agar dapat terlihat jelas.
– Mata terasa tegang.
– Mata terasa lelah.
– Sakit kepala.
– Sering mengucek mata.
– Mata sering berkedip.

Jika gejala diatas sering anda rasakan atau anda alami, maka sebaiknya anda memeriksakan mata anda ke dokter spesialis mata agar anda dapat mengetahui kondisi mata anda apakah mengalami gangguan atau tidak. Jika ternyata mata Anda sudah telanjur mengalami gangguan mata minus, maka Anda bisa melakukan beberapa terapi seperti menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Kacamata adalah salah satu cara termudah dan teraman untuk mengoreksi mata minus. Namun, pada kacamata untuk minus yang berat, pandangan pada bagian tepi bisa terjadi distorsi penglihatan. Lensa kontak tidak memiliki kekurangan tersebut, namun pemeliharaanya relatif lebih rumit dibandingkan kacamata.

Cara Merawat Mata Agar Tidak Minus

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, sebab mata merupakan organ manusia yang berperan aktif dalam keseharian manusia, oleh sebab itu rawat mata sebaik mungkin agar mata dapat tepat sehat dan melihat dengan sehat baik itu jarak jauh atau dekat. Berikut ini ada beberapa cara merawat mata agar tidak minus secara alami antara lain :

– Menjaga asupan makanan

Jenis asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kesehatan tubuh, termasuk cara menjaga kesehatan mata. Untuk itu, sangatlah penting untuk selalu mengkonsumsi jenis-jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung kebutuhan nutrisi yang baik bagi mata seperti wortel, pisang, pepaya, dan jenis lainnya. Selain itu, membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat juga sangatlah penting dalam menjadi mata agar tetap sehat. Asupan karbohidrat yang berlebih dapat mengurangi tingkat ketajaman mata anda.

– Hindari kebiasaan buruk terhadap mata

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan terhadap mata seperti menatap layar komputer terlalu berlebihan atau hal lainnya akan berdampak pada stresnya mata kita. Stress mata terjadi karena otot-otot mata menjadi tegang akibat aktivitas atau kegiatan yang memaksa mata untuk melihat dengan jarak yang dekat, seperti pada saat membaca, menonton tv, main video game, menatap layar komputer, maupun aktivitas lainnya. Cara menjaga mata agar tidak minus dan tetap sehat, ada baiknya jika menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

– Hindari kebiasaan mengucek mata

Kebiasaan mengucek mata dapat berakibat pada timbulnya gangguan gejala mata minus. Dimana bahaya mengucek mata yang sering dilakukan, akan memberikan tekanan tersendiri pada mata, terutama bagian retina.

– Suplemen kesehatan mata

Selain itu, cara merawat mata agar tidak minus bisa anda lakukan dengan cara yang mudah dan praktis sehingga mata anda mendapatkan nutrisi yang cukup. Bagi yang ingin mendapatkan asupan nutrisi penting bagi mata, tetapi kurang menyukai produk-produk sayuran bisa mengambil alternatif lainnya yaitu dengan mengkonsumsi suplemen yang sekarang ini banyak dijual di apotek maupun toko obat. Pilihlah suplemen yang banyak mengandung vitamin A dan beta karoten yang dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Indera penglihatan termasuk salah satu bagian yang penting untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Lakukan juga pemeriksaan rutin untuk mengetahui kondisi mata dan segera koreksi kelainan mata Anda. Mata adalah aset yang begitu berharga, untuk itu sangatlah penting menjaga mata agar tetap dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari masalah mata, termasuk gangguan mata minus ini. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *