Khasiat Dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Merawat Mata

By | May 19, 2017

Khasiat Dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Merawat Mata – Mata merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sebab dengan mata kita dapat berkomunikasi walau hanya melalui tatap mata saja, mata juga membantu kita dalam menjalankan suatu aktivitas dengan baik dan mudah. Namun, mata juga dapat mengalami suatu masalah pada kesehatannya, masalah mata bisa terjadi akibat kita kurang memperhatikan kesehatannya atau juga tidak merawat mata dengan baik. Mata memang sangat mudah mengalami masalah karena mata berada di area luar tubuh dan sangat rentan mengalami paparan debu atau benda asing yang dapat melukai mata. Akibat dari paparan debu atau benda asing mata sering mengalami masalah seperti mata merah, berair, lelah, atau bengkak, hal ini sudah menjadi salah satu masalah mata yang sudah umum terjadi. Namun, selain akibat gangguan dari luar mata juga bisa mengalami masalah dari dalam seperti saraf mata putus, retina mata mengalami masalah dan gangguan dalam lainnya.

Maka dari itu kita sangat disarankan untuk merawat dan menjaga mata dengan baik, pencegahan juga sangat penting untuk kita karena dengan mencegah kita dapat mengurangi gejala atau masalah mata mengalami kerusakan. Bayangkan saja bila mata kita mengalami kerusakan, hal ini pastinya akan membuat kita menjaga kehilangan semangat untuk beraktivitas karena tanpa mata kita akan melihat dunia ini seperti gelap tak berwarna. Untuk merawat dan menjaga mata kita sering kali mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, dan biasanya kita sering mengkonsumsi wortel dan tomat untuk merawat mata dengan alami. Namun ternyata tidak hanya wortel dan tomat saja yang dapat kita gunakan sebagai perawatan bagi mata kita. Ada salah satu buah yang mungkin jarang kita pakai sebagai perawatan kesehatan terutama mata, salah satu buah yang dapat kita gunakan untuk merawat mata adalah buah kiwi, yang mana buah ini kecil berwarna kulit cokelat, namun berwarna hijau di dalamnya.

manfaat kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang kurang dilihat atau dilirik keberadaanya oleh sebagian orang, mengingat harganya yang cukup mahal maka tidak heran jika buah ini tidak banyak diminati. Tapi jangan salah, harga buah kiwi yang mahal tidak sebanding dengan manfaat buah kiwi untuk kesehatan mata yang diperolehnya. Buah kiwi adalah jenis buah-buahan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi demi memenuhi kebutuhan kesehatan kita. Dalam buah kiwi terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, B, C, E (termasuk niacin, vitamin B6 dan folat), serat dan magnesium serta kalsium namun tetap rendah natrium dan kandungan lain yang memiliki manfaat bagi kesehatan mata seperti riboflavin, lutein dan lainnya.

Ada beberapa kandungan buah kiwi ini yang sangat baik untuk mata, berikut ini kandungan yang ada di dalam buah kiwi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata secara alami dan aman, yaitu :

– Lutein dan Zeaxanthin

Kedua kandungan ini mampu berperan sebagai antioksidan yang terletak di mata, keduanya mengandung nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan mata. Banyak penelitian yang telah menunjukan bahwa lutein dan zeaxanthin mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis termasuk pada Age-relaed Macular Degeneration (AMD dan katarak). Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin seperti halnya buah kiwi ini, tubuh anda akan mendapatkan jumlah harian lutein dan zeaxathin yang cukup dan seimbang bagi tubuh khususnya bagi kesehatan mata dan bagian retinanya.

– Tembaga

Selama ini tak banyak yang mengenal manfaat dari senyawa tembaga ini, namun ternyata manfaatnya memberikan efek sangat positif bagi kesehatan mata. Tembaga merupakan mineral penting yang membatu membantu fungsi sostem saraf yang lebih sehat. Dengan mempertahankan sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik, maka akan meningkatkan pula dari kinerja retina yang optimal. Dimana bagian dari mata yang berisi saraf ini bergna untuk mengkonversi gambar menjadi impuls listrik yang dialirkan ke otak untuk menafsirkannya.

– Vitamin C

Asupan tinggi vitamin C dapat membantu dalam pencegahan pembentukan penyakit mata katarak yang lebih sering ditemukan pada orang tua. Dengan secangkir irisan buah kiwi mengandung sekitar 167 miligram vitamin C bahkan 2 kali lebih banyak dari nutrisi viamin C yang ada pada buah jeruk. Vitamin C memiliki peran sebagai antioksidan dalam pencegah penyakit mata. Ini karena vitamin C serta antioksidan lainnya dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mendorong suatu pertumbuhan sel-sel baru.

Baca Juga : Eye Care Softgel

Namun, batasi juga mengkonsumsi buah kiwi secara berlebihan karena jika mengkonsumsi buah kiwi secara berlebihan bisa menimbulkan masalah lain yang mungkin terjadi pada kesehatan anda. Anda bisa mengkonsumsi secukupnya, mengkonsumsi 1-2 buah kiwi sehari saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaat dari buah kiwi ini, dan yang terpenting untuk menjaga kesehatan mata adalah gaya hidup yang baik.

Sebagian besar orang saat ini memiliki masalah pada matanya akibat dari gaya hidup mereka yang salah seperti penggunaan soflens berlebihan, penggunaan gadget yang terlalu sering, tentunya hal seperti ini akan merusak mata anda dengan mudah. Untuk itu hindari gaya hidup yang berlebihan dan perhatikan asupan makanan yang baik untuk mata anda. Menjaga kesehatan mata sejak dini adalah salah satu kunci utama mata sehat di usia tua nanti. Tidak hanya membantu mata menjadi lebih sehat tetapi juga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *