Kegiatan Sehari-hari Yang Dapat Merusak Mata

By | April 21, 2017

Kegiatan Sehari-hari Yang Dapat Merusak Mata – Mata merupakan salah satu panca indera yang dimiliki manusia untuk melihat, dengan mata manusia bisa melihat indahnya dunia dan warna warni dunia ini dengan jelas. Mata juga merupakan salah satu panca indera yang harus kita syukuri keberadaannya. Bayangkan jika kita tidak memiliki mata, tentunya kita akan merasa hampa karena tidak bisa melihat keindahan dunia secara jelas. Untuk itu, kita harus bersyukur dan menjaga mata dengan baik agar kita bisa melihat dunia ini dengan jelas, namun bukan berarti mata yang sehat terbebas dari masalah atau gangguan yang dapat menganggu penglihatan, mata sehat juga pasti akan mengalami suatu masalah jika kita sendiri tidak merawat dan menjaganya dengan baik dan benar. Untuk merawat mata tidak harus selalu menggunakan baha kimia ataupun obat mata, cukup dengan perawatan sederhana saja anda bisa mendapatkan mata sehat dan normal.

merusak mata

Kesehatan mata memang sangat penting dan harus tetap di jaga. Menjaga kesehatan mata merupakan hal wajib bagi setiap orang, dengan merawat mata secara rutin setiap harinya, anda bisa mempunyai mata normal setiap waktu. Memiliki mata yang sehat dan normal tentunya dambaan setiap orang karena jika mata sudah rusak dan mengalami masalah, akan membuat anda khawatir dan membuat menurunnya penglihatan. Sebelum melakukan perawatan mata ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui aktivitas atau kegiatan apa saja yang dapat membuat mata menjadi terganggu dan rusak. Berikut ada beberapa aktivitas yang sering kita lakukan yang dapat merusak mata, diantaranya :

Membaca buku sambil tidur dan dalam ruangan yang gelap (kurang cahaya)

Gangguan mata dapat terjadi akibat kebiasaan kita sendiri, kebiasaan seperti membaca buku sambil tidur ini akan membuat mata mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan jarak mata pada objek yang tidak sesuai dengan jarak idealnya. jarak ideal mata untuk membaca ialah 30cm. Apabila mata dipaksa untuk tetap fokus pada jarang pandang kurang dari 30cm hal ini akan membuat mata menjadi mudah lelah sehingga potensi terkena rabun semakin besar. Selain itu, membaca buku dengan penerangan yang kurang juga dapat memaksa mata untuk berakomodasi maksimum, akomodasi merupakan kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis sesuai dengan keadaan rangsang dari luar. Dan apabila kebiasaan membaca dengan ruangan yang gelap (kurang cahaya) dapat menyebabkan gangguna rabun jauh pada mata.

Radiasi dari layar komputer, tv, ponsel, dan laptop

Tanpa disadari kebutuhan akan informasi memang menuntut kita untuk berada didepan komputer atau TV lebih lama. Namun pancaran radiasi yang dikeluarkan oleh monitor berdampak negatif pada mata. Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi monitor komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu. Maka untuk itu kita harus bisa membatasi penggunaan atau penglihatan kita terhadap layar atau monitor komputer dan tv.

Kebiasaan mengucek mata

Kebiasaan mengucek mata adalah kegiatan yang umum dilakukan setiap orang, karena mengucek mata adalah respon seseorang terhadap mata, biasanya mengucek mata dilakukan saat mata terasa gatal karena adanya benda asing yang masuk ke dalam bola mata merupakan kegiatan yang dapat merusak mata. Kebiasaan mengucek mata justru akan memperparah keadaan. Karena dengan mengucek mata besar kemungkinan benda asing yang masuk ke mata tadi akan menggores permukaan kornea mata. Apabila menguceknya terlalu keras hal ini juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh kecil pada bola mata sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Itulah beberapa kegiatan sehari-hari yang dapat merusak mata anda. Hindari kegiatan yang dapat merusak mata anda, karena mata anda sangat berharga. Mulailah merawat dan menjaga mata dengan baik, jika mata mulai lelah cobalah untuk mengistirahatkan mata. Selain itu, untuk merawat dan menjaga mata, anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi untuk mata seperti buah dan sayuran. Pola hidup sehat dan pola makan teratur juga bisa menjadi kunci utama mata sehat dan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *