Khasiat Tanaman Alami Untuk Mengatasi Masalah Pada Mata

By | June 20, 2017

Khasiat Tanaman Alami Untuk Mengatasi Masalah Pada Mata – Mata merupakan salah satu organ yang paling penting dan sensitif dari tubuh manusia. Mata berpotensi mengalami banyak masalah, dari mulai kondisi yang ringan seperti mengalami iritasi dan kemerahan atau juga masalah yang lebih serius yang dapat mengakibatkan kerungan total pada penglihatan. Mata adalah organ manusia yang sangat berperan penting dalam kehidupan khususnya dalam hal penglihatan, dengan mata seseorang dapat melihat objek atau benda dengan jelas. Mata juga sering mengalami masalah, hal ini karena memang rentan mengalami gangguan serta mata juga berada di luar tubuh manusia jadi sangat mudah mengalami suatu gangguan baik karena paparan debu atau benda asing. Mata merupakan anugerah yang di berikan tuhan kepada kita, mata untuk itu kita harus merawat dan menjaga mata dengan baik. Masalah atau gangguan pada mata bisa terjadi karena sesuatu masalah yang terjadi dalam tubuh kita dan juga seringkali masalah mata terjadi akibat ulah kita sendiri.

Aktivitas atau kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari juga bisa jadi penyebab mata mengalami masalah, hal ini dikarena kita terlalu memaksakan kegiatan seperti bekerja dan bermain secara terus menerus, seperti halnya tubuh kita mata juga pasti mengalami kelelahan jika terus menerus bekerja. Salah satu masalah mata yang sering kita alami adalah mata lelah, merah, berair, bengkak, dan masalah mata lainnya baik ringan maupun berat. Jika mata mengalami masalah pastinya kegiatan kita pun akan terganggu. Hal inilah yang membuat mata menjadi sangat penting dalam kehidupan kita selain dapat membantu kita dalam bekerja mata juga dapat membuat kita menjadi terganggu akibat mata mengalami masalah. Banyak cara yang sering orang lakukan ketika mata mengalami masalah, seperti melakukan terapi pada mata, menggunakan obat tetes mata, dan cara lainnya.

tanaman untuk mata

Namun, selain menggunakan obat tetes mata atau hal lainnya yang dapat dilakukan untuk meengatasi masalah pada mata, sebagian orang mungkin tidak mengetahui manfaat dari tanaman untuk kesehatan mata. Ternyata, di indonesia ini banyak sekali tanaman yang dapat membantu kesehatan kita terutama pada mata. Kita terlalu sering menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi masalah pada mata, akan tetapi kita sering mengabaikan bahan-bahan atau tanaman yang ada disekitar kita yang justru lebih efektif dan mudah kita dapat sebagai salah satu obat alami pada mata kita. Jika kita mengalami gangguan pda mata, jangan terburu-buru pergi ke dokter selama masalah mata dapat kita atasi dengan menggunakan bahan alami, tanaman yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah pada mata adalah :

– Daun Sirih

Tanaman yang satu ini memang tidak asing lagi dalam mengatasi masalah pada mata, karena daun sirih ini dapat membantu mengatasi masalah mata minus dengan aman dan alami. Cara membuat obat herbal alami dari daun sirih yakni dengan merebus daun sirih lalu digunakan untuk mengedip-ngedipkan mata agar kotoran yang ada di dalam mata menjadi bersih. Selain itu juga membantu menyehatkan mata selebih jernih sehingga mata menjadi lebih jernih.

– Daun Sendok

Tanaman yang selanjutnya yaitu daun sendok, mungkin sebagai orang belum mengetahu banyak tentang khasiat daun sendok ini untuk mata. Daun sendok memiliki berbagai kandungan di dalamnya sepert vitamin A,C,B, kalsium dan juga kalium. Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus daun sendok dan minum air rebusannya, agar rasanya lebih segar bisa ditambahkan dengan sedikit madu.

– Pegagan

Tanaman pegagan ini memiliki fungsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya untuk mengatasi sel saraf mata yang bermasalah atau rusak, mata bengkak, dan lainnya. Caranya yakni dengan menghaluskan daun pegagan lalu diperas dan disaring ambil airnya saja kemudian airnya tersebut bisa dijadikan obat tetes mata alami yang dapat mengobati masalah pada mata. Atau bisa dengan merebus daun pegagan dan airnya diminum.

– Daun Dewa

Daun dewa bisa kita gunakan untuk membantu mengatasi atau mencegah kebutaan pada mata. Daun dewa bisa menghancurkan pembekuan darah di pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Bagi penderita gangguan pada mata yang pernah mengalami kecelakaan di bagian kepala, bisa menggunakan daun dewa yang dikombinasikan dengan umbi dewa. Cara membuat ramuannya dalah merebus 3–4 lembar daun dewa ditambah dengan 15 – 30 gram umbinya dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Air rebusnya diminum 2–3 kali sehari.

Tanaman alami diatas merupakan tanaman yang berkhasiat baik bagi kesehatan mata, maka untuk itu kita bisa menggunakan tanaman tersebut sebagai salah satu cara mengatasi dan juga mencegah penyakit mata secara alami. Jika masalah mata tidak kunjung memang ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi langsung. Tanaman alami ini memang sangat baik bagi mata sebab tanaman alami tersebut tidak menimbulkan efek samping dibandingkan dengan mengggunakan obat tetes mata. Tanaman alami sangat mudah di dapatkan maka gunakanlah tanaman diatas jika memang berada disekitar anda, hal ini bisa membuat mata anda bersih dan tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *