Jenis Penyakit Pada Retina Mata Yang Jarang Diketahui

By | October 6, 2017

Jenis Penyakit Pada Retina Mata Yang Jarang Diketahui – Retina mata merupakan lapisan tipis di belakang mata dan mengandung jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya, serta sel saraf yang menerima dan mengatur informasi visual pada otak melalui saraf optik. Di tengah jaringan saraf tersebut terdapat makula yang berperan untuk penglihatan yang tajam dan terfokus, seperti misalnya untuk membaca atau melihat sesuatu secara detail. Selain itu, ternyata retina mata ini juga bisa mengalami suatu penyakit, penyakit yang menyerang retina dapat merusak bagian retina yang berbeda. Misalnya, penyakit yang menyerang tepi retina dapat berdampak buruk bagi kemampuan mata dalam melihat objek yang ada atau datang dari samping.

Penyakit pada retina bisa menganggu penglihatan, bahkan apabila kondisinya sudah parah dapat mengakibatkan kebutaan. Beberapa jenis penyakit retina yang terjadi antara lain adalah degenerasi makula, lubang makula, retinitis pigmentosa, ablasi retina, retina robek, serta epiretinal membrane. Jika anda mengalami perubahan saat melihat, seperti penglihatan berkurang, terdapat bintik-bintik atau cahaya terang saat melihat, segera dapatkan penanganan medis agar penyakit retina tidak bertambah buruk. Banyak jenis penyakit retina menunjukkan gejala yang sama, yaitu pandangan kabur, ada bintik terapun atau sarang laba-laba yang menghalangi penglihatan atau terganggunya lapangan pandang tepi.

penyakit retina

Penyakit retina adalah gangguan pada bagian retina di dalam mata yang berpengaruh buruk terhadap penglihatan seseorang. Berikut ini ada beberapa jenis penyakit pada retina, dan penyebab terjadinya penyakit pada retina dapat dilihat dari jenis penyakit yang di derita, antara lain :

Degenerasi makula, yaitu kerusakan pada pusat retina, sehingga membuat pandangan menjadi kabur atau ada bagian yang tidak terjangkau penglihatannya. Ada dua jenis degenerasi makula, yaitu degenerasi kering dan basah. Gejala awal biasanya dimulai dengan bentuk kering, kemudian berkembang menjadi basah pada satu atau kedua belah mata.

Lubang makula, yaitu defek kecil pada bagian makula yang terbentuk karena tarikan abnormal antara retina dan vitreus, atau karena adanya cedera pada mata.

Retinitis pigmentosa, merupakan penyakit degeneratif yang berpengaruh pada retina. Adanya perubahan respons retina terhadap cahaya membuat kemampuan penderita dalam melihat semakin berkurang seiring waktu, namun tidak akan buta sepenuhnya.

Robekan retina, hal ini dapat terjadi pada penyusutan vitreus, yaitu jaringan berbentuk gel di bagian dalam bola mata, sehingga lapisan di bagian belakang mata tertarik. Pada area ini terdapat retina, yang dapat ikut tertarik dan robek, apabila tarikan yang terjadi cukup besar.

Ablasi retina, terjadi pada robekan retina, dimana terdapat rembesan cairan melalui celah robekan dan mendorong retina terangkat dari jaringan penyangganya. Kondisi ini ditunjukkan dengan kemunculan cairan di bawah retina.

Epiretinal membrane, merupakan jaringan parut halus, terlihat seperti membran transparan tipis yang berkerut dan menempel di atas retina. Membran ini menyebabkan tarikan pada retina, sehingga pandangan menjadi kabur atau meliuk.

Itulah beberapa jenis penyakit yang terdapat pada retina mata, dengan memandang pentingnya retina mata bagi penglihatan, mencegah retina mengalami gangguan atau masalah memang sudah seharunya dilakukan sejak dini, sebab jarang sekali orang menjaga kesehatan retina mata dengan baik. Namun, jika anda terlanjur mengalami penyakit pada retina, maka ada baiknya anda segera menjalani pengobatan baik itu secara medis maupun secara alami.

Baca Juga : Obat Alami Mata

Tujuan pengobatan tentunya untuk menyembuhkan penyakit sekaligus memperlambat tingkat keparahan penyakit yang anda derita, mempertahankan kesehatan retina serta kondisi mata secara keseluruhan, hingga akhirnya bisa memulihkan indera penglihatan. Mata merupakan organ manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan, sebab mata adalah anugerah yang di berikan tuhan pada manusia untuk melihat warna warni dunia dengan jelas. Maka dari itu rawat dan jaga mata sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *