Ciri Dan Gejala Penderita Ablasio Retina

By | July 8, 2017

Ciri Dan Gejala Penderita Ablasio Retina – Ablasio Retina adalah suatu gangguan pada mata yang terjadi ketika retina (lapisan jaringan dibelakang mata yang memproses cahaya) terlepas dari jaringan yang ada di sekitarnya. Ini merupakan salah satu gangguan mata yang serius kerena bisa menyebabkan kebutaan pada mata jika tidak segera mendapatkan penanganan. Kebutaan bisa terjadi pada seseorang yang mengalami Ablasio Retina disebabkan karena retina tidak bekerja dengan baik, penderita kondisi ini akan mengalami kehilangan penglihatan yang permanen jika pasien tidak diobati dengan baik dan cepat. Ablasio Retina terjadi ketika (material normal pada bola mata berbentuk cairan kental) menorobos masuk melalui lubang yang disebabkan oleh robekan retina. Kemudian vitreous akan terkumpul di bawah retina. Semakin banyak robekan, maka viterous akan semakin menumpuk dan akhirnya akan menyebabkan retina terlepas dari jaringan penyokongnya. Area dimana retina terlepas dari jaringan di sekitarnya akan kehilangan suplai darah dan menyebabkan bagian ini berhenti bekerja sehingga penglihatan akan hilang.

Ablasio retina lebih besar kemungkinan dapat terjadi pada seseorang yang memiliki rabun jauh dan pada orang yang memiliki anggota keluarga yang juga pernah menderita ablasio retina. Ablasio retina ini dapat juga disebabkan oleh penyakit lain mata seperti tumor, peradangan yang parah, akibat trauma atau sebagai komplikasi dari diabetes. Penyakit mata ablasio retina ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun ciri-ciri dan gejalanya hampir selalu terasa sebelum ablasio retina di derita ataupun setelah ablasio retina diderita. Faktor usia yang semain menua dan juga adanya penyakit pada retina juga bisa menyebabkan retina menipis dan rentan mengalami kebocoran yang berakibat pada semakin meningkatknya ablasio retina. Berikut ini ada beberapa ciri dan gejala penyakit ablasio retina, seperti :

– Mata merah, gatal, dan bengkak.
– Melihat adanya kilatan cahaya pada salah satu atau kedua mata.
– Melihat banyaknya floaters (bintik-bintik atau benang hitam) pada pandagan mata.
– Penglihatan sisi perifer (tepi mata) mengalami kegelapan atau berkurang secara bertahap.
– Penglihatan menjadi kabur.
– Adanya bayangan seperti hordeng yang menutupi lapangan penglihatan mata.

ablasio retina

Jika anda mengalami gejala dari penyakit ablasio retina mata seperti yang sudah dipaparkan di atas maka sebaiknya anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter. Pemeriksaan sejak dini sangat bagus dilakukan untuk bisa mengetahui jenis penyakit apa yang sedang anda derita, mungkin saja anda ternyata mengalami penyakit lainnya yang mungkin saja gejalanya hampir sama dengan penyakit ablasio mata.

Gejala ablasio retina ini belum banyak diketahui oleh masyarakat bahkan masyarakat pun tidak tahu apa itu ablasio retina. Ablasio retina merupakan suatu kondisi dimana bagian retina sensoris lepas dari epitel pigmennya (RIDE). Kondisi ini merupakan gangguan pada mata yang sangat berbahaya meskipun lebih banyak dialami oleh orang yang sudah berusia paruh baya. Maka untuk itu kita harus rutin memeriksakan mata kita ke dokter agar kita mengetahui perkembangan kesehatan mata dan lebih mengetahui beberapa jenis masalah pada mata baik itu masalah yang ringan maupun masalah yang berat.

Selain itu kita harus berhati-hati jika memang mengalami masalah seperti penyakit mata ablasio retina ini, sebab penyakit ini harus segera diobati karena jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang lebih serius diantaranya adalah menyebabkan memburuknya penglihatan bahkan dapat mengakibatkan kebutaan total. Alasannya adalah retina merupakan bagian di dalam mata yang tersusun dari sel-sel kecil dalam jumlah yang sangat banyak serta terdapat serabut saraf, retina merupakan hal penting dalam organ mata sebab berada di jalur penglihatan dan memegang peranan penting dalam hal penglihatan. Letak retina ini ada dibelakang persis lensa mata yang berfungsi sebagai pengambil gambar pada cahaya yang dipantulkan oleh cahaya yang masuk ke dalam lensa mata.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Mata memang sangat rentan mengalami masalah dan gangguan, hal ini dikarenakan mata memiliki sifat yang sensitif terdapat suatu benda atau sesuatu lainnya yang dapat mengganggu kerja mata. Untuk itu kita harus selalu menjaga dan merawat mata dengan baik karena mata ini memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dengan mata kita dapat melihat keindahan dunia dengan jelas, dan mata juga merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada manusia. Memiliki mata yang sehat juga jika tidak merawat dan menjaganya dengan baik pastinya akan mengalami masalah juga, maka dari itu rutinlah periksa mata sejak dini dan beri asupan nutrisi yang cukup bagi mata. Sayuran dan buah-buahan merupakan nutrisi alami mata yang dapat membuat kesehatan mata tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *