Floaters pada Mata – Penyebab dan Gejalanya

By | January 26, 2017

Floaters pada Mata – Penyebab dan Gejalanya – Floaters adalah bayangan benda berukuran kecil hingga besar yang tampak melayang-layang pada pengkihatan. Ukuran floaters berbeda-beda, mulau dari bintik-bintik hitam kecil sampai bayangan yang lebih besar seperti bentuk tali panjang. Floaters biasanya muncul saat seseorang melihat cahaya yang terang seperti matahari atau menatap warna dasar seperti warna putih terlalu lama.

Floaters pada mata

Pada umumnya floaters terjadi karena faktor usia. Pada mata normal, cahaya masuk melewati lensa dan kornea mata dan dilanjutkan menuju retina yang terletak di bagian belakang mata. Diantara bagian depan dan belakang mata terdapat cairang lendir kenyal yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk bola mata yang disebut vitreus. Seiring dengan bertambahnya usia, kekenyalan vitreus akan berkurang dan akan mulai muncul sisa kotoran yang menggenang di dalammnya. Sisa kotorang yang melayang inilah yang tampat sebagai floaters. Terlepas dari umur ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya floaters seperti kecelakaan yang melukai mata, rabun dekat, infeksi, peradangan mata, sobekan retina, komplikasi diabetes, migrain / tumor intraokular.

Penyebab Floaters pada Mata

Floaters dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, diantaranya :

  1. Usia, semakin bertambahnya usia, kondisi di dalam mata pun mengalami perubahan. Cairan vitreus yang awalnya memiliki konsistensi kenyak untuk menjaga bentuk bola mata lama kelamaan akan mencair dan kehilangan elastisitasnya. Akibatnya, vitreus akan mengerut dan bertambah padat, akan muncul sisa-sisa kotoran yang terlepas dan pada akhirnya menghalangi jalur penglihatan.
  2. Sobekan Retina, dapat terjadi pada saat vitreus yang mengerut mampu menarik lapisan retina. Jika tidak segera ditangani, sobekan retina akan menyebabkan lepasnya lapisan retina yang dapat beresiko untuk terjadinya kebutaan.
  3. Pendarahan pada mata, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pendarahan di vitreus yaitu, trauma langsung pada mata / saat terjadi gangguan pada pembuluh darah di dalam mata, seperti yang terjadi pada kasus retinopati diabetik.
  4. Peradangan pada mata bagian belakang, kondisi ini disebut juga dengan istilah uveitis posterior, dimana lapisan uvea (lapisan bola mata bagian belakang) mengalami peradangan akibat infeksi.

Gejala Floaters Pada Mata

Pada umumnya floaters tidak mengakibatkan rasa sakit, tetap mungkin saja dapat mengganggu penglihatan secara berlebih. Gejala floaters yang tergolong tidak berbahaya yaitu seperti melihat bintik-bintik kecil / garis seperti bayangan tali pada mata dan tetap ada mengikuti alur penglihatan untuk beberapa saat. Tetapi, jika mengalami gejala yang tidak biasa seperti bintik-bintik atau bayangan tali menjadi berubah ukuran, melihat kilatan cahaya, kehilangan penglihatan tepi, penglihatan buram hingga mengalami rasa sakit pada bagian mata, sangat disarankan untuk menemui dokter.

Pencegahan Floaters Pada Mata

Pada umumnya floaters tidak dapat dicegah, walaupun begitu, disarankan untuk memeriksa kesehatam mata di optik / klinik mata setidaknya setiap 2 tahun sekali untuk mengetahui status kesehatan mata. Pemeriksaan juga berfungsi untuk memastikan bahwa floaters bukan merupakan gejala dari suatu kondisi yang lebih serius yang dapat merusak penglihatan mata.

eye-careInformasi penting bagi Anda yang tengah mencari produk untuk mengobati penyakit mata. Eye Care Softgel Green World dapat membantu mengobati gangguan pada mata Anda. Aman dikonsumsi anak-anak, dewasa ataupun lansia karena menggunakan bahan alami. Dapatkan produknya hanya di toko obat herbal tasik, pemesanan dan pengiriman barang mudah, aman serta terpercaya!

Eye Care Softgel obat mata melindungi lensa mata, mencegah penurunan daya penglihatan, mencegah glaukoma pada orang tua, katarak dan presbyopia. memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata, memperbaiki sirkulasi di bagian mata, menjaga kesehatan kapiler, mengurangi lelah, sakit dan kering pada mata. Mencegah mata kering, mata merah, mata gatal, rabun jauh yang disebabkan oleh penggunaan mata yang terlalu lama maupun radiasi dari komputer atau TV.

Eye Care Softgel dari Green World, produk alami ahlinya penyakit mata. Aman dikomsumsi untuk semua umur, mengobati penyakit katarak, mata bintitan, pendarahan retenia, penyakit mata akibat diabetes dan penyakit mata lainnya. Dapatkan pelayanan terbaik kami dengan sistem “Kirim Barang Dulu” informasi pemesanna silahkan

cara-pemesanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *