Dampak Negatif Pada Mata Pengguna Soflens

By | May 17, 2017

Dampak Negatif Pada Mata Pengguna Soflens – Soflens dulunya hanya digunakan untuk dunia kesehatan, namun seiring dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini soflens bukan hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan melainkan gaya hidup manusia modern. Banyak orang di era modern saat ini menggunakan soflen sebagai gaya hidup namun terkadang mereka tidak tidak tahun dampak negatif yang akan terjadi pada kesehatan mereka, terutama pada kesehatan mata. Soflens ini sudah menjadi kebutuhkan terutama pada wanita untuk tampil cantik setiap hari. Namun, untuk tampil cantik tersebut pastinya akan menimbulkan dampak negatif juga pada kesehatan. Maka, kita harus memperhatikan penggunaan soflens pada mata kita jangan sampai anda menggunakan soflens selama 24 jam penuh tanpa lepas karena ini bisa berakibat buruk pada mata.

Soflens atau lensa kontak memang tidak bisa lepas dari kehidupan seseorang di era modern seperti sekarang ini, penggunaan soflens ini sangat sering kita lihat di dalam masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Seseorang yang memakai soflens pada matanya akan terlihat lebih percaya diri di depan umum, namun anda juga harus mengingatnya bahwa soflens pada mata ini dapat merusak mata anda jika anda sendiri tidak merawat atau tidak membatasi penggunaannya. Pengguna lensa kontak atau soflens memang berpotensi terinfeksi bakteri, jamur, atau mikroba lainnya. Akan tetapi, bukan berarti anda harus bermusuhan dengan soflens, hanya saja anda perlu membatasi pemakaiannya dan merawatnya dengan baik, sebab soflens ini merupakan peralatan medis yang aman ketika digunakan secara bertanggung jawab.

soflens

Sebelum membahas dampak negatif dari soflens ini, anda bisa memperhatikan beberapa hal sebelum memakai soflens pada mata, yaitu :

1. Perhatikan petunjuk penggunaan lensa kontak atau soflens. Selain itu, jagalah kebersihan tangan Anda dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasang lensa kontak.
2. Bila Anda ingin berdandan, sebaiknya kenakan lensa kontak terlebih dahulu.
3. Lepaskan lensa kontak sebelum tidur dan sebelum berenang untuk mengurangi risiko iritasi dan infeksi.
4. Hindari kebiasaan merokok karena para perokok lebih berisiko mengalami infeksi mata ketika menggunakan lensa kontak.
5. Jangan berbagi lensa kontak dengan orang lain.
6. Ganti lensa kontak Anda secara teratur sesuai anjuran dokter atau aturan pemakaian merek lensa kontak Anda.
7. Cuci dan bersihkan lensa kontak Anda secara teratur dengan cairan pembersih yang tepat.
8. Jangan menggunakan ulang cairan pembersih yang telah digunakan sebelumnya atau terkontaminasi.
9. Bersihkan tempat penyimpan lensa kontak secara teratur dengan sikat dan cairan lensa kontak.
10. Jangan membersihkan lensa kontak dengan air liur atau air keran.

Rawatlah lensa kontak atau soflens Anda dengan menjaga kebersihannya, baik saat menggunakan maupun menyimpan. Jika tidak merawat kebersihan lensa kontak dengan baik, pemakainya akan lebih berisiko mengalami infeksi dan gangguan pada mata lainnya. Berikut ini beberapa kondisi dan hal-hal yang perlu diperhatikan pengguna lensa kontak, yaitu :

– Mata Merah Dan berair

Kondisi seperti mata merah dan berair bisa terjadi pada mata pengguna soflens, sebab mata yang memakai softlens kekurangan oksigen dan mata mengalami kelelahan sehingga dapat menyebabkan pandangan mata sobat menjadi kabur, jika Anda mengalami hal tersebut segera lepaskan softlens yang sedang digunakan, istirahatkan mata supaya kembali segar.

– Iritasi Mata

Memakai softlens terlalu lama secara terus menerus dapat menyebabkan iritasi pada mata, hal tersebut dapat terjadi dikarenakan softlens terkena debu atau tidak bersih saat digunakan, bisa juga dikarenakan kurangnya perawatan terhadap softlens yang Anda gunakan. Untuk itu, selalu jaga kebersihan dan kelembaban lensa kontak yang Anda gunakan, bersihkan selalu softlens dengan menggunakan cairan khusus yang sudah disertakan dan selalu bawa obat tetes mata jika berpergian.

– Infeksi Kornea Mata

Salah satu bahaya memakai softlens terlalu lama adalah terjadinya infeksi pada kornea, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan softlens yang anda gunakan hingga pada softlens atau lensa kontak tersebut tumbuh virus, kuman dan bakteri yang akhirnya membuat terjadinya infeksi pada kornea mata.

– Peradangan Pada Kelopak Mata

Jika anda salah memakai jenis softlens yang digunakan terlebih lagi dalam waktu lama dapat menyebabkan kelopak mata mengalami peradangan, gejala yang ditimbulkan pada bagian kornea mata serasa seperti terbakar, maka untuk pemilihan softlens sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi mata anda.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Itulah beberapa dampak negatif pada mata pengguna soflens, gunakanlah softlens seperlunya dan jangan terlalu lama memakainya. Jika Anda mengalami masalah pada segera konsultasikan ke dokter mata untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata. Penggunaan soflens juga harus diimbangi dengan perawatan dengan baik agar tidak terjadi masalah pada mata. Walaupun soflens adalah gaya hidup masyarakat modern namun tetap saja anda juga harus melakukan perawatan pada soflens agar saat dipakai tidak menimbulkan masalah pada mata anda. Dan untuk merawat mata anda bisa memperhatikan asupan nutrisi yang baik dalam tubuh, agar nutrisi yang dibutukan mata dapat terpenuhi, sayuran dan buah-buahan segar dapat menjadi pilihan anda untuk memenuhi nutrsisi pada mata dengan alami dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *