Gejala Dan Tanda Mata Mengalami Minus

By | July 3, 2017

Gejala Dan Tanda Mata Mengalami Minus – Mata memang sangat mudah mengalami masalah atau gangguan baik ringan maupun berat, hal ini karena mata sangat sensitif terhadap sesuatu benda atau hal lainnya yang dapat merusak fungsi mata, dan mata juga berada di luar bagian tubuh jadi sangat mudah mengalami atau terpapar benda asing seperti debu atau asap kotor. Salah satu masalah mata yang saat ini sering terjadi pada seseorang adalah masalah mata minus, mata minus ini merupakan salah satu masalah besar yang masih jarang mendapatkan perawatan yang baik. Hal ini dikarenakan kurangnya informasi mengenai ciri atau tanda mata mengalami minus. Mata minus atau dalam istilah medis disebut dengan nama miopia merupakan gangguan penglihatan yang terjadi akibat terjadinya kesalahan bias umum dari mata yang membuatnya sulit untuk melihat dengan fokus pada objek yang jauh.

Dengan kata lain, seseorang yang mengalami gejala mata minus akan dapat melihat benda atau objek dengan jelas apabila benda tersebut berada di jarak yang dekat, dan sulit untuk melihat benda yang jaraknya jauh sehingga penglihatan mata menjadi buram atau kabur. Gangguan atau gejala mata minus bisa memburuk pada usia remaja. Untuk itu perlu tahu bagaimana memelihara kesehatan mata agar terhindar dari gangguan mata seperti mata minus. Mata minus ini merupakan gangguan mata yang umum terjadi, dan masalah mata minus ini bukan penyakit mata. gangguan ini terjadi akibat kesalahan bias. Jika pada mata normal, gambar difokuskan ke retina di belakang mata, namun pada penderita mata minus titik fokus jatuh pendek dari retina sehingga penderita dapat melihat objek dekat lebih jelas, tetapi objek yang jauh akan terlihat buram.

mata minus

Masalah mata minus memang sangat umum terjadi hal ini karena memang gaya hidup saat ini banyak sekali yang dapat membuat mata mengalami masalah seperti mata minus, selain karena gaya hidup ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata minus seperti faktor keturunan dari orang tua yang memiliki riwayat mata minus akan berdampak juga pada keturunannya. Selain karena faktor keturunan mata minus juga dapat terjadi karena mata mengalami stres. Maka untuk itu jangan terlalu memaksakan mata anda untuk terus bekerja secara berlebihan karena bukan mata saja tubuh pun jika terus menerus dipaksa bekerja akan mengalami kelelahan. Oleh sebab itu, sama halnya dengan mata jika terlalu bekerja keras maka akan mengakibatkan kelelahan dan stres sehingga sangat mudah mengalami gangguan atau masalah.

Untuk itu, agar kita lebih mengetahui dan bisa menghindari mata minus ada baiknya kita mengenal tanda dan gejala dari mata minus supaya kita bisa melakukan pencegahan dan pengobatan sesegera mungkin. Berikut ada beberapa gejala dan tanda yang dapat kita rasakan jika mata mengalami mata minus seperti :

– Pandangan menjadi buram atau kabur

Tanda yang paling umum terjadi pada penderita mata minus adalah pandangan yang menjadi buram atau kabur, hal ini terjadi terutama pada seseorang yang berusaha untuk melihat benda yang jaraknya jauh. Dan biasanya seseorang yang mengalami gejala dan tanda seperti ini akan menyipitkan mata secara terus menerus, atau mendekatkan pandangannya dengan objek yang ingin dilihat.

– Sakit Kepala

Penderita mata minus juga akan mengalami saki kepala yang disebabkan tingkat ketegangan mata yang berlebihan yang menimbulkan mata menjadi lelah. Salah satu yang menimbulkan adanya penyebab sakit kepala karena aliran darah yang tersumbat yang menghambat darah mengalir lancar ke bagian kepala.

– Sering mengucek dan berkedip

Hal yang paling sering dilakukan penderita mata minus dengan tujuan untuk memperjelaskan penglihatannya yang burama adalah dengan mengucek mata menggunakan tangan. Penderita mata minus akan selalu mengucek matanya karena ingin memperjelas penglihatannya, namun kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa dengan mengucek mata malah akan memperburuk kondisi kesehatan mata dan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf mata.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Gejala mata minus bisa menjadi tanda yang normalnya kadar gula pada penderita diabetes atau sebagai indikasi awal terjadinya penyakit mata seperti katarak. Bagi anda yang mengalami mata minus dan ingin mengobatinya, ada baiknya anda mengenali dan memahami gejala mata minus yang dialami. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting karena mata dapat dikatakan sebagai organ yang paling penting dalam kehidupan manusia sebab mata ini membantu aktivitas kita sehari-hari. Hindari hal yang dapat membuat mata menjadi rusak seperti bermain game terlalu lama, bermain ponsel terlalu lama, dan hal lainnya yang dapat membuat mata anda mengalami masalah. Masalah mata baik itu ringan atau berat akan terasa mengkhawatirkan jika sudah terjadi pada mata anda, maka rawat dan jaga mata sebaik-baiknya agar mata tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *