Fungsi Dan Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Mata Yang Sehat

By | January 17, 2018

Fungsi Dan Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Mata Yang Sehat – Vitamin A adalah jenis vitamin yang bisa temukan dalam buah atau sayur-sayuran, vitamin A ini merupakan salah satu vitamin yang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh terutama untuk kesehatan mata. Vitamin A ini termasuk vitamin yang larut lemak, sama halnya dengan vitamin D,E dan K. Vitamin A ini dapat membantu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, selain itu juga sangat baik untuk menutrisi kesehatan mata. Secara umum manfaat vitamin A untuk mata ini memang banyak sekali, hal ini karena vitamin A terdiri dari beberapa senyawa kimia, seperti retinol, retinal, dan beberapa karotenoid provitamin A serta beta baroten. Dengan kandungan tersebut, vitamin A sangat membantu meningkatkan kesehatan mata secara alami. Ada beberapa buah dan sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli, bayam, apel, anggur, kiwi. Namun selain buah dan sayuran vitamin A juga dapat kita temukan dalam bahan lain seperti minyak ikan.

Vitamin A ini adalah sekelompok senyawa antioksidan yang memiliki peran dalam fungsi penglihatan mata, dan juga dapat membantu permukaan mata, selaput lendir, dan mengurangi risiko infeksi pada mata. Oleh karena itu, banyak orang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A karena dipercaya bahwa vitamin A tersebut dapat membuat penglihatan menjadi lebih baik dan mencegah berbagai penyakit pada mata. Fungsi lain dari vitamin A ini adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa, Vitamin A juga dapat dijadikan sebagai pencegah mata katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Maka dari itu makanan yang mengandung vitamin A sangat baik untuk penglihatan mata.

Vitamin A

Mata merupakan organ penglihatan manusia yang memiliki tugas yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, dengan adanya mata seseorang bisa melihat apa yang ada didepannya. Kesehatan mata perlu dijaga agar suatu hari tidak mengalami gangguan atau penyakit. Kesehatan mata harus dijaga sejak dini agar kita bisa mengurangi risiko penyakit saat tua nanti. Manfaat vitamin A kesehatan sangatlah cocok, berikut ini ada beberapa manfaat dari vitamin A untuk kesehatan mata, antara lain :

– Membantu metabolisme sel mata

Secara umum makanan yang mengandung vitamin A ini dapat membantu mengatasi dan mencegah gangguan pada mata secara alami. Vitamin A memiliki peran untuk membantu metabolisme sel pada mata tepatnya bagian retina (retina bagian mengatur gelap terang pada mata). Sehingga mata mendapat cukup asupan nutrisi untuk membantu dalam proses kerja sel mata. Vitamin A juga dapat dijadikan sebagai asupan penunjang kesehatan mata.

– Menjaga kesehatan organ mata

Vitamin A ini memiliki manfaat sebagai antioksidan, regenerasi sel mata serta dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin A menjadi nutrisi yang sangat penting bagi mata anda. Hal ini karena mata adalah satu satunya organ yang berfungsi untuk melohat sehingga perannya sangat vital sekali. Untuk itu agar organ mata tetap sehat, maka perlu asupun vitamin A dalam takaran yang cukup.

– Mencegah penyakit mata katarak

Mengkonsumsi makanan dengan kadar vitamin A yang cukup (tidak berlebihan) dapat membantu mata untuk menangkal radikal bebas yang mungkin menyerang sel mata sehingga di jangka panjang bisa mencegah penyakit katarak, katarak biasnaya diderita oleh seseorang yang memasuki lanjut usia (lansia) tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang yang lebih muda menderita katarak akibat kekurangan vitamin A dan resiko penyakit yang berhubungan dengan sel retina mata.

– Mengurangi risiko mata minus

Mata minus adalah gangguan pada mata yang tidak dapat melihat benda dengan jarak jauh sehingga membutuhkan bantuan alat optik seperti kacamata maupun lensa kontak. Mata minus ini bisa dicegah dengan cara memperbanyak konsumsi vitamin A serta memperbaiki pola hidup yang kurang sehat untuk mata. Beberapa pola hidup yang kurang baik untuk mata adalah kebiasaan membaca sambil tidur, kebiasaan membaca di ruangan yang gelap atau kurang cahaya, menonton televisi sambil tidur, serta terlalu banyak bermain game di komputer atau smartphone.

Sumber vitamin A seperti wortel bisa juga digunakan untuk terapi mata minus. Terapi secara alami ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi secara rutin buah wortel yang diparut kemudian diseduh dengan air panas, setelah itu diaduk lalu disaring. Air ekstrak wortel diminum secara rutin 3 kali sehari. Dan selama terapi, tidak diperbolehkan untuk menggunakan kaca mata.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata

Oleh karena itu, vitamin A ini sangat penting untuk kesehatan mata. Kurangnya asupan vitamin A menyebabkan kornea menjadi kering, menyebabkan pandangan mata menjadi kabur, ulkus kornea dan kehilangan penglihatan. Kekurangan vitamin A juga menyebabkan kerusakan pada retina, yang mengakibatkan meningkatknya risiko kebutaan. Pemberian atau konsumsi vitamin A akan sangat terasa manfaatnya bila dilakukan secara rutin dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan karena bila berlebihan akan mendatangkan akibat yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *