Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

By | January 16, 2018

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Mata Tetap Sehat – Buah bit merupakan sejenis buah yang termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Buat bit adalah sayuran yang kebanyakan orang tidak suka, tapi sesungguhnya kandungan nutrisinya dalam buah bit ini sangat baik seperti zat besi, tembaga, magnesium, kalium, dan vitamin B kompleks. Buah bit ini adalah buah yang mirip seperti ubi jalar, namun meski mirip, namun daging dan manfaatnya sangatlah berbeda. Jika dibelah, buah bit memiliki daging buah yang berwarna merah darah.

Warna merah pada buah bita menandakan bahwa buah buit mengandung beta karoten yang cukup banyak, karena warna merahnya buah bit seringkali dimanfaatkan sebagai obat atau pewarna makanan alami. Bukan hanya wortel dan tomat, buah bit ini juga adalah salah satu buah yang memiliki fungsi penting terhadap kesehatan mata, mulai dari menjaga kesehatan mata, mengurangi risiko menurunnya penglihatan, mencegah risiko katarak, dan degenerasi makula, membantu menyembuhan pembengkakan pada mata, dan juga mencegah risiko buta pada lansia.

buah bit

Buah bit ini memiliki kandungan yang begitu banyak, kandungan yang terdapat pada buah bit ini memiliki peran dan fungsi masing-masing sehingga manfaat yang didapat lebih banyak. Buah bit ini dapat menjaga dan merawat kesehatan mata secara alami. Kandungan beta karoten dalam buah bit ini merupakan senyawa provitamin A yang dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh, bahkan sering disamakan dengan vitamin A. Selain itu buah bit ini diperkaya dengan kandungan mineral yang sangat tinggi seperti kandungan zat besi, kalium, magnesium, dan juga tembaga. Buah bit mengandung serat larut, karbohidrat, protein, folat, antioksidan dan caumarin. Dan beberapa vitamin lainnya seperti A, B6, B9 dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Bit Untuk Mata

Kandungan beta karoten sendiri merupakan nutrisi utama untuk mata yang mengandung senyawa lutein dan zaexanthin yang bermanfaat untuk mata. Lutein dan zeaxanthin adalah dua nutrisi penting bagi mata yang dapat membantu untuk mengurangi resiko munculnya degenerasi makula dan katarak. Katarak adalah salah satu penyakit mata yang banyak menghantui lansia. Kerusakan lensa mata yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan oksidatif menyebabkan pembentukan kekeruhan pada lensa mata atau yang kita ketahui dengan katarak. Semakin bertambah usia semakin besar juga resiko munculnya katarak karena kerusakan kumulatif terhadap protein yang terdapat di lensa mata.

Selain mengandung senyawa beta karoten yang baik untuk mengatasi masalah mata, akar dari buah bit ini juga mengandung 250 mg senyawa nitrat yang dengan kandungan mineral dan air yang cukup tinggi. Kandungan mineral tersebut dapat membantu menahan terjadinya peradangan sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak. Disisi lain bit meah mengandung ribloflavin yang berfungsi untuk meningkatkan sel darah merah, sehingga jus buah bit dapat bermanfaat membantu mengatasi pembengkakan pada mata secara alami.

Cara mengolah buah bit untuk membantu kesehatan mata

Bagi anda yang ingin mencoba atau merasakan khasiat dan manfaat dari buah bit untuk membantu menjaga kesehatan mata anda bisa mengolahnya menjadi jus. Namun untuk membuat jus bit anda harus memperhatikan beberapa hal, yaitu bahwa buah bit mengandung vitamin A, D, E, dan K yang dapat larut dalam air jadi usahakan untuk tidak menggunakan air terlalu banyak saat membuat jus buah bit. Pastikan bahwa sari-sari buah mengisi 1/4 bagian gelas. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa mencampurkan buah bit dengan buah naga atau wortel. Jus bit ini dapat membantu anda meningkatkan kemampuan penglihatan mata.

Selain mengolahnya menjadi jus, ada cara lain untuk membantu mengurangi pembengkakan pada mata, yaitu dengan menggunkan akar buah bit. Akar buah bit ini bisa kita jadikan pasta. Dari beberapa sumber diketahui bahwa pasta dari akar buah bit dapat membantu menyerap racun dari kulit dibawah mata sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada mata. Atau Anda juga bisa mengurangi pembengkakan mata dengan minum jus buah bit karena jus buah bit juga dapat membantu meningkatkan sel-sel darah yang dapat mempengaruhi pembengkakan pada mata.

Itulah manfaat dan khasiat dari buah bit yang dapat membantu menjaga kesehatan mata secara alami. Namun, agar hasilnya baik untuk mata anda juga harus menyeimbangkan nya dengan melakukan pola hidup sehat dan juga pola makan yang baik agar nutrisi pada mata dapat terpenuhi. Rawat dan jaga mata sejak dini sebab dengan menjaga dan merawat mata sejak dini dapat mengurangi risiko mata mengalami masalah saat tua nanti. Bagi anda yang ingin merawat kesehatan dengan mudah dan praktis anda bisa mengkonsumsi obat alami mata yang mengandung bahan alami dari buah-buahan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai obat alami mata, anda bisa klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *