Dampak Buruk Jika Sering Mengucek Mata Dengan Tangan

By | July 10, 2018

Dampak Buruk Jika Sering Mengucek Mata Dengan Tangan – Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan saat merasa bahwa mata kita mengalami perih dan gatal adalah dengan mengucek mata tersebut, hal ini sudah sering kita lakukan. Bahkan saat kita bangun tidur atau merasa ngantuk pun sering juga kita mengucek salah satu mata atau juga kedua mata kita. Mengucek mata adalah salah satu hal yang menurut kita dapat menghilangkan rasa tidak nyaman pada mata seperti gatal pada mata. Namun, tahukah anda bahwa mengucek mata dengan tangan justru berdampak buruk pada kesehatan mata, mengucek mata dengan tangan dapat menimbulkan penyakit dan kelainan pada mata bahkan kebutaan. Hal ini tentu jarang kita dengar karena sebagian besar orang tetap melakukan kebiasaan tersebut dan tidak berdampak apa apa pada matanya.

Mengucek mata dengan tangan merupakan cara untuk merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering, hal ini tentu saja akan membantu mata untuk menghilangkan debu serta zat yang mengiritasi lainnya yang mungkin masuk ke mata. Tidak hanya itu, air mata yang keluar dianggap bisa mengurangi rasa stress yang sedang kita alami. Stress bisa berkurang saat kita menekan area mata kita, maka akan merangsang saraf vagus, saraf yang ada disekitar mata untuk memperlambat denyut jantung dan membantu kita kembali rileks. Akan tetapi sering kali tanpa sadar kita mengucek mata sampai mata kita memerah, hal ini tentu berbahaya karena area mata bisa iritasi dan menimbulkan masalah atau gangguan pada penglihatan mata.

mengucek mata

Ada beberapa dampak yang dapat terjadi akibat sering mengucek mata dengan tangan. Hal ini bertujuan untuk tidak terlalu sering mengucek mata dengan tangan, apalagi kondisi tangan kita yang tidak bersih dan hanya akan mengakibatkan masalah pada penghilatan kita, berikut ini beberapa dampak sering mengucek mata dengan tangan, antara lain :

– Infeksi Pada Mata

Salah satu alasan mengapa kita tidak boleh terlalu sering mengucek mata dengan tangan adalah karena tangan yang kita gunakan untuk mengucek, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi. Mata kita dilindungi dengan membran lendir, yang berfungsi menjaga kelembaban mata setiap saat dan tempat yang sangat disukai bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya. Setiap hari tangan kita pasti melakukan berbagai hal seperti memegang barang, berkontak dengan orang lain atau dengan hewan peliharaan, dan kemudia kita tidak mencuci tangan, coba kita bayangkan apa yang akan terjadi jika tangan kita yang kotor tanpa dicuci langsung kita gunakan untuk mengucek mata.

– Mengakibatkan Glaukoma

Dampak selanjutnya yang dapat terjadi akibat sering mengucek mata adalah mengakibatkan glaukoma, glaukoma sendiri merupakan jenis penyakit mata yang memiliki gejala tidak langsung, dimana hal ini lama kelamaan akan mengurangi daya penglihatan mata dan pada akhirnya bisa berujung pada kebutaan. Salah satu yang dapat mengakibatkan mata glaukoma karena adanya peningkatan tekanan pada bola mata, yaitu diatas 20mmHg. Tekanan ini bisa terjadi dari kebiasaan kita mengucek mata dengan tangan.

– Kerusakan Pada Saraf Mata

Pada penderita glaukoma peningkatan tekanan pada mata yang terjadi karena terlalu sering dan terlalu lama mengucek mata menggangu aliran darah di belakang mata, yang pada akhirnya berdampak juga pada rusaknya saraf mata, hal ini tentu saja sangat merugikan penglihatan mata.

– Menyebabkan pembengkakan pada kornea

Salah kebiasan mengucek pada adalah saat kita bangun tidur, hal ini sering kita lakukan dan dapat menyebabkan pembengkakan pada kornea mata. Hal ini dikarenakan mata kelebihan cairan sebagai akibat dari kadar oksigen yang rendah dalam semalam. Hal yang sama juga berlaku pada saat kita menggunakan soflens mencopot lensa kontaknya. Selain itu mengucek mata dapat mengakibatkan luka yang terasa sangat sakit dan nyari pada kornea.

Itulah beberapa dampak yang dapat terjadi akibat sering mengucek mata, dampak tersebut mungkin tidak secara langsung terjadi, akan tetapi perlahan dampak tersebut akan kita rasakan sendiri. Maka dari itu, rawat lah mata dengan baik dan jangan terlalu sering mengucek mata dengan tangan. Mengucek mata sebenarnya tidak dianjurkan namun hal ini sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Mengucek mata karena gatal akibat iritasi mata yang sedang dialami justru akan menambah iritasi menjadi lebih buruk. Kondisi mata akan semakin gatal, merah dan bahkan terasa sakit. Namun ada beberapa cara sederhana untuk kita saat mata terasa gatal tanpa harus mengucek mata, yaitu :

– Jika mata kita terasa gatal, sebaiknya kita mencuci mata dengan air agar mata kembali segar, atau bisa juga menggunakan obat tetes secukupnya dan jangan sering menggunakannya karena tidak baik juga.

– Jika mata perih dan gatal, anda juga bisa menggunakan tisu basah atau handuk basah untuk mengusap daerah mata tersebut, karena dengan hal ini mata yang gatal akan terasa sejuk dan nyaman.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Kebiasan mengucek mata merupakan kebiasaan yang sudah sering kita lihat atau bahkan kita sendiri pun sering melakukannya, maka dari itu, sebaiknya kita kurangi kebiasaan tersebut, namun alangkah baiknya kita berhenti mengucek mata dengan tangan, karena dampaknya sangat buruk untuk kesehatan mata kita. Ubahlah kebiasaan mengucek mata sejak dini dengan mengusap menggunakan handuk basah agar aman tanpa harus melukai daerah mata. Rawat mata dengan baik dan benar karena mata merupakan anugerah dari tuhan, dan bersyukurlah apabila kita memiliki mata yang sehat karena sebagian besar orang diluar sana ada yang memiliki kelainan pada mata atau bahkan tidak bisa melihat (buta), jaga dan rawat mata sejak dini agar kesehatan mata tetap terjaga sampai kita tua nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *