Jenis – Jenis Penyakit Mata Yang Ini Harus Di Waspadai

By | April 6, 2016

Jenis-jenis penyakit mata – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Tanpa mata, manusia tidak dapat melihat dunia. lihatlah mereka yang buta, beta besar keinginan mereka untuk melihat dunia. Oleh karena itu, sepatutnya manusia bisa mensukurinya penglihatan normal yang diberikan. Sayangnya dewasa ini, kondisi lingkungan membuat banyak orang mengalami gangguan kesehatan mata. Teknologi dan pencemaran udara memunculkan macam-macam penyakit mata.

Umumnya masyrakat hanya mengatahui penyakit mata yang mengurangi kemampuan melihat, seperti miopi, hipermetropi, dan presbiopi. Beruntungnya, ketiga penyakit ini masih bisa diatasi dengan penggunaan lensa yang sesuai. Sejatinya masih ada banyak penyakit mata yang harus di waspadai dan berakibat fatal jika tidak segara ditangani. Berikut ini jenis-jenis penyakit mata yang harus di hindari :

Macam-Macam-Penyakit-Jantung

Macam macam penyakit mata

  • Trakoma

Macam-macam peyaki mata berikutnya adalah trakoma yang di sebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis, jenis bakteri yang berkembang biak di lingkungan kotor, karena itulah trakoma lebih sering menyrang anak-anak di negara berkembang. Saat anal-anak menggunakan benda yang tercemar oleh chlamydia seperti handuk, saat itulah pemaparan bakteri berlangsung adapun gejala trakoma meliputi mata merah dan mengeluarkan kotoran, pembengkakan kelopak mata, dan kornea terlihat keruh. Hati-hati, penyakit trakoma sangat menular

  • Bleafaritis

Penyakit mata ini merupakan peradanagn yang terjadi pada kelopak mata akibat produk minyak dari kelnjar minyak yang berlebihan. Gejalanya meliputi mata memerah, terasa panas, gatal, nyeri, berair, kelopak mata mengeluarkan luka dan membengkak.

Penyakit mata ini ditandai oleh kaburnya penglihatan jika tidak segara ditangani, penderita bisa mengalami kebutaan.

  • Endoftalmitis

Penyakit mata ini merupakan infeksi pada lapisan mata dalam, yang menyebabkan bola mata bernanah. Gejala Endoftalmitis meliputi mata merah, terasa nyeri, bahkan gangguan penglihatan. Umumnya penyakit mata ini terjadi lantaran mata tertusuk oleh sesuatu yang tajam seperti lidi. Infeksi Endoftalmitis ini terbilang berat. Sebab itu, penderitanya harus segera ditangani agar tidak sampai menimbulkan kebutaan.

  • Selulitis Orbitalis

Peradangan ini terjadi pada jaringan yang berada di sekitar bola mata. Gejala Selulitis Orbitalis meliputi mata merah, terasa nyeri, bola mata membengkak dan menonjol, kelopak mata membengkak, dan demam. Anak-anak yang sering mengalami penyakit mata ini bisa jadi akibat cedera mata dan infeksi hidung serta gigi. Jika tidak segera ditangani, Selulitis Orbitalis bisa menyebabkan kebutaan bahkan pembekuan darah pada otak. Sementara untuk kasus ringan, penderita bisa diberikan antibiotika melalui jalan oral. Dan untuk kasus berat, penderita harus menerima antibiotika melalui pembuluh darah, bahkan pembedahan untuk bisa mengeluarkan nanah dan mengeringkan bagian sinus yang terinfeksi.

  • Konjungtivis

Penyakit mata yang tergolong menular ini disebabkan oleh iritasi. Gejalanya meliputi mata memerah, mata terasa nyeri, gatal, berair, mengeluarkan kotoran, bahkan mengaburkan penglihatan. Beberapa faktor yang menyebabkan Konjungtivis antara lain infeksi virus, alergi (debu, angin, asap, serbuk), dan penggunaan lensa kontak dalam jangka panjang, apalagi jika lensa kontak tersebut kurang bersih. Tidak hanya orang dewasa, penyakit ini juga menyerang bayi dengan istilah Konjungtivitis Gonokokal. Sebagaimana yang diketahui, jalan kelahiran tidak seutuhnya bersih dari kuman sehingga bayi bisa terinfeksi oleh kuman di daerah tersebut. Sebab itu, bayi yang baru lahir harus mendapatkan obat mata untuk mematikan bakteri yang bisa menyebabkan Konjungtivitis Gonokokal.

  • Keratokonjungtivitas vernalis

Istilah medis ini merujuk pada iritasi di bagian kornea akibat alergi yang kemudian menimbulkan rasa sakit. Gejalanya meliputi mata memerah, gatal, berair, mengeluarkan kotoran (belekan), bahkan pembengkakan pada kelopak mata. Perlu diketahui, Keratokonjungtivitas vernalis merupakan penyakit musiman, dimana penyakit ini sering kambuh pada musim panas.

Selain ke-7 macam-macam penyakit mata tersebut masih ada beberapa lagi yang banyak terjadi dimasyarakat, seperti penyakit mata katarak, ablasio retina (putus retina), mata minus, mata plus, mata silinder, juga syaraf mata lemah. Dan semua penyakit mata tersebut tida bisa diremehkan, lantaran ketika sudah terlanjur diderita, tentu akan membuat siapapun kesulitan menyembuhkannya. Maka menjaga kesehatan mata sejak dini merupakan cara terbaik untuk menghindari macam-macam penyakit mata yang ada.

Obat syaraf mata alami dan ampuh untuk mengatasi semua penyakit mata dan tanpa efek samping  yang terbuat dari ekstrak biji anggur yang vitamin sangat tinggi untuk kesehatan mata. klik di bawah ini !

Eye-Care-Softgel-5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *