Gangguan Penglihatan Pada Lensa Mata

By | June 24, 2016

Gangguan Penglihatan Pada Lensa Mata. mata adalah organ vital bagi manusia sebagai alat indra penglihatan, mata dapat mengalami gangguan atau kelainan. Gangguan itu pada umumnya kurang jelas atau kabur utnuk melihat sesuatu/benda yang jauh atau dekat dengan mata.

iris mata

Mengapa mata manusia menglamai gangguan atau kelainan ? ada beberapa faktor penyebabnya :

  1. Menurun daya akomodasi mata
  2. Tidak meratanya bidang lengkung lensa mata
  3. Terjadinya pengapuran pada lapisan kornea mata

Mata manusia termasuk alat optik yaitu alat bantuan penglihatan. Sama dengan alat bantu penglihatan lainnnya, mata manusia juga mempunyai lensa. bedanya lensa manusia dapat mengalami perubahan.
Perubahan itu disebabkan oelh kebiasan-kebiasaan yang salah faktor usia.

Lensa mata yang normal disebut emetropi (mata normal). orang yang mempunyai lensa mata normal, tidak mengalami gangguan, dapat melihat benda yang dekat maupun yang jauh dengan jelas.
Jika melihat benda yang jaug, lenasa mata berakomodasi minimum (relaksi). Sebaliknya melihat benda yang dekat, lensa mata akan berakomondasi maksimum.

Baca Juga : Obat Syaraf Mata Ampuh

Bagian benda yang di bentuk oleh lensa mata normal persis pada bagian retina mata. Bagian berfungsi sebagai layar untuk menangkap bayangan benda. Jika bayangan benda tidak lagi tepat pada retina mata, berada di depan atau di belakang retina, itu pertanda lensa mata telah mengalami kelainan.
Gangguan Penglihatan Pada Lensa Mata menjadi rabun jauh atau rabun dekat.

Ada 3 jenis kelainan lensa mata pada manusia.

1.) Hipermetropi (rabun dekat)

Bayangan benda jatuh di depan retina mata sehingga kurang jelas melihat benda yang dekat (kurang dari 25 cm) namun akan terang melihat benda yang jauh. Kaca mata yang digunakan untuk menolong rabun dekat berlensa positif.

2.) Miopi (rabun jauh)

Miopi adalah kelainan pada lensa mata karena bayangan benda terbentuk di belakang lensa mata. Akibatnya mata kurang jelas melihat benda-benda yang jauh. Kelainan lensa mata miopi dibantu dengan alat optik kacamata berlensa negatif. Lensa negatif kaca mata akan membantu penempatan bayangan untuk jatuh persis di retina mata.

3.) Presbiopi (mata tua)

Presbiopi merupakan gangguan lensa mata karena faktor usia. Lensa mata tidak dapat berakomodasi secara maksimum maupun minimum. Akibatnya kurang jelas melihat benda yang dekat maupun yang jauh. Penderita presbiopi dibantu dengan kaca mata lensa rangkap.

Itulah Gangguan Penglihatan Pada Lensa Mata, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua ! Salam Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *