Dampak Buruk Sering Menatap Layar Komputer Pada Mata

By | March 21, 2017

Dampak Buruk Sering Menatap Layar Komputer Pada Mata – Di zaman modern seperti sekarang ini banyak teknologi yang dapat membantu manusia untuk menjalani hidupnya sehingga tidak dapat dipisahkan. Segala sesuatu bisa didapat manusia dengan mudah menggunakan teknologi pada zaman sekarang ini, dengan adanya komputer, berbagai aktivitas manusia dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Beberapa pekerjaan seperti mengerjakan tugas, dan beberapa pekerjaan lainnya bisa dengan mudah kita kerjakan menggunakan komputer. Karena fungsi dari komputer ini terus menerus diperbaharui sehingga semakin modern. Komputer ini telah modifikasi sehingga dapat dibawa kemana-mana dan mempunyai ukuran yang lebih simpel serta praktis. Fungsi dan kegunaan komputer ini sangat dibutuhkan manusia pada zaman sekarang ini segala informasi apapun bisa kita cari di komputer. Namun, ketergantungan kita dengan teknologi yang satu ini bisa membuat seseorang susah untuk beranjak dari tempatnya saat bermain komputer.

Terlalu lama duduk di depan komputer ini ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, terutama pada kesehatan mata yang terus menerus menatap layar komputer. Menatap layar komputer secara terus menerus dapat mengakibatkan gangguan pada mata kita, seperti yang telah kita ketahui bahwa komputer yang menyala akan memancarkan radiasi, dan radiasi inilah yang membuat pandangan mata seperti mata perih, mata merah, dan mata berair sangatlah umum terjadi jika seseorang tidak berhenti menatap layar komputer. Apabila kita terus menerus menatap layar komputer dan mengabaikan kesehatan mata, maka bahaya radiasi layar komputer akan mengakibatkan gangguan mata yang serius seperti mata minus, mata lelah, dan masalah mata lainnya yang mungkin bisa saja terjadi pada mata.

bahaya menatap komputer

Masalah pada mata memang sudah menjadi hal yang biasa bagi para pengguna komputer. Pada saat di depan komputer, kita cenderung jarang untuk mengedipkan mata, sehingga membuat mata kita menjadi cepat kering, dan mata kering inilah yang dapat menganggu kesehatan dan menurunkan tingkat penglihatan pada mata. Syaraf mata kita menjadi lebih tegang, sehingga mata cepat lelah. Radiasi yang dipancarkan oleh layar komputer juga tidak baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, ketika kita menggunakan komputer ada baiknya kita mengatur atau menyesuaikan tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu terang. Jangan memaksakan mata kita saat merasa lelah, cobalah untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan sering mengedipkan atau dengan mengalihkan pandangan pada objek lain.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Kebanyakan orang memang menggangap remeh masalah kesehatan sehingga mereka berada di depan komputer dalam waktu yang cukup lama. Bukan hanya mereka yang bekerja di kantor, tapi dengan maraknya game online, chating dan browsing, hal ini membuat orang merasa lebih nyaman bermain komputer. Dan yang jelas jika kita sudah berurusan dengan komputer atau laptop, pasti kita akan lupa waktu. Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh layar komputer atau laptop dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan dan juga gangguan mata yang lainnya. Akibat lain terlalu lama duduk di depan komputer adalah sakit kepala, pusing, sakit leher, dan pinggang, bahu pegal serta masih banyak yang lainnya. Menatap layar komputer ini sangat berbahaya dan mempunyai resiko yang serius pada mata.

Jika anda seseorang pekerja bisnis online, tentunya kegiatan anda sehari-hari anda akan dihabiskan di depan layar komputer. Untuk mengurangi resiko terjadinya masalah kesehatan yang serius pada mata anda, bagi pekerja bisnis online sebaiknya anda mengatur jeda waktu saat bekerja di depan komputer, cobalah untuk mengistirahatkan mata walau hanya sebentar untuk menghindari terjadinya mata kering dan lelah. Banyak minum air putih untuk membuat tubuh tidak kehilangan cairan saat bekerja di depan komputer. Dan usahakan jangan memaksakan mata anda jika mata mulai merasa lelah dan ngantuk, ada baiknya anda pergi ke kamar mandi dan mencuci muka dengan air agar mata tidak kering dan bisa segar kembali.

Kesehatan mata harus tetap kita jaga karena mata merupakan jendela dunia manusia untuk melihat keindahan warna-warni dunia ini. Memiliki mata yang sehat adalah impian setiap manusia, untuk itu jangan mengabaikan kesehatan mata kita sendiri, hindari hal-hal yang dapat merusak fungsi serta kesehatan mata kita agar mata tidak mengalami suatu penyakit yang berbahaya. Kebiasaan atau kegiatan kita sehari-hari juga harus tetap kita perhatikan, karena sebagian penyakit mata datang akibat kebiasaan kita sendiri. Lakukan gaya hidup yang sehat dan aman, serta tidak membebani mata untuk melakukan sesuatu di batas kemampuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *