Dampak Buruk Sinar Biru Smartphone Pada Mata

By | November 6, 2017

Dampak Buruk Sinar Biru Smartphone Pada Mata – Di jaman modern saat ini pastinya semua orang sudah mengetahui yang namanya smartphone, mulai dari anak-anak hingga lansia pasti mengetahuinya dan bahkan mereka memilikinya. Setiap harinya, smartphone menjadi perangkat primer yang selalu menemani waktu, mulai dari bangun tidur hingga hendak tidur lagi smartphone selalu ada disamping kita. Smartphone sendiri merupakan salah satu teknologi canggih saat ini yang sering orang pakai atau gunakan baik itu untuk membantu pekerjaan atau hanya sekedar hiburan seperti maen game, serta alat berkomunikasi yang cepat dan praktis. Meskipun smartphone banyak memberikan manfaat yang baik untuk manusia, namun smartphone juga memiliki dampak yang tidak baik untuk penglihatan mata kita.

Pengguna smartphone dapat mengalami masalah dalam penglihatannya apabila pemakaiannya tidak memiliki batas waktu atau terlalu sering menggunakannya dan tidak memperhatikan keselamatan mata dengan baik, misal anda menggunakan smartphone di waktu malam hari atau saat menjelang tidur, hal ini memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan mata, karena smartphone dapat memancarkan sinar biru atau blue light yang terpancar dari layar, tentu hal tersebut dapat membuat mata mengalami masalah akibat sinar biru smartphone. Pengguna smartphone pastinya pernah merasa mata mereka terasa perih dan kering meski berkali-kali Anda memberikan obat tetes pada kedua mata.

sinar biru

Dalam ilmu kesehatan mata, blue light atau sinar biru digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV light), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415 hingga 455 nm, dan tingkat energi yang tinggi. Sumber alami terbesar dari sinar jenis ini adalah matahari. Selain matahari, sinar biru juga berasal dari berbagai layar digital, seperti layar komputer, televisi, maupun smartphone dan peralatan elektronik lainnya untuk meningkatkan keterangan dan kejelasan layar. Beberapa jenis pencahayaan modern, seperti lampu LED (light-emitting diode) dan CFL (compact fluorescent lamps), juga mengemisikan sinar biru dalam level yang tinggi.

Sinar biru akan menjadi hal berbahaya bagi kesehatan seseorang ketika seseorang terlalu sering terkena paparan sinar biru yang berasal dari layar perangkat elektronik pada malam hari. Terlalu banyak terkena paparan sinar, terutama sinar biru, pada malam hari mengakibatkan mundurnya jadwal tidur seseorang, bahkan bisa me-reset jam tidur orang tersebut pada jangka waktu yang panjang. Berikut ini beberapa dampak buruk sinar biru smartphone pada kesehatan mata, antara lain :

– Mengakibatkan Rusaknya Retina

Paparan langsung sinar biru dapat menyebabkan kerusakan retina, kerusakan yang disebabkan sinar biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral, kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan mata. Maka dari itu, kita jangan terlalu sering menatap sinar biru pada layar smartphone dalam waktu yang terlalu lama, dan jika kita menatap sinar biru di smartphone pada malam hari yang masih dalam batas wajar, tidak akan berdampak demikian. Pada paparan sinar biru yang berlebih, risiko seseorang untuk terkena degenerasi makula, glaukoma, dan penyakit retina degeneratif.

– Menyebabkan kelelahan pada mata

Seiring dengan perkembangan jaman, kebanyakan orang menghabiskan waktu di depan layar digital, mulai dari layar komputer di tempat kerja, telepon genggam pribadi, hingga layar televisi. Kegiatan-kegiatan ini menyebabkan suatu kondisi kelelahan mata. Gejala yang dapat dialami ketika mata mengalami kelelahan yaitu pandangan kabur, susah fokus, mata iritasi dan kering, sakit kepala, leher, hingga punggung. Selain jarak antara mata dengan layar dan durasi penggunaan, sinar biru yang diemisikan oleh layar juga berperan sebagai faktor kunci dari kelelahan mata ini. Hal ini tentu dapat membuat kualitas kerja anda menjadi menurun akibat mata mengalami kelelahan dan bahkan bisa mengakibatkan masalah lainnya pada mata.

Kebiasaan memainkan smartphone pada malam hari memang sulit dihilangkan, hal ini karena memang di jaman modern saat ini smartphone sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa lepas. Ini karena smartphone dapat membantu seseorang dalam melakukan berbagai hal seperti mencari informasi, berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh seperti saudarau, keluarga, serta bisa digunakan sebagai hiburan seperti bermain game. Maka dari itu, kita harus bisa membatasi waktu saat menggunakan smartphone karena sinar biru smartphone dapat merusak penglihatan mata secara perlahan.

Baca Juga : Obat Alami Mata

Untuk mengurangi risiko tersebut kita bisa menurunkan pencahayaan yang tersedia di perangkat elektronik atau menyalakan mode malam hari yang tersedia, namun untuk menghindari paparan sinar biru pada malam hari, ada baiknya kita menjauhkan atau mematikan smartphone dari tempat tidur dan jangan memainkan smartphone dalam kondisi ruangan yang gelap, karena dengan kebiasaan seperti ini maka mata dapat rusak dan kesehatan pun agar terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *