Gejala Dan Penyebab Infeksi Di Lapisan Mata ( Endoftalmitis )

By | June 21, 2016

endoftalmiitis-oftalmologia-9-638Gejala Dan Penyebab Infeksi Di Lapisan Mata ( Endoftalmitis ),.- Endoftalmitis merupakan peradangan berat dalam bola mata, biasanya akibat infeksi setelah trauma atau bedah, atau endogen akibat sepsis. Berbentuk rangan supuratif di dalam rongga mata dan struktur di dalamnya. peradangan supuratif di dalam bola mata akan memberikan abses di dalam badan kaca. Penyabab Endoftalmitis supuratif adalah kuman dan jamur yang masuk bersama trauma tembus (oksigen) atau sistemik melalui peredaran darah (endogen)

Endoftalmitis eksogen dapat terjadi akibat trauma tembus atau infeksi sekunder pada tindakan pembedahan yang membuka bola mata. Endoftalmitis endogen terjadi akibat penyebaran bakteri, jamur ataupun parasit dari fokus infeksi di dalam tubuh.

Penyebab terjainya Endoftalmitis antara lain :

  1. Tindakan pembedahan
  2. Luka yang menembus mata
  3. Baktei, penyebab paling banyak adalah Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus, dan spesies Staphylococcus
  4. Penyebab paling banyak adalah Aspergilus, fitomikosis dan aktinomises

Tanda Dan Gejala

Peradangan yang disbebakan bakteri akan memberikan gambar klinks rasa sakit yang sangat, kelopak merah, dan bengkak, kelopak sukar dibuka, konjungtiva kemotik dan merah, kornes keruh, balik mata depan keruh. Selain itu akan terjadi penurunan tajam penglihatan dan fotobia (takut cahaya). Endoftalmitis akibat pembedahan bisa terjadi setelah 24 jam dan penglihatan akan semakin memburuk dengan berlalunya wakti. Bila sudah memburuk, akan terbentuk hipopion, yaitu kantung berisi cairan putih, di depan iris.

Gejalanya seringakali berat, yaitu :

  1. Nyeri Mata
  2. Kemerahan pada sclera
  3. Fotobia (peka terhadap cahaya)
  4. Gangguan penglihatan
  5. Tanda Kecil Muncul
  6. Kelopak merah
  7. Bengkak, dan sukar dibuka
  8. Kornea keruh
  9. Biliki mata keruh

Cara pencegahan Endoftalmitis

Jika pernah menglami oprasi katarak, pencegahan resiko terjadinya infeksi dengan cara mengikuti instruksi doktor tentang perawatan mata setelah oprasi dan juga kontrol yang teratur ke doktor mata untuk mengatahui perkembangan perbaikan mata setelah di oprasi. Untuk mencegah Endoftalmitis yang disebabkan karena trauma mata, gunakan pelindung mata di temapt kerja dan saat berolahraga berat. Kacamata pelindung atau helm dapat melindungi dari terjadinya trauma pada mata di tempat kerja.

Itualah Gejala Dan Penyebab Infeksi Di Lapisan Mata ( Endoftalmitis ), semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua ! Salam Sehat

Untuk Cara Pengobatan Infeksi Di Lapisan Mata ( Endoftalmitis ), bisa Klik Disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *