Dampak Buruk Penggunaan Obat Tetes Mata Secara Berlebihan

By | September 6, 2017

Dampak Buruk Penggunaan Obat Tetes Mata Secara Berlebihan – Mata manusia memang sangat rentan mengalami suatu masalah atau gangguan baik itu kecil maupun besar, masalah mata sering terjadi seperti mata mengalami iritasi, mata gatal, dan sering kali mata kita mengalami kelelahan. Hal ini karena mata memiliki sifat sensitif terhadap sesuatu seperti saat mata terkena debu secara otomatis mata kita akan merasakan perih dan gatal sehingga kita mengucek mata dan dampaknya akan membuat kondisi mata menjadi merah. Masalah mata memang hal yang wajar dan sering terjadi pada semua orang, salah satu cara yang kita lakukan untuk mengatasi masalah mata tersebut adalah dengan cara menggunakan obat tetes mata tanpa resep dokter. Menggunakan obat tetes mata ini merupakan salah satu cara yang paling banyak orang lakukan agar mata yang mengalami masalah dapat teratasi dengan cepat. Namun, penggunaan obat tetes mata ini secara sembarang dan tanpa anjuran dokter dapat membuat kondisi mata menjadi lebih parah.

Obat tetes mata adalah larutan atau suspensi steril dari obat yang difungsikan untuk menciptakan efek lokal langsung pada mata yang bertujuan untuk mengobati, mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai masalah pada mata secara cepat. Akan tetapi, pernahkah anda berfikir sebelumnya seberapa besarkah dampak positif dari penggunaan obat tetes mata ini. Mungkin sebagian besar orang tidak memperdulikannya sebab obat tetes mata ini memang dapat membantu ketika mata mengalami masalah seperti mata merah dan mata perih. Ternyata, obat tetes mata ini memiliki efek samping atau dampak buruk pada kesehatan mata jika kita terlalu sering menggunakannya, sebab kandungan dalam obat tetes mata ini memiliki zat yang berbahaya apabila pemakaiannya terlalu berlebihan.

obat tetes mata

Steroid pada obat tetes dapat mengakibatkan kebutaan pada mata kita, karena steroid dapat menghambat pengeluaran cairan bola mata sehingga menyebabkan peningkatan tekanan bola mata. Secara berkala mata memproduksi cairan bola mata yang berperan untuk melindungi bola mata, memberikan nutrisi dan oksigensi. Cairan tersebut terus menerus diproduksi dan akhirnya dibuang ke sirkulasi hubung dengan keseimbangan yang baik. Akibat penggunaan steroid, maka mekanisme pembuangan akan terganggu, sehingga cairan tersebut tetap terkumpul di mata.

Lama-kelamaan tekanan bola mata meningkat, sehingga menjadikan faktor risiko terjadinya kerusakan saraf optik disertai penyempitan lapang pandang yang dikenal dengan istilah glaukoma. Hal ini tentu menjadi suatu kekhawatiran bagi sebagian orang yang sering menggunakan obat tetes mata secara berlebihan dan tanpa resep dokter, karena kita tahu bahwa mata sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sebab mata sangat membantu kita dalam melihat suatu benda atau melihat warna warni dunia ini dengan jelas.

Obat tetes yang mengandung bahan steroid ini sangat lah berbahaya bagi kesehatan mata. Jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang alam maka akan menyebabkan penyakit mata seperti glaukoma dan katarak. Yang mana kedua penyakit mata ini merupakan penyakit yang sangat serius dalam dunia kesehatan mata. Untuk itu, kita dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan obat tetes mata secara berlebihan dan harus dengan resep dokter, sehingga kita lebih mengetahui dampak positif dan buruk nya suatu obat. Mata manusia merupakan bagian tubuh yang sangat rentan mengalami masalah maka dari itu kita harus merawat dan menjaga dengan barhati-hati.

Maka penting bagi anda untuk mempertimbangkan antara manfaat dengan efek samping dari obat tetes mata yang mengandung steroid ini. Karena jika kita menggunakan obat tetes mata dengan resep dokter biasanya hanya digunakan dalam jangka waktu yang singat atau sementara dan tidak dalam jangka waktu yang lama. Jika obat tetes yang digunakan dalam jangka waktu lama, maka harus dilakukan pemantauan terhadap efek samping obat tersebut. Apabila anda memang sering menggunakan obat tetes mata, maka ada baiknya anda mengurangi penggunaannya atau berhenti menggunakan obat tetes mata agar kondisi mata anda tidak mengalami kerusakan. Bagi anda yang sering mengalami masalah mata ada baiknya anda menggunakan cara alami atau tradisional seperti menggunakan bahan alami dari mentimun, mencuci mata dengan air, atau cara alami lainnya.

Menggunakan bahan atau cara alami untuk mengatasi masalah jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan obat tetes mata yang mengandung bahan steroid yang berbahaya. Obat mata yang berbahan dasar alami bisa anda gunakan sebagai salah satu alternatif kesehatan mata, sebab obat yang mengandung bahan alami minim efek samping, hal ini karena pada dasarnya bahan alami tidak akan menimbulkan dampak berbahaya pada kesehatan.

Obat alami mata merupakan alternatif kesehatan yang dapat merawat serta menjaga mata anda tetap sehat. Selain itu, anda juga harus mengeimbanginya dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar, karena mata juga membutuhkan nurtisi yang cukup, dan hindari beberapa hal yang dapat memicu masalah pada mata seperti kurang tidur, serta penting bagi anda untuk memeriksakan mata secara teratur agar anda lebih mudah mengetahui kondisi mata anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *