Cara Tes Mata Minus Sendiri dan Tips Mengatasi Mata Minus

By | September 24, 2016

Obatsayarafmata – Mata minus atau rabun adalah keadaan dimana tidak dapat melihat suatu objek secara jelas apabila berjarak jauh. Mata minus disebabkan ketika melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama, seperti kebiasaan membaca sambil tiduran dan membaca di tempat gelap atau kurang penerangan. Pola makan juga bisa bisa mengakibatkan mata minus.

cara test mata minus sendiri dan tips mengatasi mata minus
Penyebab Utama Mata Minus
Ada beberapa penyebab mata minus diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pola Hidup yang Buruk
    Pola hidup buruk akan memnyebabkan mata minus, banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan mempunyai resiko lebih besar untuk terkena mata minus dibandingkan dengan orang yang berada di pedesaan. Mengapa demikian ? Karena sebagian masyarakat di perkotaan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat / kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Beraktivitas di depan layar monitor dengan waktu yang tidak sebentar akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata dan kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Hal ini akan mengakibatkan pada saat melihat objek yang jauh mata tidak berfungsi dengan baik, karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.
  2. Faktor Genetika / keturunan
    Apabila salah satu anggota keluarga mempunyai mata minus misalkan ayah atau ibu maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan mata minus pada anaknya.
  3. Kurang Beristirahat
    Mata minus atau rabun juga bisa disebabkan oleh kurangnya beristirahat. Mata membutuhkan istirahat, janganlah memaksakan mata untuk bekerja keras, usahakan jangna terlalu lama duduk di depan layar komputer dan lakukanlah tidur yang cukup.
  4. Pola Makan yang Tidak Baik
    Pola makan yang tidak baik akan menyebabkan kerusakan pada mata. Misalkan karena kurangnya mengkonsumsi sayuran seperti wortel dan akibatnya kekurangan vitamin A.

Gelaja Mata Minus

  1. Objek yang dekat bisa terlihat jauh
  2. Objek jauh terlihat kabur
  3. Mengecikan mata ketika melihat objek jauh
  4. Tidak dapat melihat papan hitam secara jelas
  5. Terllau dekat dengan buku ketika membaca
  6. Sering sakit kepala
  7. Mata berair
  8. Sering merasa nyeri mata
  9. Cepat merasa lelah

Kategori Myopia, ada 3 kategoro myopia, yaitu :

  • Miopi rendah dengan  dioptre mendekati 0 s/d -3.00
  • Miopi sedang dengan dioptre -3.00 s/d -6.00
  • Mipopi tinggi denga dioptre -6.00 sampai ke bawah -10.00

Cara Tes Mata Minus Sendiri

Perhatikan huruf di bawah ini dengan jarak 50 cm! Lihatlah Huruf Tes Mata Minus di bawah ini :

cara-tes-mata-minus-sendiri-dan-tips-mengatasi-mata-minus
Langkah-langkah :
Bacalah teks diatas, apabila mata anda normal maka akan membacanya dengan mudah dan baik. Isi dari teks tersebut adalah ” presidenku Tidak Mampu Hentikan Koruptor Selamatkan KPK Selamatkan Indonesia”

Tips Mengatasi Mata Minus

Berikut beberapa tips untuk mengatasi mata minus, diantaranya :

  1. Lepaskan kacamata yang anda pakai jika dirasa kurang diperlukan, seperti saat anda berada di ruangan yang sempit dan tidak sedang bekerja.
  2. Latih mata untuk melihat suatu benda atau objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata. Misalnya anda dapat pergi ke tempat seperti sawah, bukit dsb, karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh.
  3. Melatih mata untuk melihat benda-benda yang bergerak. Misalnya, ketika anda berada di jalan raya, anda bisa mengamati orang-orang, motor ataupun mobil yang berlalu lalang di sekitar anda. Lihat dan perhatikan setiap gerakannya, usahakan bayangan yang anda lihat adalah utuh tidak rabun.
  4. Mata minus juga dapat disembuhkan dengan daun sirih, caranya sangat mudah. Siapkan 2 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih daun sirih tersebut dan tempel dimata anda setiap kali anda tidur. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.
  5. Jika anda bekerja di depan komputer, usahakan setiap 25 menit, luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk anda mungkin untuk sekedar mengambil air minum dan cobalah untuk melihat keluar jendela / luar rumah.
  6. Mengkonsumsi wortel ataupun makanan yang berbahan wortel misalnya, sayur sop, jus wortel dsb.

Itulah cara tes mata minus sendiri dan tips untuk mengatasi mata minus. Untuk menjaga mata anda bisa mengkonsumsi suplemen untuk mata.

 

KlikDiSini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *