Cara Merawat Mata Agar Tidak Rabun

By | April 28, 2017

Cara Merawat Mata Agar Tidak Rabun – Mata merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada manusia sebagai panca indera yang banyak memiliki manfaat untuk dapat melihat sesuatu yang ada disekitar dengan jelas. Mata memiliki kegunaan yang sangat vital dalam kehidupan manusia, sehingga menjaga dan merawat kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Banyak orang yang tidak atau lebih tepatnya belum mengerti bagaimana merawat dan menjaga mata dengan benar dan baik, kebanyakan dari kita mungkin mengabaikan betapa pentingnya mata yang sehat dan bersih. Seperti yang kita tahu menggunakan kacamata saja sudah membuat kita mengalami kesulitan sehingga membutuhkan alat bantu yang sebenarnya tidak perlu kita pakai saat kita sehat. Merawat dan menjaga mata adalah salah satu keharusan bagi kita sebagai langkah baik demi mata yang sehat dan bersih.

Mata kita adalah bagian penting dari kesehatan, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk merawat dan menjaga mata dengan baik dan benar walaupun dengan cara sederhana. Banyak orang yang berpikir bahwa penglihatan mereka baik-baik saja atau mata mereka sehat, namun tidak sepenuhnya apa yang mereka pikir itu benar, karena kadang mata mengalami masalah tanpa kita sadari dan tiba-tiba muncul dan kondisinya pun sudah parah, maka untuk itu ada baiknya anda periksa ke dokter spesialis mata untuk mengetahui apakah mata anda mengalami gangguan atau tidak. Salah satu merawat mata dengan baik adalah dengan mencegah mata mengalami ganggun, sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati dan pastinya lebih murah. Mata manusia memiliki tugas untuk menangkap, membaca, dan melihat objek benda atau cahaya dari sudut manapun, sering kali mata menghadapi masalah gangguan yang berhubungan langsung dengan mata baik dari suatu penyakit tubuh atau gangguan mata itu sendiri.

mata rabun

Mata bekerja sama dengan otak untuk merespon dan kemudian diproses oleh sistem syaraf mata dan otak manusia pada setiap objek benda atau cahay yang diterima mata. Banyak penyakit yang sehubungan dengan mata salah satunya adalah Mata Rabun, saat ini banyak orang yang mengalami mata rabun dan ada pula yang menyebabkan mata menjadi rabun. Penyakit mata rabun adalah kondisi dimana mata tidak mampu melihat dan membaca objek benda dari jarak dekat maupun dari jarak yang jauh. Namun, penyakit mata rabun ini masih dapat melihat dan menangkap cahaya dan masih dapat membedakan warna, tidak seperti penyakit mata lainnya. sebagian besar orang yang menderita penyakit mata rabun pastinya akan menggunakan kacamata sebagai alat bantu untuk melihat tulisan atau membaca. Tapi, mereka yang belum terbiasa mengenakan kacamata, akan merasa risih atau tidak nyaman karena tidak dapat menikmati sajian program favorit di televisi karena mata telah lelah dan tegang.

Untuk merawat dan menjaga mata dengan cara yang sederhana dan mudah agar mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata seperti mata rabun adalah dengan membatasi segala aktivitas atau kegiatan yang dapat merusak mata. Sebenarnya sebagaian besar gangguan mata terjadi akibat dari kegiatan kita yang tidak bisa membatasi penggunaan komputer, tv, ponsel, laptop dan lain-lain, sedangkan faktor lain yang penyebab mata mengalami masalah karena adanya suatu benda asing yang masuk ke dalam mata seperti polusi udara kotor, debu atau karena hal sepele yang biasa kita lakukan seperti mengucek mata sampai mata mengalami iritasi dan infeksi. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang dapat menyebabkan mata mengalami gangguan. Berikut ini ada beberapa cara merawat dan menjaga mata agar tidak rabun, yaitu :

  • Untuk merawat mata agar tetap sehat, yaitu jangan membaca buku terlalu dekat, buatlah jarak yang ideal. Jarak pandang yang ideal untuk membaca buku adalah sekitar 30 cm karena dengan membaca buku terlalu dekat bisa berakibat buruk pada mata anda atau bisa dibilang membaca buku terlalu dekat akan menekan kinerja mata anda. Kebiasaan seperti ini juga membuat mata bisa mengalami rabun. Untuk itu cobalah untuk menghindari membaca buku terlalu dekat.
  • Jika anda seorang pekerja online tentunya anda tidak akan lepas dari yang namanya komputer atau laptop. Teknologi seperti komputer dan laptop ini sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manusia modern seperti sekarang ini, namun dibalik manfaat dan kegunaan dari komputer ada salah satu yang harus anda perhatikan agar mata tidak mengalami gangguan. Radiasi dari layar atau monitor komputer ini bisa menyebabkan mata mengalami gangguan seperti mata lelah, buram, kabur, minus, dan juga bisa mengalami kerabunan. Untuk itu anda harus bisa membatasi penggunaan mata anda dengan layar atau monitor komputer. Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.
  • Makan makanan yang bergizi, berserat dan bervitamin A. Untuk merawat mata agar terhindar dari ganggun atau masalah seperti mata rabun selain dengan menghindari dan membatasi kegiatan yang biasa kita lakukan, tentunya kita juga harus bisa merawat dari dalam seperti asupan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat tentunya akan membantu mata kita menjadi lebih sehat, karena mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit dan fungsi mata bekerja secara optimal. Maka anda harus membiasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan makanan lainnya yang mengandung vitamin A. Selain itu juga anda juga dapat mengkonsumsi suplemen mata alami untuk memenuhi nutrisi mata secara alami dan aman.

Jagalah kesehatan mata anda dengan baik agar mata tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus, dengan mata yang sehat tentunya anda bisa melihat keindahan dunia dan warna warni dunia ini dengan jelas. Kita harus bersyukur karena memiliki mata yang sehat walafiat, bayangkan apabila kita tidak memiliki mata atau memiliki mata yang kurang baik, pastinya kita akan merasa tidak nyaman dan sangat terganggu jika melakukan aktivitas, dan jika kita memiliki kebutaan pada mata, hidup pun akan terasa hampa karena kita tidak bisa melihat warna warni dunia ini dengan jelas. Rawatlah mata dengan baik agar mata kita tetap sehat, walaupun cara merawat mata hanya dengan cara yang sederhana, setidaknya kita masih bisa memperhatikan kesehatan mata kita dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *