Kebiasaan Buruk Yang Dapat Membuat Mata Cepat Rusak

By | September 5, 2017

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Membuat Mata Cepat Rusak – Saat ini banyak anak-anak yang menggunakan kacamata padahal usia mereka masih sangat muda. Menurut ahli kesehatan mata hal ini bisa terjadi akibat kebiasaan anak jaman sekarang yang rutin memakai atau memainkan gadget atau menatap layar komputer dalam waktu yang lama memiliki andil besar dalam hal ini. Hal tersebut dapat membuat mata mereka cenderung kurang beristrihat, mudah kering, dan cenderung lebih jarang berkedip sehingga mata pun lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Namun, sebenarnya, ada banyak sekali kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari dapat membuat mata kita cepat rusak dan mengalami beberapa masalah baik itu ringan maupun berat. Mata memang sangat mudah mengalami suatu masalah baik itu dengan sengaja maupun tidak sengaja. Akan tetapi, banyak orang yang hanya mengabaikan kebiasaan buruk yang dapat merusak mata mereka, karena mereka berfikir bahwa mata hanya mengalami masalah ringan seperti kelelahan.

Namun, tanpa mereka sadari bahwa mata yang mengalami masalah baik itu ringan jika dibiarkan begitu saja akan membuat kondisi mata menjadi parah, ditambah lagi kita yang terus menerus melakukan kebiasaan buruk yang dapat membuat fungsi mata menjadi menurun. Misalnya saja saat ini bermain gadget pastinya kita tidak akan lepas begitu saja dengan gadget, sering kali kita melihat orang terus bermain gadget dimana saja tanpa mengenal batas waktu sampai mereka tidur pun gadget selalu ada disampingnya. Hal ini tentu menjadi suatu kekhawatiran bagi kesehatan tubuh terutama mata kita, sebab mata ini sangat rentan mengalami kelelahan sehingga membuat kondisi mata menjadi perih, merah, gatal, dan bahkan menjadi bengkak. Oleh karena itu harus bisa menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat mata cepat rusak, karena mata merupakan indera penglihatan manusia yang sangat berperan aktif dan penting bagi kehidupan.

merusak mata

Masalah mata yang dialami pada saat usia muda memang merupakan hal yang jarang terjadi jika kita sendiri menyadari akan kesehatan mata dengan baik. Akan tetapi, banyak anak muda dan bahkan anak-anak saat ini sudah mulai mengabaikan kepentingan untuk menjaga kesehatan mata mereka. Saat ini kebanyakan rusaknya mata terjadi akibat kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari membuat mata menjadi mudah rusak dan mengalami gangguan. Berikut ini ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat mata cepat rusak, antara lain :

– Mengucek mata dengan tangan

Kadangkala kita merasa mengantuk dan merasa gatal pada mata sehingga tanpa kita sadari seringkali kita mengucek mata dengan tangan, dan lebih parahnya lagi kita tidak mengetahui apakah tangan kita bersih atau kotor. Hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lihat dan bahkan kita sering melakukannya. Kebiasaan tersebut dapat membuat mata mengalami iritasi dan bahkan mata juga dapat mengalami infeksi akibat adanya kotoran yang menempel ditangan masuk ke dalam mata kita, untuk itu ada baiknya kita jangan membiasakan mengucek mata dengan tangan, dan lebih baik kita mencuci mata dengan air agar mata yang mengantuk dan gatal dapat segar kembali dan mata pun bersih, sebab air dapat membuat mata lebih nyaman dan segat kembali.

– Tidak melakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata secara rutin dapat mendeteksi gangguan penglihatan, penyakit mata, dan masalah kesehatan secara umum sebelum anda menyadari adanya masalah kesehatan pada mata anda. Penyakit mata yang mengancam jiwa seperti glukoma sering kali tidak memiliki gejala sampai terjadinya kehilangan penglihatan yang permanen. Anda perl memberitahukan riwayat penyakit mata keluarga anda untuk membantu dokter dalam menentukan apakah anda memiliki risiko tinggi terkena penyakit atau kondisi mata tertentu. Maka untuk itu, penting bagi anda untuk menjadwalkan pemeriksaan mata secara berkala untuk anda dan keluarga anda sehingga kondisi mata dapat anda ketahui dengan baik.

– Kurang bersihnya perawatan lensa kontak

Saat ini memang banyak orang lebih sering menggunakan lensa kontak dibandingkan dengan kacamata, hal ini karena nilai kepraktisan lensa kontak memang jauh lebih dapat diandalkan daripada penggunaan kacamata. Selain itu, gaya hidup dan lebih stylist juga menjadi pertimbangan dari penggunaan lensa jenis ini. Itulah sebabnya mengapa sebagian orang lebih menyukai penggunaan lensa kontak daripada kacamata untuk membantu gangguan penglihatannya. Namun, jika anda menggunakan lensa kontak ini sebagai alternatif pilihan maka sebaiknya anda melakukan perawatan dengan benar, melepaskan lensa kontak menjelang tidur akan mengurangi risiko terjadi infeksi pada mata. Menggunakan lensa kontak haruslah diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar untuk menghindari terjadi masalah pada mata anda. Cuci dan keringkan tangan kita sebelum menggunakan atau merawat lensa kontak, hal ini agar kebersihan lensa kontak tetap terjaga dan kita bisa terhindar dari iritasi pada mata.

– Kebiasaan makan yang buruk

Selain karena faktor dari luar, masalah mata pun bisa datang dari dari dalam yaitu kebiasaan makan yang tidak baik atau tidak sehat. Di jaman modern seperti sekarang pastinya sebagian besar orang lebih menyukai makanan yang cepat saji dan sangat jarang orang memakan buah dan sayur. Maka dari itu kemungkinan besar tubuh tidak akan mendapatkan vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang cukup untuk menjaga kesehatan mata anda. Sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk merawat kesehatan mata dan dapat membantu mencegah banyak penyakit pada mata. Vitamin pada mata dapat memberikan tambahan nurtisi, namun makanan yang sehat, dan olahraga teratur setiap hari, dan menjaga berat badan adalah cara yang lebih efektif dalam menjaga kesehatan mata. Maka untuk itu, hindari makanan yang memiliki kandungan tidak sehat seperti makanan cepat saji, dan cobalah untuk rutin memakan buah-buahan dan sayuran serta makanan yang memiliki kandungan vitamin dan gizi yang baik.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang seringkali tanpa kita sadari dapat merusak mata dengan cepat dan membuat mata mengalami masalah atau bahkan mengalami penyakit jika terus menerus dilakukan tanpa anda tindakan pencegahan dan pengobatan untuk mengatasi masalah pada mata. Mata merupakan bagian tubuh manusia yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan mata kita bisa melihat aneka ragam keindahan dunia ini, bayangkan saja jika kita tidak memiliki mata yang sehat, tentu hidup pun terasa hampa.

Maka dari itu rawat dan jaga mata dengan baik hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak mata, sebab mata sangat berharga dalam kehidupan manusia. Dan penting bagi anda, jika anda sering menggunakan obat tetes mata, ada baiknya anda jangan terlalu sering menggunakannya, sebab obat tetes mata hanya untuk pengobatan sementara, hal ini karena kandungan bahan dalam obat tetes mata sangat berbahaya jika terus menerus digunakan dalam jangka waktu yang alam, dan sebaiknya anda menggunakan obat mata alami yang memiliki bahan dasar alami, karena pada dasarnya obat yang berbahan dasar alami minim akan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *