Gejala Dan Penyebab Mata Presbiopi (Mata Tua)

By | July 5, 2017

Gejala Dan Penyebab Mata Presbiopi (Mata Tua) – Presbiopi adalah istilah medis untuk rabun tua atau mata tua, kondisi ini merupakan gangguan yang terjadi pada mata, berupa cacat mata karena daya akomodasi pada lanjut usia yang mulai berkurang. Presbiopi merupakan gabungan dari cacat mata rabun jauh dan dekat, sehingga lensa mata tidak dapat memfokuskan cahaya secara tepat ke dalam retina. Presbiopi terjadi ketika melihat suatu objek benda yang dekat, maka lensa mata kehilangan kemampuan untuk mencembungkan bayangan, sehingga menyebabkan bayangan objek benda akan jatuh di depan retina, hal ini mengakibatkan objek benda akan terlhat kabut atau buram. Begitu juga sebaliknya, ketika anda melihat suatu benda atau objek yang sangat jauh, maka lensa mata tidak mampu medatarkan bayangannya, sehingga bayangan dari objek benda tersebut akan jatuh dibelakang retina dan bayangan akan jatuh terlihat lebih buram.

Presbiopi atau mata tua biasanya terjadi pada usia 40 tahun keatas, dan keadaan ini adalah salah satu proses dari penuaan yang alami sehingga tidak dapat dicegah. Semakin bertambahnya usia maka daya elastisitas dan fleksibilitas lensa pada mata juga akan berkurang. Elastisitas dan fleksibilitas mata sendiri adalah kemampuan otot-otot retina untuk mengembalikan mata pada kondisi seperti normal atau kembali pada keadaan semula. Jadi, presbiopi ini tidak dapat dicegah karena kondisi seperti ini merupakan proses penuaan alami, bahkan ketika anda tidak pernah mempunyai masalah penglihatan sebelummnya. Oleh karena itu penyebab terjadinya presbiopi ini sebagian besar karena faktor usia yang mulai bertambah. Dengan bertambahnya usia pula, kadar protein pada lensa mata ini akan mengalami perubahan.

mata tua

Selain itu, presbiopi ini terjadi karena lensa mata mengalami penebalan secara perlahan-lahan, sehingga lensa mata mengalami fleksibilitas dan elastisitas. Keadaan ini akan menyebabkan mata tidak memfokuskan cahaya atau objek benda secara tepat pada retina mata. Jika seseorang mengalami mata tua (presbiopi) di usia kurang dari 40 tahun maka hal ini dinamakan sebagai presbiopi dini atau presbiopi prematur. Hal ini dapat dipicu karena beberapa faktor, sehingga seseorang dapat mengalami presbiopi di usia yang masih muda. Untuk beberapa faktor yang dapat menyebabkan presbiopi antara lain :

– Pengaruh dari penyakit anemia karena berkurangnya sel darah merah.
– Karena penyakit kardiovaskular.
– Pengaruh dari penyakit diabetes.
– Mengalami masalah mata seperti rabun jauh dan dekat.
– Pengaruh obat-obatan kimia.
– Trauma pada mata.
– Aliran darah tersumbat.

Beberapa penyebab diatas merupakan hal yang dapat memicu atau menimbulkan terjadi mata tua (presbiopi) di usia muda. Maka dari itu anda harus menjaga kesehatan tubuh anda dengan baik karena beberapa penyakit dapat memicu terjadi presbiopi. Untuk gejala prebiopi, akan muncul secara bertahap. Kondisi pada presbiopi dapat dilihat ketika seseorang sedang membaca, menjahit, atau melihat suatu objek benda mengalami kesulitan untuk dapat memfokuskan pada hal-hal tersebut. Ada beberapa gejala yang dapat anda rasakan jika terjadi presbiopi, seperti :

– Mengalami sakit kepala dan rasa lelah pada mata ketika selesai membaca atau melihat benda yang dekat.
– Kesulitan ketika membaca tulisan yang hurufnya terlalu kecil.
– Memerlukan cahaya yang terang dalam melihat objek benda yang dekat dan ketika membaca.
– Mata mengalami kelelahan setelah bekerja dengan mengamati objek benda yang dekat.
– Menyipitkan mata ketika melihat objek benda dalam jarak dekat.
– Mata mengalami merah, berair, dan terkadang terasa perih.

Jika anda mengalami gejala seperti diatas ada baiknya anda berhenti melakukan kegiatan dan mengistirahatkan mata serta memeriksakan langsung mata ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Presbiopi ini tidak dapat disembuhkan, maka untuk melakukan pengobatan presbiopi anda hanya bisa melakukan perawatan untuk membantu memperbaiki penglihatan dan mengurangi gejala agar tidak bertambah parah. Perawatan bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan obat mata alami atau juga bisa melakukan terapi mata sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Bagi anda yang masih muda dengan mata normal dan belum mengalami presbiopi, anda dapat mencegah presbiopi dini dengan mengkonsumsi vitamin A, mengatur jarak baca, dan melakukan senam mata. Terapkan pola hidup sehat dan asupan nurtisi dari makanan untuk mata sejak dini agar mata tetap sehat dan anda bisa mengurangi resiko terjadi presbiopi saat masih muda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *