Ciri Dan Gejala Rabun Senja Yang Perlu Diketahui

By | October 3, 2017

Ciri Dan Gejala Rabun Senja Yang Perlu Diketahui – Berbagai keluhan dan penyakit dapat menganggu penglihatan mata seseorang mulai dari masalah ringan maupun berat seperti mata rabun senja. Mata yang mengalami masalah sering kali membuat penglihatan menjadi terganggu seperti penglihatan menjadi buram atau tidak jelas, hal ini tentu membuat penglihatan kita menjadi terganggu dan aktivitas dapat terhambat akibat penglihatan yang bermasalah. Masalah pada mata seperti rabun senja merupakan salah satu dari beberapa gangguan mata yang dapat membuat fungsi penglihatan menjadi terganggu. Rabun senja bukanlah penyakit, malinkan gejala dari penyakit tertentu. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel dalam retina mengalami masalah. Pandangan buram pada malam hari atau sulit melihat di cahaya yang redup merupakan tanda awal anda mengalami rabun senja.

Rabun senja juga sering disebut dengan nama “buta ayam” yang mana merupakan kondisi ketika mata mengalami gangguan penglihatan hanya saaat menjelang malam hari atau ketika berada dalam cahaya yang redup atau remang-remang. Kondisi ini akan mempengaruhi pada kemampuan mengemudi yang biasa anda lakukan di waktu malam hari. Rabun senja terjadi berhubungan dengan cara mata menerima sinar cahaya. Cahaya akan melalui proses perjalanan melalui kornea, lensa dan tanah retina mata di bagian belakang mata. Retina sendiri terdiri dari fotoreseptor yang mengkhususkan diri dalam menerima sel-sel saraf yang menerima sinar cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian akan diteruskan kebagian otak untuk diproses dan menciptakan sebuah gambar.

rabun senja

Terdapat 2 jenis fotoreseptor pada retina, yaitu batang dan kerucut. Peran batang bertanggung jawab untuk membantu penglihatan dalam cahaya redup atau gelap, sedangkan untuk kerucut akan bertanggung jawab membantu penglihatan dalam cahaya terang. Dan untuk kasus rabun senja, batanglah yang memiliki peran penting. Batang tersebar di seluruh retina, oleh karena itu setiap batang harus berbagi koneksi ke otak dengan beberapa batang lainnya untuk dapat memberikan sinyal visual agar memiliki kemampuan melihat di malam hari dengan sedikit jelas. Rabun senja dapat diderita oleh seseorang ketika waktu telah bergulir ke waktu malam hari. Untuk itu, ada beberapa yang dapat anda rasakan jika memang anda mengalami rabun senja seperti :

– Mata kering
– Penglihatan kabur
– Pandangan memburuk ketika transisi dari ruangan yang terang ke ruangan yang gelap.

Rabun senja merupakan masalah penglihatan yang terjadi ketika mata melihat cahaya yang redup. Rabun senja adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan cacat genetik yang terkait dengan kegagalan batang dan kerucut untuk berfungsi dengan benar. Ketika anda merasakan adanya kejanggalan pada sistem penglihatan, maka perlu pemeriksaan yang tepat untuk mengetahui yang sebenarnya. Konsultasikan kondisi mata anda pada dokter ahli mata atau oprik agar kondisi mata anda dapat didiagnosis dan diobati dengan cepat dan tepat. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri dari masalah rabun senja ini, dan salah satu ciri yang paling signifikan dari rabun senja ini adalah kesulitan untuk melihat di dalam kondisi kegelapan. Selain ciri rabun senja, ada juga perlu mengetahui gejala yang dapat dirasakan apabila rabun senja menyerang anda, yaitu :

  • Mata membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi ketika datang dari daerah yang terang benderang ke daerah yang gelap.
  • Orang mungkin tidak kuat menonton televisi atau membaca buku terlalu lama.
  • Kesulitan untuk melihat di malam hari dan kesulitan untuk melihat dalam pencahayaan kurang merupakan gejala utama dari rabun senja.
  • Orang dengan rabun senja mungkin menderita mata kering.
  • Penderita rabun senja sering mengeluhkan tentang penglihatan yang kabur dan mungkin juga memiliki gangguan penglihatan yang kurang baik ketika obyek mendapat pencahayaan.
  • Orang dengan rabun senja mungkin tidak dapat melihat bintang-bintang di langit yang cerah di malam hari.
  • Seseorang dengan gejala rabun senja dapat mengalami kesulitan mengemudi di malam hari.
  • Seseorang dengan rabun senja memerlukan cahaya ekstra untuk membaca.
  • Penderita rabun senja tidak akan bisa mengenali gambar dalam cahaya yang redup.
  • Tidak bisa melihat jalan di malam hari.

Itulah beberapa ciri dan gejala yang harus anda ketahui jika rabun senja menyerang mata anda. Dan apabila hal itu terjadi maka ada baiknya anda langsung memeriksakan mata anda ke dokter agar anda mendapatkan penanganan yang baik. Selain itu, penting bagi anda untuk merawat dan menjaga kesehatan mata, karena dengan mata kita dapat melihat benda sekitar dengan jelas tanpa anda hambatan dalam melakukan aktivitas, bayangkan saja jika penglihatan kita terganggu, tentu untuk bekerja saja kita tidak akan maksimal dan membutuhkan istirahat agar mata mengalami fit dalam bekerja.

Konsumsi buah dan sayur segar yang mengandung vitamin serta nutrisi yang alami sangat baik untuk merawat mata anda secara alami dan aman, dibandingkan menggunakan obat kimia atau obat tetes mata secara berlebihan. Ada baiknya anda menggunakan obat alami mata yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping dibandignkan dengan obat yang berbahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *