Dampak Buruk Gadget Pada Mata Dan Tumbuh Kembang Anak

By | May 8, 2017

Dampak Buruk Gadget Pada Mata Dan Tumbuh Kembang Anak – Di zaman yang modern yang modern ini banyak sekali hal yang dapat dilakukan dengan praktis dan mudah, saat ini banyak teknologi yang dapat membantu manusia untuk melakukan aktivitas seperti bekerja atau sekedar menghilangkan bosan seperti main game. Gadget merupakan teknologi yang kini sudah menjadi hal pokok bagi setiap manusia. Sebagian besar orang pastinya adalah pengguna gadget tak terkecuali anak-anak. Anak-anak dan gadget merupakan sebuah hal yang sangat lumrah dan banyak terlihat dimana-mana. Anak-anak yang masih berusia sangat kecil pun pasti pernah sering menggunakan gadget dan hal ini membuat kekhawatiran terhadap kesehatan anak terutama pada kesehatan mata dan tumbuh kembang anak. Mungkin sebagian orang tua lebih suka anaknya untuk bermain gadget karena tugas orang tua untuk menjaga anak menjadi lebih ringan. Namun, dibalik manfaat gadget ini terdapat dampak yang buruk bagi kesehatan anak, terutama pada mata anak dan juga tumbuh kembangnya.

Para orang tua mungkin beranggapan bahwa anak yang suka bermain game akan membuat mereka menjadi jenius dan pintar, namun hal ini tidak benar, karena anak yang sering bermain game terlalu sering akan membuat kondisi fisik mereka menjadi menurun mulai dari fungsi mata, fungsi otak, dan kesehatan lainnya. Untuk kali ini, kita akan membahas tentang kondisi fungsi mata anak yang menurun karena sering bermain video game terlalu lama. Banyak sekali masalah yang dapat terjadi pada anak yang suka bermain gadget terlalu sering, dan salah satunya adalah dapat mengakibatkan masalah pada mata. Masalah pada mata anak saat bermain game mungkin sering terjadi dan anda sebagai orang tua juga sering melihat sang anak yang mengucek mata mereka ketika bermain game. Hal ini sering kita lihat pada anak kita saat bermain game, mereka selalu mengucek mata mereka ketika bermain gadget, hal ini pastinya akan membuat mata anak kita menjadi merah dan perih dan berair.

gadget

Namun, saat anak mengucek mata mereka ketika bermain gadget, sebagian besar orang tua hanya melihat dan membiarkannya, hal tersebut dapat membahayakan mata anak, karena jika terlalu sering mengucek mata, maka mata sang anak akan mengalami beberapa masalah yang serius. Layar pada gadget seperti ponsel, komputer, dan laptop akan membuat mata menjadi perih dan gatal, hal ini karena radiasi dari layar monitor gadget tersebut dapat merusak fungsi mata. Bermain game terlalu lama disertai dengan jarak mata dan monitor yang terlalu dekat, dapat memberikan dampak buruk pada penglihatan mata anak. Masalah seperti mata minus, mata rabun, dan lainnya dapat terjadi apabila ketika kita masih anak-anak tidak menjaga mata dengan baik. Selain itu, bermain gadget terlalu lama juga dapat menyebabkan anak menjadi sering fokus pada layar saja, dan mengakibatkan masalah pada mata, yang pada akhirnya dapat menurunkan kemampuan anak dalam membaca.

Menatap layar video games terus menerus dalam waktu yang lama, mengakibatkan anak rentan mengalami sakit kepala, nyeri leher, gangguan tidur, hingga gangguan penglihatan. Hal inilah yang sering anak rasakan ketika terlalu sering bermain gadget, maka orang tua harus bisa membatasi anaknya saat bermain gadget. Alihkan anak dari gadget dengan mengajaknya keluar rumah. Bermain dengan teman sebayanya di luar rumah secara teratur akan mengimbangi sifat dan sikap sosialnya. Berikan aturan tentang cara menggunakan gagdet yang benar. Jauhi anak dari gadget ketika waktunya tidur. Batasi penggunaan pada jam tertentu saja. Jika lampu rumah/kamar sudah dimatikan, itulah saatnya anak ‘haram’ menyenggol gadget. Cahaya layar yang masuk ke mata ketika ruangan sudah gelap akan dengan cepat merusak penglihatannya.

Sebagian orang tua mungkin beranggapan bahwa anak yang suka bermain game akan membuat mereka menjadi jenius dan pintar, namun hal ini tidak benar, karena anak yang sering bermain game terlalu sering akan membuat kondisi fisik mereka menjadi menurun mulai dari fungsi mata, fungsi otak, dan kesehatan lainnya. Saat anak bermain gadget anda sering melihat anak mengucek mata sampai mata mereka terlihat merah dan berair, hal tersebut dapat membahayakan mata anak, karena jika terlalu sering mengucek mata, maka mata sang anak akan mengalami beberapa masalah yang serius. Layar pada gadget seperti ponsel, komputer, dan laptop akan membuat mata menjadi perih dan gatal, radiasi dari layar monitor gadget tersebut dapat merusak fungsi mata. Bermain game terlalu lama disertai dengan jarak mata dan monitor yang terlalu dekat, dapat memberikan dampak buruk pada penglihatan mata anak. Masalah seperti mata minus, mata rabun, dan lainnya dapat terjadi apabila kita membiarkan anak-anak bermain gadget terlalu sering.

Menatap layar video games terus menerus dalam waktu yang lama, mengakibatkan anak rentan mengalami sakit kepala, nyeri leher, gangguan tidur, hingga gangguan penglihatan. Hal inilah yang sering anak rasakan ketika terlalu sering bermain gadget, maka orang tua harus bisa membatasi anaknya saat bermain gadget. Jangan biarkan masalah kesehatan dan pertumbuhan anak menjadi terganggu akibat anak sering bermain gadget. Masalah bagi lain bagi orang tua ketika anaknya bermain gadget adalah banyak sekali game-game yang biasa dimainkan oleh anak-anak mengandung unsur kekerasan, sehingga tidak mendidik. Jadi, gadget ini memiliki pengaruh yang buruk pada kesehatan anak serta tumbuh kembang anak. Untuk itu, anda sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan anak. Berikan asupan makanan sehat yang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata anak anda dari dalam. Sayur dan buah-buahan segar sangat baik untuk kesehatan mata dan tumbuh kembang anak, atau anda juga bisa memberikan anda anak suplemen alami mata sebagai nutrisi untuk mata anak anda yang aman dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *